Road to Internet Sehat


ilustrasi di atas secara tidak langsung menggambarkan pemahaman sebagian orang terhadap Internet, sebab Kita sadari atau tidak, saat ini Internet memiliki citra negatif di mata sebagian masyarakat. Banyak orang tua yang takut dan trauma pada dunia maya ini. trauma? lha kok bisa?  tentu saja bisa, Sobat tentu masih ingat ketika pada awal tahun 2010 ini kita dihebohkan dengan berita banyaknya kasus penculikan yang terjadi pada remaja akibat berkenalannya pada situs jejaring sosial di Internet.

Belum lagi mereda, dunia Internet Indonesia kembali mendapat tamparan keras akibat kasus video porno artis. Bagaimana tidak, video intim artis tersebut tersebar di dunia maya sehingga siapa dan dimanapun orang bisa mengunduhnya dengan mudah, tak heran jika anak-anak hingga kakek-kakek tahu tentang video itu, parah kan?

Jika boleh meminjam istilah seorang filosof “Seperti Pedang Bermata Dua” itulah istilah yang paling tepat untuk Internet. Apabila dipergunakan dengan baik maka ia akan memberikan manfaat yang luar biasa, begitupula sebaliknya jika dipergunakan untuk hal – hal yang jelek maka ia juga akan memberikan mudharat yang luar biasa pula. Semuanya toh kembali kepada pribadi kita masing-masing, karena segala sesuatu itu diciptakan Tuhan berpasangan.

Cara terbaik untuk memberikan penjelasan kepada mereka yang menganggap negatif internet adalah dengan praktek langsung.  Maksudnya, tunjukkan pada mereka jika apa yang kita kerjakan di Internet adalah hal yang positif dan bermanfaat, tak ada salahnya jika sesekali kita mengajak mereka merasakan langsung sensasi Internet sehat agar lebih mengenal apa itu dunia maya.

Sungguh rugi kita jika tidak bisa memanfaaatkan gudang informasi yang berada di Internet. Tahukah sobat jika seseorang bisa menjadi “Jutawan” hanya dengan bermodal koneksi internet? atau Tahukah sobat jika seorang pemuda di Afrika berhasil membuat sebuah pesawat hanya bermodalkan informasi yang diperoleh dari dunia maya? Sungguh luar biasa.

Layaknya slogan kesehatan yang sering kita dengar, 4 sehat 5 sempurna. Bermain Internet sehat akan lebih sempurna apabila kita mau “Berbagi”.

“Berbagi? Bagaimana maksudnya?”

Singkatnya “ngeblog” atau menulis di “blog.

mungkin ini terdengar aneh, tapi  sobat mesti  tahu kalau  dengan aktif menulis blog secara tidak langsung sudah 2 manfaat yang pasti akan sobat peroleh.

Pertama kemampuan menulis Sobat pasti akan meningkat, banyak orang menganggap menulis itu gampang, namun kenyataannya ? sulit sekali untuk mengatur susunan kata, kalimat atau tata bahasanya. It’s true.

Kedua, pahala. apa yang Sobat tulis  sudah tentu akan dapat dibaca oleh banyak orang, karena itu apabila yang sobat tulis  adalah hal yang bermanfaat maka akan banyak  pula yang akan terbantu dengan tulisan tersebut.

Sobat tidak perlu takut jika tidak pernah menulis di blog, karena banyak sekali orang-orang yang mau berbagi pengalamannya dalam menulis di blog, sobat hanya tinggal belajar dari mereka ^_^. Manfaatkan saja Om Google.

Lalu bagaimana cara kita agar selalu dapat bermain Internet Sehat?

  1. Cara yang paling mudah adalah dengan menciptakan kondisi yang dapat memaksa kita agar selalu berada pada jalur yang tepat. Contoh : komputer di letakkan pada ruangan umum dimana banyak orang dapat mengawasi kita.
  2. Menetapkan tujuan kita berselancar di Internet dan pastikan tetap setia dengan tujuan tersebut. Contoh : jika tujuan awalnya adalah untuk mencari tugas, maka fokuskan untuk menyelesaikannya

kalo ada saran lagi tolong ditambahkan yah ^_^

intinya bermain di Internet sehat itu tidak akan membuat rugi, karena hampir semua informasi bisa diperoleh dari sana.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Internat Sehat Bikin Hebat loh….

Advertisements

135 thoughts on “Road to Internet Sehat

  1. naif

    nice inpo :),, btul tuh gan, kbayakan orng2 zaman skrng menggunakan internet hanya untuk bermain game mlihat situs2 porno,, tpi sbenar y masih byak yg bisa dilakukan di dunia maya,,,

  2. tanamkan pada usia dini bagaimana memberikan pemahaman yang baik dan benar…ane setuju dengan pernyataan “Pedang Bermata Dua”….good job friend…keep spirit

  3. Pengetahuan akan internet sehat memang masih belum merata dalam negeri ini… untuk itu memang perlu memahamkan buat kaum2 yang belum “PAHAM”…… ini semua hanya masalah waktu,, karena cepat atau lambat, semuanya akan membutuhkan internet.

    Tapi kalo masalah buka situs porno atau bukan?atau cyber crime lainnya… ya harus moral juga yang di”oprak oprek”

  4. Taufiq

    smua tergantung kpada “Niat” klo niat x buruk hasilnya akan buruk n klo niatnya baik ya hasilnya juga baik….
    jdi buat sobat smua: klo mau ngenet bulatkan niatnya buat hal yang positif… n klo dah BT mending matiin aja internetnya dari pada yang g’ enggak….
    O.K

  5. Syarif

    waah,.. bener ni… gw suka ga fokus kalo nge-net,.. niatnya ap eh malah buka apa…
    hancur dah,.. semua tergantung pribadi sih,.. ga bisa menyalahkan sarana,..

    Good Job Bro !! Keep Bloging !

  6. Fachr al Addin

    setuju banget,…
    banyak banget hal positif yang bisa kita ambil dari internet.

    saran dikit buat pengusaha warnet,selalu cek palangganny browsing paan terutama anak kecil,tegur aja langsung biar malu
    hehehe…

  7. Aang

    bener banget cuy!!!
    dengan internetan yang terbuka umum sehingga banyak orang sehingga dengan tidak sengaja orang lain juga akan melihat, maka tujuan kita untuk membuka internet akan tercapai (ga akan berani buka yang “aneh-aneh”)

  8. si awiem

    mantap kawan.. contentnya menarik.. ditambah ilustrasi yang makin menarik pula.. 😀
    terulah berkreasi kawan..

    saran dari saya:
    Lebih banyak juga bahas tema2 umum dan ilmiah, agar lebih berbobot kawan.. 😀

    SALAM dari Juru Kunci Blok E
    Si Kumis.. 😀

    1. thanks bhro, untuk awal awal in ane mo perbanyak untuk refreshing dulu cz slama in kbanyakan temanya berat berat aja
      tapi tenang ane pasti seimbangin kok
      thanks udah mampir kesini ^_^

  9. sasaka

    nice bwat tulisannya….
    menurut saya seh,,internet itu sehat to ga to tergantung human ato usernya,,,,jangan menyalahkan teknology,,because tknology for human ,,,

    gapai cita cita dengan doa dan usaha,,,
    jangan nyerahh
    good luck

    1. good comment
      ane setuju banget neh, emang bener teknologi itu kan netral yg ngebuat jadi bagu nggaknya ya kita sendiri
      thanks udah mampir kesini an ^_^
      smoga jogja cepet pulih amin amin

  10. fahmi

    seep gan . . . mantap! emang bener tuh, banyak orang jaman dahoeloe nganggep internet tuh sebagai sesuatu yang negatif. dengan cerita ne, mudah2n mreka jd lebih paham yeee akan manfaat internet.

    komik nya keren!

  11. Maz Praz

    Superb!!! Anak kecil bisa liat komiknya, orang dewasa harus baca artikelnya. Bagus Bagus Bagus…. Semoga menang Bro. Klo dah jg milyarder beneran aku di kirimin wesel ya…

    Nb. Aq baca komiknya aza, tapi lsg paham artikelnya begitu baca sekilas.

    Sukses

  12. Anam

    Artikelnya bagus bgt
    namun sekedar saran aj ya mas bedel
    ne artikel yang baca mungkin kebanyakan pengguna internet sendiri
    yang notabene paling tidak tahulah berinternet
    namun yang jadi permasalahan nya sekarang kan gmn klo artikel ini bisa di baca
    oleh sodara2 kita yang masih antipati dgn internet dan mereka juga mw berinternet,
    tentunya dengan sehat
    ok trims

    1. wah nais info bhro, iya yah, ane jadi smangat neh mo bikin kampanya internet shat, jadi kpikiran gmana kalo dimulai dari adek2 di SD n SMP
      jadinya asyik tuh promo internet sehat ke skul skul
      keren bhro, jadi dapet ide neh
      syukron syukron

  13. duta

    seperti pisau bermata terbalik.. begitu pula internet.. kallog yg megang ibu RT yg bikin masakan dari pisau itu,, mka jadi makanan yg lezat.. tpi kallo pisau dipegang oleh Penjahat kelas kakap, maka kriminalah jadinya..
    internet mencerdaskan.. internet menyesatkan..
    karena gk semua apa yg dikatakan internet adalah Sahih adanya..
    trus open minded bro..
    bagus blog dan tulisannya.. sukses ya ^^,

  14. datz gerung

    guudz!! wah perlu disaranin bwt pemerintah juga, agar diberlakukan peraturan klw warnet g bleh pake sekat yang tinggi2, tapi tetp jga privasi konsumenya.. setidaknya klw orng lwat monitornya keliatan, jd malu buka situs “begituan”.. n setiap warnet harus pasang software yg ngeblokir situs2 porno tsb.. bagi yang melanggar di denda or disegel warnetnya.. hee

    1. waw………………!!
      salut ane ma ente bhro, udah mikir sjauh itu, good comment ^_^
      boleh juga neh, ntar kita terapin di warnet tempat kita dulu,
      butuh perjuangan bhro ^_^
      thanks udah mampir

  15. betul sekali gan, seharusnya warnet gak usah pake skat lagi, walaupun ada sebaiknya sebatas monitor aja, SKAT sering disalah gunakan 😀

    semoga menang juga bro, thanks dah berkunjung
    keep spirit to post blog

  16. salah satu bahasan internet sehat yang jarang dibahas tapi disini dibahas adalah “berbagi”. betul bro, internet sehat membuat kita menyerap informasi yang positif, tapi itu belum cukup … harus ada semangat untuk berbagi

    *sukses untuk kontesnya

    1. itu filosofinya dari 4 sehat 5 smpurna he he he
      setelah ane pikir2 kalo cuma skedar cari info atau berselancar aja ga cukup
      nah dngan adanya sharing ane rasa hasilnya akan lebih maknyus

      gak tau knapa ane ngrasa tiap abis nulis artikel mnjadi lebih puas, apalagi kalo dapet respon wuih seneng
      thanks udah mampir bhro
      makasih doanya sukses juga untuk Ente,

  17. evrha27

    nice share GAN ., sehat tidak’x internet bergantung pada si-pemakai tul ga’ .??? tpi d samping itu qt harus bertrima kasih kpd orang2 yang tlah mluangkan pikiran, waktu dan tenaga tuk berbagi akan manfaat berinternet sehat .. . mari berinternet sehat 😉

    1. bner banget bhro, langkah yang paling tepat adalah menemukan
      orang yg juga disiplin dalam berinternet shat, dgn bgitu
      kita bisa meniru dia
      he he tapi smua kembali ke kita masing2 kan ^_^
      thanks udah mampir

  18. orang sakti

    boleh juga idenya bhro ………
    artikel pake komik jadi tambah rame, artikelnya juga enak dibaca
    mantep mantep
    smoga bisa juara lah

  19. titien

    aku setuju…
    internet itu kan cuma fasilitas aja, yang ngatur mau buka situs aneh atau situs baek kan kita sndiri ^_^
    ayo mas smangat trus sharenya
    oiya tambah lagi dunk artikelnya

    1. bner bener neng, internet kek mobil dan kita supirnya right? he he
      trimakasih atas supportnya
      artikelnya pasti ntar ane tambah kok , skrang ge nyari refrensi dulu ^_^
      maksih udah mampir ^_^

  20. ya memang internet bukan berdampak negativ tapi juga banyak positivnya, tergantung penggunanya, mari kita dukung bersama festival blog ini semoga menjadi ajang mendongkrak kreatifitas dunia IT bangsa indonesia. dan akhirnya kita bisa maju dan terus berkreasi.

    salam kkenal,….

  21. farid sanji

    ne….edan keren banget bro….
    kretif banget bikinannya newh,
    ortu saya yang baca juga jadi ngangguk2 mr.bedel…
    inspiratif banget

  22. Mr.Dakocan

    Mantap ne Gan..Blognya termasuk materinya juga…
    tapi menurut gw,,masih kurang ! Tip lagi ki….

    —-Tips 3..Bawa uang PAS aato MEPET..

    biar qt Gak bisa lama-lama disitu…HEHEHEHEHE…
    biasanya kLo dah lama,,,trus aneh2 dah pikirannya…..buka2 juga…..yang gila2…
    HOHOHOOH..
    Moga sukses Bro..ok..
    n Menang dah…

  23. GHONN si Pembalap

    ha ha ha
    ngakak baca komiknya………
    ide bagus bhro, selipin komik di sela artikel biar lebih mudah di cerna
    good post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s