Warnai Dunia Lewat Internet


Pernah nggak sih kita kepikiran kalo saat ini bangsa kita sedang dijajah oleh Negara-negara lain? Oke, kalo secara fisik sih ane rasa nggak begitu terasa, tapi kalo budaya…?????

Coba deh liat sekeliling kita, dulu waktu booming musik Hip Hop orang-orang pada bergaya ala Hip Hop. Trus waktu lagi ngetrend style ala Harajuku dandanan abg jadi pada berubah unik plus aneh, dan sekarang di zaman Boy n Girls band??? Ente aja yang menilai sendiri.

Emang sih nggak ada yang salah dengan semua itu, malah ane rasa bagus, soalnya kita jadi dapet tambahan pengetahuan  gaya hidup dan style terbaru dari orang-orang di luar nagri sana.

Nah lo, trus kenapa dipermasalahin kalo itu malah menambah pengetahuan kita???

Gini fren, ane ngeliatnya dari lingkungan sekitar ane, kebanyakan mereka yang merasa eksis dan gaul dengan style luar nagrinya hanya memperdalam ilmu tentang budaya luar itu aja, tapi budaya sendiri dan budaya peninggalan leluhur mereka semakin tersisihkan. Kalo diibaratin dalam dunia kuliner seperti lauk yang sudah jelas enak  rasanya en udah kita taruh diatas piring malah dibuang buat dapetin lauk yang nggak jelas rasanya.

Di tempat ane perubahan seperti itu udah mulai kerasa, terutama waktu ada perayaan adat. Sebut aja acara “Nyongkolan” (ini bahasa Lombok fren, semacam perayaan waktu orang nikahan), kalo dulunya acara ini dirayakan dengan penuh khidmat dimana cowo n cewe’nya menggunakan pakaian adat yang rapi terus jalan beriringan kerumah si pengantin wanita, sekarang meskipun masih adayang  seperti itu tapi lebih banyak lagi yang udah keluar dari jalurnya. Gimana nggak ? sekarang  anak mudanya yang ikut “Nyongkolan” malah cuma make kaos oblong doang ditambah sepatu kets plus kacamata hitam pokoknya gaul deh (bagi mereka ya), trus jalannya yang dulu rapi sekarang berubah awut-awutan soalnya mereka sepanjang jalan joget gak karuan. Weleh – weleh…..

Trus yang salah siapa dunk kalo udah gini???

Kalo ditanya seperti itu ane rasa jawabannya nggak ada yang salah.

kok bisa? Yah soalnya mereka-mereka ini juga korban dari penjajahan pintar yang dilakukan oleh Negara-negara luar.

Jujur aja, ane salut dengan cara-cara orang luar untuk memberikan pengaruh secara global. Setelah cara fisik  dianggap nggak lagi cocok buat digunakan di zaman ini mereka terus beralih ke  teknologi informasi, dan hasilnya ‘Waw….!’ Coba aja liat aja di Youtube, Facebook, Twitter dan lainnya gaya hidup n kebiasaan di Negara mereka sukses menjadi trend di dunia.

 Trus bagaimana dengan kita? Pemuda n Pemudi Indonesia, masa selamanya kita Cuma mau jadi konsumen dari produk mereka???

Hai Fren…….

Udah cukup kita terbuai dengan gaya hidup mereka

Udah cukup kita terbius dengan trend yang mereka buat

Udah cukup kita terpesona berlebihan dengan karya mereka

Hai Fren…….

Sekarang Udah waktunya kita buka mata n telinga lebih seksama,

Udah waktunya kita kagetkan mereka dengan kebudayaan kita

Udah waktunya membius mereka dengan kreativitas kita

Udah waktunya membuat mereka terpesona dengan keragaman kita

Ngomong atau nulis itu emang gampang, tapi gimana cara realisasinya????

Manfaatkan teknologi informasi seperti mereka juga dong…….

Liat aja Korea Eksis menjual trend K-Pop, Boyband n Girlsbandnya lewat Internet

Jepang Eksis mempromosikan trend Harajukunya lewat Internet

Amerika Eksis menjual budaya Hip-hop, Rap dan lainnya lewat internet juga

Cara itu kan sudah terbukti berhasil, jadi kenapa kita nggak ikutan cara mereka???

 Tapi mungkin ga sih kita bisa seperti mereka???  

Helloooo fren…..,

Masa sih Ente blum  sadar kalo kita ini punya banyak sekali sumber daya untuk bersaing dengan mereka, untuk urusan koneksi Ente gak perlu repot, cukup serahin ke AXIS aja, karena AXIS punya komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas dengan tarif bersaing sebagaimana jargonnya “Internet Untuk Rakyat”.

Selanjutnya untuk urusan sumber daya, Indonesia punya terlalu banyak untuk disebutin,

Ini beberapa contoh kecilnya

Kesenian : Batik, Angklung, Reog dll.

Wisata : Bali, Lombok, Papua dll

Kuliner : Gado-gado, Kare, Nasi Goreng, Ayam Taliwang dll

Lihat fren Itu baru sebagian kecilnya aja, Coba ente bayangkan Indonesia ini kan terdiri dari beragam suku, budaya, pulau dan bahasa, sehingga masih banyak sekali yang bisa digali disana untuk diperkenalkan.

Memang untuk dapat eksis di Internet dan dunia tidak semudah membalik telapak tangan, tapi Ane rasa syarat-syarat untuk Mewarnai dunia dengan budaya Indonesia itu sudah dimiliki oleh kita.

Kok bisa?

Yups, pasalnya Indonesia termasuk urutan pengguna internet terbesar di dunia. Selain itu pertambahan penggunaan Internet di Indonesia setiap tahun semakin bertambah. Ini jelas prospek besar. Bayangkan jika 1% saja dari pengguna Internet di Indonesia setiap hari terus  memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia dan semua kelebihannya, Ane yakin Budaya dan Kebiasaan baik kita bisa menjadi Trend di dunia.

So Fren…..mari mulai sekarang kita terus memberikan serta menyebarkan warna baru Indonesia keseluruh dunia lewat Internet, Ane yakin jika kita konsisten dalam waktu dekat dunia akan segera  merasakan warna dari Indonesia….

Viva Indonesia……………..

Advertisements

2 thoughts on “Warnai Dunia Lewat Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s