LOMBOK EXOTIC


Indonesia sebagai Negara kepulauan dianugerahi banyak sekali kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya adalah adanya pulau-pulau Eksotis nan Indah di Seantero tanah air. Nah, Jika selama ini Anda hanya berpikir kalau pulau indah yang terdapat di Indonesia hanya Bali saja, maka dengan tegas saya katakan “Anda Salah Besar!”. Mengapa ? Karena Bali itu Cuma salah satu dari ratusan pulau  indah yang ada di Indonesia.

Lalu mengapa Bali sebegitu terkenalnya dibandingkan pulau yang lain??

Kalau itu sih karena promosi yang dilakukan pemerintah dan masyarakatnya benar – benar powerfull, dan Satu faktor  yang membuat Bali begitu mendapat perhatian dimata dunia adalah karena kelengkapan fasilitas dan prasarana disana.

Oke cukup sampai  disana dulu, karena saya tidak akan membahas panjang lebar tentang Bali, kalaupun Anda tertarik mengenai informasi tentang Bali  silahkan browsing di Internet saja karena saya yakin artikel yang membahas “Pulau Dewata” itu sudah banyak sekali bertebaran di dunia maya.

Nah sekarang kita  kembali  ke pokok bahasan yang sebenarnya yaitu pulau Lombok. pulau yang mempunyai  julukan “Gumi Sasak” atau “Pulau Seribu masjid”  ini terletak persis di sebelah pulau Bali, karena itu tak heran banyak yang menyangka kalau Lombok adalah Replikanya Bali. Weleh-weleh itu orang sok tau banget ^_^

Masyarakat yang ada di pulau Lombok memang beraneka ragam, ada Sasak, Samawa, Mbojo, Bali dan sebagian kecil dari NTT. Keragaman ini pula yang membuat Pulau kecil ini menjadi unik, karena dibeberapa tempat Anda akan menemukan arsitektur bangunan khas suku setempat. Beberapa diantaranya adalah Desa Sasak Sade di Lombok Tengah yang masih memegang teguh Adat Leluhur baik dari gaya hidup maupun gaya arsitektur bangunan. Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini akan merasa seperti mengarungi mesin waktu dan kembali ke zaman dahulu.

Selain Sade ada satu tempat lagi yang kental dengan nilai budaya namanya  Cakranegara atau lebih akrab disebut Cakra. Tempat ini terletak di wilayah Mataram, disini Anda bisa melihat banyak sekali pura khas umat Hindu karena di wilayah ini sebagian besar warganya adalah Umat Hindu.

Pariwisata di Pulau Lombok ini banyak sekali, namun sayang masih banyak sekali yang belum dimaksimalkan +_+

Belum maksimal? Gimana tuh maksudnya?

Maksud saya begini,  jumlah tempat wisata di Lombok itu banyak sekali namun belum dikelola dengan baik dan professional sehingga kesannya seperti tempat wisata bohongan.

Para pelancong yang datang ke Lombok kebanyakan Cuma tau kalau tujuan wisata mereka kesini adalah Pantai Senggigi, Pantai Kuta (namanya mirip dengan pantai Kuta di Bali tapi ini asli ada di Lombok) Gili Trawangan dan Pantai Grandangan, sebagian lagi karena ingin mendaki gunung Rinjani, Cuma itu. Padahal sebenarnya masih banyak yang lain, sayang masih kurang promosi.

Okeh langsung aja saya share beberapa tempat keren yang masih jarang dikunjungi oleh pelancong yang datang ke Pulau Lombok berikut dengan kelebihan dan kekurangannya,  dijamin keren – keren kok.

Pertama-tama kita main ke Lombok Tengah dulu,

Lho kok langsung ke Lombok Tengah ? kenapa nggak ke Lombok Timur atau Lombok Barat dulu ?

He he suka-suka saya dong  ^_^  kan intinya tetap sama, ntar bakal sampai disana juga kok sabar sabar. Kita  mulai yah, Lombok Tengah  ini adalah salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang berada di dataran tinggi, tapi walau begitu Lombok Tengah ini kaya dengan wisata Pantainya, biar nggak pada penasaran saya akan ceritakan beberapa di antaranya

Pantai Ann atau biasa disebut Tanjung Ann

sumber foto

Berkunjung ke pantai ini akan memberikan kenangan tersendiri bagi Anda, karena selain warna pasirnya yang berwarna kuning kecoklatan, pasir di Pantai Ann juga memiliki bentuk yang unik seperti merica. Bayangkan saja bagaimana rasanya ketika kaki telanjang Anda menginjak kumpulan pasir ini “hmm….. Maknyoss” *mengutip kata pak Bondan he he.

Letak pantai ini sendiri berdekatan dengan pantai Kuta. Nah bila sebagian orang hanya berhenti ketika sampai di Kuta maka Andah harus terus. Nantinya ada bukit kecil yang menandakan Anda sudah sampai di pantai Ann. Bukit ini pula yang memberikan nilai tambah dari Tanjung Ann, karena Anda akan menemukan pemandangan indah ketika berhasil memanjatnya.

Memanjat? Wew serem dunk??

Ho ho ho, sory istilah “memanjat” mungkin kurang tepat dipakai disini, yang benar “menaiki” karena sudah ada pijakan batu yang akan membawa Anda untuk sampai disana.  Setelah sampai diatas Anda tidak perlu takut jatuh, karena luas bukit itu cukup untuk dipakai berlari ^_^

Pantai Ann menyuguhkan pemandangan yang indah, karena itu bagai Anda yang gemar berfoto ria sangat pas rasanya bila berkunjung ke tempat ini,  di tepi pantai tepatnya dibawah bukit kecil itu banyak sekali batu-batu pantai yang tersusun alami nan indah sangat cocok sebagai latar foto Anda.

Setelah puas menceritakan kelebihan pantai ini sekarang saatnya untuk menceritakan kekurangannya.

Kebersihan. Nah untuk kebersihan ini yang harus diperhatikan, kadang banyak kotoran laut  seperti lumut-lumut hijau yang bergumpal di sebagian sisi pantai, sehingga membuat warna air menjadi butek atau kotor.  Selain sampah alam seperti itu banyak juga terlihat sampah plastik,   Kurangnya jumlah tong sampah, petugas kebersihan  dan  disiplin pengunjung menjadi salah satu penyebab utama masalah ini.

Sarana dan prasarana

Kalau Anda berkunjung ke tempat ini sebaiknya membawa sarung atau selimut besar untuk mengganti pakaian. Mengapa? Karena tempat mengganti pakaian di Pantai Ann sangat kurang, sekalipun ada saya rasa kurang layak. Kamar mandi juga masih sedikit sekali dan kondisinya juga memprihatinkan. Mushola memang sudah disediakan disini, namun kadang fungsinya diubah oleh pengunjung sebagai tempat makan-makan dan berteduh, maklum tempat berteduh dipantai ini sangat minim,  duh…kalo begini bagaimana bisa menyaingi Bali.

Harapan saya untuk pariwisata Tanjung Ann:

  1. Perlu ditambahkan banyak *Berugaq (tempat singgah, bentuknya mirip seperti tempat istirahat petani di sawah) agar pengunjung nyaman.
  2. Sering mengadakan pembersihan pantai dan melengkapi fasilitas umum lainnya
  3. Mengadakan festival daerah, seperti *presean (acara pertarungan antar 2 pemuda menggunakan rotan) atau balapan kuda di pantai (bukankah Lombok Tengah sering mengadakan pacuan kuda). Tujuannya untuk menarik wisatawan asing
  4. Membangun mini market atau toko serba ada, heran kok kebanyakan ditempat wisata di Lombok jarang ada toko serba ada (minimarket), padahal banyak sekali kebutuhan mendadak para pengunjung.
  5. Ada koneksi internet, waw…saya yakin dengan begitu semakin banyak yang mempromosikan pantai ini secara gratis (bayangkan setiap kali habis foto, orang lalu mengupload fotonya ke situs facebook, twitter, blog dll)

Tempat berikutnya yang wajib dikunjungi oleh wisatawan di Lombok Tengah adalah Air Terjun

Benang Stokel dan Benang Kelambu.


sumber foto

Anda dapat mengunjungi kedua tempat ini secara bersamaan karena letak keduanya cukup berdekatan, penting untuk mempersiapkan sandal yang kuat di tempat wisata ini, sebab Anda akan banyak berjalan menyusuri bukit, tapi tenang saja jalan setapak yang akan dilewati itu menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Benang Stokel ini adalah air terjun alam yang mengasyikan, air yang jatuh dari ketinggian puluhan meter itu akan memberikan pengalaman tak tergantikan ketika menyentuh kulit Anda. Disini Anda bisa mencoba gaya aktor seperti di film-film Action yang duduk bersemedi dibawah guyuran air terjun (kalau kuat ya, soalnya saya sendiri nggak kuat. Berdiri aja udah susah apalagi duduk).

Konon Air dari Benang Stokel ini dapat menyembuhkan penyakit, detailnya saya tidak tahu tapi itu yang dipercaya orang-orang disana. Memang sih airnya sangat dingin tapi ketika Anda sudah berada didalamnya dinginnya itu benar-benar terasa mengasyikkan, musti dicoba hehe.

Satu hal yang selalu membuat saya ingin datang kembali ke Benang Stokel & Benang Kelambu adalah keindahan alamnya. Saya jamin Anda tidak akan kehabisan objek foto disini, karena semenjak Anda melewati gerbang masuk, pemandangan indah sudah menanti. Letak Benang Stokel sendiri berada dibawah bukit sehingga akan banyak sekali anak tangga yang akan Anda lewati, nah tempat inilah yang sering menjadi favorit orang untuk foto.

Berbeda dengan Benang Stokel, Benang Kelambu terletak  lebih kedalam sehingga Anda harus berjalan sedikit lagi untuk sampai kesana. Dinamakan Benang Kelambu karena air terjun yang ada disana ada banyak dan bentuknya seperti kelambu yang mengelilingi Anda.  Benang Kelambu posisinya lebih privat dibandingkan dari Benang Stokel karena itu sering dipergunakan untuk ospek dan perkemahan oleh Instansi pendidikan.

Adapun kekurangan dari dua  air terjun ini adalah : kondisi jalan/ transportasi untuk mencapainya masih jelek, memang sih beberapa waktu yang lalu sempat dilakukan perbaikan, namun sayangnya belum semuanya, jadi tetap saja jalannya jelek.

Minimnya sarana dan prasarana, ruang ganti dan kamar mandi memang menjadi kebutuhan wajib di tempat wisata, namun sayang itu belum dipenuhi secara maksimal di Benang Stokel. Sebenarnya ruang ganti dan kamar mandi ada, tapi terlalu kumuh dan tidak layak pakai. Lalu bagaimana dengan Benang Kelambu ? jangan ditanya, Benang Stokel aja yang berada ditempat utama tidak maksimal apalagi Kelambu, di sana malah tidak ada sama sekali, jadi kalau mau kesini jangan lupa bawa sarung dan selimut besar ya. Oiya, di benang kelambu tidak ada penjual, jadi kalau Anda lapar atau haus, harus siap kembali lagi ke Stokel untuk berbelanja.

Harapan saya untuk pariwisata Benang Stokel dan Benang Kelambu :

  1. Bisnis kamar mandi dan kamar ganti begitu besar disini, tapi kenapa tidak ada yang memulai?
  2. Pemandangan diantara dua air terjun sangat indah, lalu mengapa tidak ada guide yang memandu untuk berkeliling, jujur sewaktu saya dan teman-teman mencoba jalur lain kami sangat terkesan dengan keindahannya. Apalagi buat foto-foto
  3. Mengingat Benang Kelambu tidak ada penjual disana kenapa tidak ada yang memulai, bukankah  kita dapat mensiasati letak lokasi yang jauh dengan berjualan di depan jalurnya saja.
  4. Bentuk lokasi yang strategis dan unik saya rasa sangat cocok untuk mengadakan taman bermain (minimal ayunan, prosotan dan jungkat-jungkit), saya yakin dengan begitu semakin banyak orang tua yg memiliki anak kecil memilih kesana.

Huff…akhirnya setelah puas berkeliling ke Lombok tengah sekarang saatnya  kita berpindah ke tempat wisata Lombok Barat. Nah sobat, tujuan wisata kita di Lobar ini masih seputar pantai, tapi jangan salah, pantai yang akan kita bahas ini bukan sembarang pantai…..ini pantai surga cuy ^_^ cekibrot.

Pantai Bangko-Bangko

sumber foto

Jujur ya, saya baru satu kali pergi ke pantai ini, dan itu memang belum cukup untuk mengingat  semua keindahannya, tapi dari pengalaman mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya saya bisa menyimpulkan kalau Pantai Bangko-bangko memiliki pasir unik yang sama dengan Tanjung Ann. Batu-batuan karang yang alami nan indah juga bisa ditemukan disini, sungguh-sungguh pantai indah nan eksotik.

Satu hal yang membedakannya dengan Tanjung Ann adalah kebersihannya, bila di Tanjung Ann banyak terlihat sampah di pinggiran pantainya maka di Bangko-bangko Anda tidak akan menemukannya ^_^,

Hah gak mungkin? Dimana-mana pasti pantai itu banyak sampahnya! Ho ho untuk yang satu ini pengecualian fren, pantainya ini emang benar-benar bersih dari sampah, saya saja sampai takjub, tapi hal itu akhirnya jadi terasa wajar mengingat  pantai ini benar-benar jauh dan berada di ujung pulau Lombok (ujung banget lo). kebanyakan wisatawan yang datang kepulau ini adalah para Wisatawan Asing yang datang dari Bali. Mereka datang menggunakan speed boat, biasanya mereka datang di pagi hari dan kembali diwaktu sore, surving adalah aktivitas wajib mereka di Bangko-bangko karena Ombak di pantai ini sangat mendukung.

sumber foto

Menurut cerita sejarah Bangko-bangko ini pernah dijadikan jepang sebagai benteng, karena itu masih banyak terdapat meriam peninggalan jepang disini. Sayangnya waktu saya kesana saya tidak sempat berkeliling untuk melihatnya karena keterbatasan waktu dan kecepe-an akibat jauhnya perjalanan. Secara keseluruhan pantai ini benar-benar bagus kalau dalam angka saya beri nilai 9 untuk pantai ini.

Harapan saya untuk pariwisata Bangko-bangko :

  1.  Sebagian besar jalan memang sudah bagus, tetapi 2 km terakhir menuju Bangko-bangko luar biasa ancurnya, jauhnya perjalanan plus kondisi jalan membuat mood jadi super jelek, karena itu semoga sarana transportasi menuju pantai ini segera diperbaiki.
  2. Minimnya tempat untuk berteduh, mungkin karena jarang sekali orang kesana sehingga tidak ada yang berinisiatif, semoga dalam waktu dekat ada yang berinvestasi disana untuk membuatnya karena  peluang bisnisnya besar sekali
  3. Segera dibangun sarana dan prasarana yang ideal, karena ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata internasional, terlebih sangat dekat dengan Bali.
  4. Adanya peninggalan sejarah membuat pantai ini memiliki peluang untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah, apalagi kalau dibangun museum dalam gua bekas markas jepang.

Nah berikutnya, setelah bermain ke ujung Lombok sekarang kita beralih sedikit ke timur yaitu pantai favorit saya, “Gili Tangkong”.

Gili Tangkong adalah sebuah pulau kecil yang berada dalam wilayah *Sekotong (nama salah satu wilayah di Lombok Barat). Mengapa ini menjadi favorit saya? Karena perjalanan menuju Pulau ini sangat mengesankan. Adapun Jalan yang dilewati untuk sampai ke gili Tangkong ada 2 jalur, jalur cepat dan jalur lambat, Anda dapat memilih salah satunya.

Jalur cepat artinya Anda akan melewati jalan diatas bukit, ini akan mempersingkat waktu karena hampir setengah perjalanan dapat dipotong jika melewati jalur ini. Kebalikan dari jalur cepat, jalur lambat ini melewati jalan darat dan memang akan menghabiskan waktu, tapi kelebihan dari jalur ini Anda dapat melihat keindahan alam pesisir di sekitar Lembar dan Sekotong yang masih alami.

Untuk menyeberang ke Gili Tangkong kita bisa menggunakan jasa para nelayan yang ada disekitar sana, tarifnya bisa bervariasi tergantung kondisi, waktu yang diperlukan untuk menyebrang  sampai ke tujuan kurang lebih 15 menit, dekat kan.

Pasir di pantai ini memang tidak seunik bangko-bangko atau pantai Ann yang seperti merica, tapi pantai ini menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki pantai lain, yaitu privasi,  ketika Anda berada di pantai ini maka serasa Andalah yang memiliki pulau ini, bener loh.

Anda bisa berfoto sepuasnya di tempat ini, banyak objek yang dapat Anda gunakan sebagai latar disini, saya dan teman-teman yang kemari  sampai kehabisan gaya untuk berfoto ^_^.

Untuk urusan pemandangan secara keseluruhan saya beri nilai 8,5 dari 10. Satu hal wajib yang harus Anda bawa kemari adalah Bekal, karena di pulau ini saya tidak menemukan satupun penjual, jadi kalo kemari bawa makanan yang banyak ya.

Harapan saya untuk pariwisata Gili Tangkong :

  1. Potensi dari tempat ini begitu besar, tapi mengapa petunjuk ketempat ini masih minim sekali, semoga pemerintah dapat memanfaatkan semua kelebihan pulau ini.
  2. Dengan memperbanyak informasi dan transportasi menuju pulau ini saya yakin semakin banyak orang yang tertarik kesana
  3. Alangkah indahnya kalau tempat ini didirikan rumah singgah berbentuk rumah panggung, wew pasti nantinya jadi pilihan para Eksekutif.
  4. Point terakhir namun yang paling penting, semoga pemerintah cepat mengalirkan listrik ke tempat ini, apalagi kalo ditambah dengan internet pasti powerfull

Itulah sedikit cerita saya tentang  pariwisata Lombok, untuk pariwisata di Lombok timur belum saya naikkan, karena pariwisata di sana belum saya kunjungi  semua, tapi nanti jika ada kesempatan pasti akan saya naikkan juga.

Nah fren, Indonesia itu sudah terbukti kaya bukan,  Kita itu nggak kalah kok dengan  negara-negara lain, sekarang yang penting tinggal kesadaran kita untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pariwisata itu, Ayo teman  kita bangkitkan pariwisata Indonesia.

“Hidup Pariwisata Indonesia !!!”

Advertisements

49 thoughts on “LOMBOK EXOTIC

  1. wiiihhh…dahsyaaatttt…….
    vi yg bikin neh Bangsyaattt….gk prnh da wktu tuk ngumpul ma temn2X ge….papuk bangsyaattt…wkwkwk
    Kunjungi blog ane jg hep…wkwk di koment jg yah..!!

  2. afit

    wah ini, tempat impian saya ini, lombok…. bukmak ya…..asik-asik

    boleh minta rekomendasi waktu buat jalan-jalan di lombok, kira-kira off season, kan bisa dapet harga miring nih….

  3. tezoooooo

    what?????
    ini ada di Lombok?? wah jadi pengen kesana…
    setujua dengan yg diatas ane minta info detailnya gan…

      1. ho ho ho…..pengen gan…tapi gak bisa keknya dalam waktu deket, cz ada yang harus ane kerjain dulu neh ^_^…kapan2 kalo jadi Ente jadi guide ane yak

  4. Syakira hanif

    Nice post.gali lagi potensi alam di negeri ini,xplore lbh bny.bny tmpt2 exotic di negeri ini,hanya saja tdk adanya peran pemerintah setempat u mempromosikan wisata daerah.wakatobi jg ckp exotic..bny x di indonesia ini.di tgg tulisan wisata lainnya boz

  5. GOD_ZAY tanjaya

    paket gratis k lombok + penginapannya + souvenir ad g y..?? pgn bgt ksna klo ada.. jgn diem” aj klo ad del ! ckckckk

  6. elafiq

    SAYA BENCI TULISAN INI! SAYA BENCI!
    GARA-GARA TULISAN INI SAYA JADI PENGEN KE LOMBOK.
    AYO KAMU TANGGUNG JAWAB! #CAPSLOCKRUSAK #EH

    salam kenal ya bro…… *amnesia*

    1. trimakasih bhro……..ane baru tau dari temen ane juara…tak kraen pengumumannya besok… he he semoga silaturahmi kita smakin erat, dilombok bloggernya dikit T_T smoga kedepan smakin banyak n bisa ngundang bhro smua ke lombok exotic ^_^
      makasih udah nyempatin mampir kesini ^_^ salam dari lombok

    1. alhamdulillah………..
      ha ha ha…..tengkyu bhro, ini dibelakang temen2 udah rame telpon plus sms minta ditraktir….keknya beberapa hari ini harus kaboor dulu wkwkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s