“SOSMEDKU….. LADANG UANGKU……”


Apa yang ada di pikiran Pren waktu ane sebut  “Media Sosial…?” ane yakin 100% pasti yang kebayang  adalah Facebook, Twitter, Blogger, wordpress dan tentu saja Kaskus, bener kan  ^_^. Ane bukannya sok tau ya, tapi emang belakangan ini diantara puluhan atau mungkin ratusan jejaring sosial yang ada di dunia maya hanya beberapa nama tadi yang sangat populer di Indonesia, gak percaya ? Cek aja sendiri he he.

Nah Pren, Sebelum kita jalan lebih jauh  kalian ini sebenernya udah pada tau ga sih apa sebenarnya pengertian dari Sosial Media atau yang istilah gaulnya disebut “Sosmed” ini?? Hayo…??

Hah ga tau ? ya udah deh ane jelasin. pengertian ini ane rangkum dari  beberapa situs diantaranya Wikipedia

“Sosial media adalah sebuah media online dimana para penggunanya dapat dengan mudah berkomunikasi 2 arah, sehingga dapat berpartisipasi dalam isi atau konten yang dibuat secara langsung”

Nah sekarang karena Pren udah paham, mari kita gali lagi lebih dalam tentang potensi Sosmed dalam wirausaha.

Pren, kalau Ente onlinedi Facebook, Twitter atau sebangsanya apa aja sih yang kalian lakuin disana ?? Apakah cuma update status galau doang ? Comment status orang ?  Uplod foto – foto baru? Atau Cuma liat – liat profil orang doang? Kalau bener Cuma itu aja yang kalian kerjain, ada 3 kata yang pas buat Ente Pren, “RUGI  BANGET CUY….!”

Ha ha ha Ane bisa bayangin gimana ekspresi plus comment Ente waktu baca 3 kata tadi, Manyun dan bilang “Suka-suka gue dunk, duit-duit gue ini, ngapaen loe ngurus gue”.

Okelah Pren ane minta maaf kalau apa yang Ane tulis bikin Ente Kesel, tapi jujur dulu Ane juga udah pernah Kek gitu ^_^. Dua tahun yang lalu waktu baru kenal facebook ane bisa online 4 jam di warnet setiap hari hanya untuk update status dan chatting doang, waktu itu kalau nggak update status rasanya gimana gitu, pokoknya serasa ada yang kurang  deh (lebay mode:on). Setiap hari selama beberapa bulan Ane menjadi warga tetap di beberapa warnet,  hingga sampe suatu waktu ane mikir “Emang apa sih manfaatnya Ane selalu update status yang gak penting kek gini?? Apa ada manfaatnya bagi Ane atau orang lain kalo update status seperti ini terus??” he he sory jadi curhat dikit Pren, tapi jujur dari sanalah Ane jadi mulai kepikiran untuk mencari tau apa – apa saja manfaat lain dari jejaring sosial, dan setelah sekian lama mencari plus riset akhirnya ane menemukan jawabannya ^_^,  Pren mau tau??

Gambar dibawah mungkin bisa mengilustrasikan potensi besar yang bisa dimanfaatin di Jejaring sosial

Gimana Pren, Udah sedikit ada gambaran kan dengan yang Ane maksud? Kalau beneran udah tahu, apa hayo maksud Ane…?

Yups bener maksud Ane adalah memanfaatin Sosial Media untuk ngembangin usaha Ente Pren.

“Yah  itu mah Cuma buat yang udah punya usaha aja dong, kalau kita kan masih belum punya usaha ” mungkin itu comment pertama yang bakal  Pren keluarkan setelah baca penjelasan Ane. He he, Tenang aja Pren apa yang bakal Ane jelasin disini bisa juga diterapin kok buat Ente semua sekalipun saat ini masih belum punya usaha,

Sebagai pendahuluan  ayo kita awali dengan melihat perkembangan user atau pengguna Internet di tanah Air. Akhir tahun 2011 kemarin Indonesia seperti kebanjiran gadget dari berbagai merk.  dampak positif dan negatif yang ditimbulkan masih belum terlihat  tapi ada satu hal yang pasti, dengan semakin banyaknya pemilik gadget baru artinya akan semakin banyak pula pengguna internet baru, gimana nggak Pren sekarang Gadget kalo gak ada Internetnya ga bakal laku he he.

Pertumbuhan internet di Indonesia memang terus meningkat setiap tahun, gak tanggung – tanggung pertumbuhannya bisa mencapai diatas 15-25% per tahun,  wajar kalau kemudian Indonesia menjadi pengguna facebook terbesar kedua setelah Amrik.

nah  kalo bagi Pren meningkatnya user online punya arti  apa ?? gak tau?? Weleh..weleh..

kalo bagi Ane pribadi itu  artinya peluang kita untuk menjadi pedagang di dunia maya semakin meningkat ^_^ bener gak ?

Selain faktor di atas ada beberapa hal lain yang membuat Ente Pren  harus manfaatin internet untuk berwirausaha :

  1. Semakin canggih teknologi membuat gaya hidup orang berubah. Yang dulunya biasa berbelanja konvensional sekarang berubah menjadi belanja online.
  2. Modal untuk mendirikan toko online lebih murah dibandingkan toko ofline
  3. Kita tidak perlu repot untuk bertemu dengan pembeli/penjual
  4. Bisa  dilakukan darimana dan kapan saja

“Terus kalo jualan online, gimana cara pembayaran dan penerimaan barangnya?”.

Untuk pembayaran bisnis jual beli online biasanya menggunakan metode transfer antar rekening Pren, sedangkan untuk pengiriman barangnya dilakukan oleh kurir atau jasa pengiriman. Dibawah ini ada  ilustrasi bagian kedua  sambungan dari ilustrasi pertama diatas, semoga bisa membantu menjelaskan

Setelah sampai disini Ane yakin Pren pasti semakin tertarik untuk berwirausah via Internet, “Tru sekarang bagaimana cara kita berjualan online ?

berjualan online itu ada banyak cara Pren, Ane share  secara singkat aja ya, detailnya Pren cek langsung lewat  mbah Google aja.

Toko Online ( Online Store)

Sebenernya ini udah ga perlu dijelasin lagi karena semua pasti udah tahu, tapi ga apa-apa deh untuk menambah referensi aja. Toko online di Indonesia yang cukup terkenal adalah Bhinneka.com yang menjual alat-alat elekronik. Daftar list yang ada di website ini cukup lengkap.  Nah Kalau tadi Bhinneka adalah  toko komputer yang hampir sepenuh aktivitas jual belinya berada di dunia online maka yang satu ini kebalikannya. SCC begitu orang-orang biasa menyebutnya, isi website SCC bukanlah kategori barang-barang yang dijual melainkan daftar toko-toko komputer offline yang berada di kompleks SCC. Cukup membantu untuk mereka yang ingin berbelanja langsung Ke pusat komputer.

Sistem Affiliasi

Ini untuk Pren yang modalnya kecil tapi pengen banget jualan dari bisnis online, Ente bisa ikutan program Affiliasi ini dari situs-situs besar seperti Amazon dan Clickbank, tugas Ente Cuma promosiin barang di toko online itu, nah nanti kalo pembeli yang Ente tawarin jadi beli barang, sudah tentu bakal ada persenan yang menyambangi kantong Ente.

Dropshipping

Nah yang ini  Ane kurang terlalu paham soalnya belum pernah di coba, tapi  berdasarkan info yang ane dapet caranya mirip-mirip dengan yang affiliasi diatas, simpelnya gini, Pren nawarin barang ke orang,  nanti setelah dibayar Pren trus mentransfer dan menginfokan ke pihak ketiga, nah nantinya pihak ketiga selaku pemilik barang inilah yang akan mengirimkan barang ke tempat yang dituju, nantinya alamat yang tertulis di barang orderan adalah alamat toko onlen Pren bukan toko pihak ketiga itu. menarik ga? ^__^

Sistem berikutnya ini adalah sistem berjualan online yang paling digemari, hayoo udah tau kan…?

Yups Berjualan Lewat Sosial Media ^_^,

ada beberapa faktor  yang  ngebuat sistem ini jadi favorit, antara lain

  1. Dapet banyak temen baru (ini neh faktor utamanya)
  2. Bisa dilakukan sambil santai
  3. Dan tentunya gratis tis tis ^_^

Walaupun Ane udah jelasin kelebihannya Mungkin Pren masih bingung, kok  bisa sih Sosial Media yang menjadi favorit para penjual untuk mengembangkan bisnisnya bukan yang lain.

He he he kalo Pren mikir kek gitu berarti kita sama, Ane juga pernah mikir kek gitu, kenapa sih harus media sosial? Bukannya lebih bagus kalo buat web sendiri kan tampilannya juga bisa di modif sesuka kita? Gak standar seperti tampilan Sosmed”

Pemikiran  seperti itu muncul setelah Ane maen di web-web besar  yang tampilannya emang keren dan  punya  banyak pengunjung.”Wah boleh neh, Kenapa gak coba bikin web jualan sendiri aja” kata Ane waktu itu, Gak pake mikir lama setelah itu  ane langsung memberanikan diri nyewa domain dan hosting yang kalo diibaratin seperti tanah  dan alamat rumah di dunia maya  di salah satu layanan hosting ternama luar nagri. Singkat cerita berdirilah web pertama ane dengan nama mr.bedel.com.

Rencana awalnya sih ane mau ngebuat 1 blog personal dan 2 web online store, tapi Boro-boro menghasilkan  Dan ramai dikunjungi, 3 bulan kemudian website Ane hilang dari dunia persilatan bersamaan dengan kosongnya saldo  duit tabungan Ane di Bank, hiks sedih banget.

Pren punya domain dan hosting berbayar itu emang efektif, karena bisa buktiin kalo Ente professional dan sungguh – sungguh punya niat buat jualan di Internet, tapi kalau  kemampuan dan skill Ente belum memadai, saran Ane mending manfaatin yang gratisan dulu buat belajar. Jangan ikutin Ane, ilmu tentang hosting dan domainnya masih cetek tapi udah nekat sewa hosting luar negri yang di bayarnya pake dollar, weleh –  weleh Cukup  mr.bedel.com Ane aja yang kek gitu.

Sory yah pren, maksud Ane disini bukannya melarang Pren semua buat punya online store sendiri loh, tapi disesuaikanlah dengan kemampuan, misalnya  untuk awal-awal latihan gunakan hosting lokal aja dulu, ntar kalo udah jago dan pengunjungnya udah banyak baru deh upgrade.

Nah salah satu penyedia jasa lokal  yang bisa Pren bisa coba untuk membantu memasarkan produk Ente ke berbagai  lapisan masyarakat adalah    Go Brand Wokeh..! untuk kepuasan jangan diragukan karena mereka memiliki banyak tenaga ahli, untuk jelasnya cek ke TKP aja langsung.

Nah berdasarkan pengalaman itu Ane jadi paham kenapa kebanyakan orang lebih memilih make Sosial media daripada yang lain, karena disamping gratis, fasilitas  dan fitur yang di tawarkan dalam sosial media sangat mudah untuk digunakan.

Selain kesulitan dalam pembuatan dan pengoperasian web salah satu faktor yang membuat para penjual lebih memilih Sosmed adalah karena tren berbelanja via Internet di Indonesia belum sefamiliar di luar nagri sana, sehingga daripada membuat web berbayar  yang punya resiko gagal lebih baik Mereka beralih ke Sosmed yang gratis dan minim resiko.

Sekarang Gimana Pren..? pasti udah paham dong alasan dibalik pemilihan sosmed sebagai media promosi. Okeh karena sudah paham sekarang kita  beranjak  ke pembahasan selanjutnya.

Bagaimana cara memulai jualan online??”

Jawabannya “gampang kok Pren”, beneran…gampang banget. 2 hal pokok yang harus Pren punya adalah ‘Akun sosmed’ dan ‘Barang yang dijual’,

“ masa sih Cuma itu doang..?”  nomor rekening sebenernya penting  juga seh, namun untuk awal – awal Pren masi bisa  kok pinjem rekening punya keluarga atau siapa saja. Tapi perlu diingat,  kalo Pren udah memantapkan diri mau eksis di bisnis ini punya nomor rekening itu hukumnya “Wajib”

Setelah syarat utama terpenuhi lalu apa lagi yang harus kita kerjain ..?” itu kan pertanyaan berikutnya yang Pren mau tanyain he he. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah posting, maksud posting disini tentunya posting di media sosial seperti kaskus, blog dan facebook  nah dalam kesempatan ini  Pren harus menawarkan barang atau jasa yang di jual dalam bentuk tulisan, video atau gambar pokoknya sekreatifnya Pren lah yang penting masih dalam batasan wajar. Setelah itu tinggal tunggu, ada pembeli yang mampir lapak Ente, eits tapi  jangan salah paham yak, nunggu yang Ane maksud disini bukan berarti ga ngelakuin apa-apa, Pren tetap harus sering tag, up, atau share jualan Pren secara berkala ke teman – teman, tujuannya tentu aja biar semakin banyak yang liat trus beli deh, ibaratnya “dari mata turun ke dompet” he he he

Untuk mudahnya Pren liat aja gambar dibawah ini

Setelah liat gambar diatas Pren pasti jadi paham kan kalau sebenarnya bisnis online itu gampang. Bahkan saking gampangnya anak – anak SMP aja bisa sukses jualan dari bisnis online,  maseh ga percaya ? Coba  aja cek aja ke kaskus, tulis “Rejeki Ngaskus” di kotak pencariannya,  setelah itu klik aja link – link yang muncul. Nanti disana Pren bakal banyak nemuin  bertebaran bocah – bocah super yang pinter nyari duit he he.

Ane  sendiri sebenernya udah mulai mencoba jualan online sejak tahun 2009, tapi berhubung waktu itu alasan Ane jualan online karena   ikut – ikutan doang semuanya jadi gagal total. Pengalaman – pengalaman yang udah ane dapet ditahun sebelumnya ngebuat ane jadi paham dimana aja tempat salah Ane, untuk mencegah hal itu terulang kembali pada Pren Ane share beberapa kesalahan yang udah ane lakuin disini.

Kesalahan pertama

Ane terlalu nafsu buat jualan online, begitu join di kaskus Ane malah langsung buat lapak jualan tanpa posting perkenalan dulu, sebenernya  ga ada salahnya sih, tapi gak enak aja, ibaratnya baru kenal tiba-tiba minta ini itu.

Kesalahan kedua

Ane masang harga yang terlalu tinggi, sebelum memulai jualan Pren sebaiknya tau dulu   tempat– tempatnya, jangan di kawasan yang terkenal dengan diskonnya malah masang harga tinggi begitu juga sebaliknya

Kesalahan ketiga

Ane gak kenal dengan produk yang dijual, sehingga kurang paham dengan resikonya, *studi kasus : waktu itu ane jual rokok elektrik, tapi sialnya waktu udah banyak orang yang order ada keputusan pemerintah yang membuat produk itu jadi illegal wew..

Kesalahan ke empat

Ane gak Pintar membaca situasi, maksudnya Ane ga bisa prediksi kira-kira kedepan produk apa yang laku.* Studi kasus : pernah waktu itu Ane coba beli modem harganya hampir satu jutaan, trus pas mau dijual ternyata dipasaran baru masuk modem lain yang harganya super bersaing (sekitar 500 – 600 an)

Kegagalan yang datang terus menerus sempat ngebuat Ane  pesimis untuk kembali berjualan online, kurang lebih hampir 1,5 tahun ane vakum, tapi semenjak membaca artikel di dotsemarang tanggal 26 maret 2012 lalu yang berjudul laila rahmawati the power of kepepet  semangat Ane kembali bangkit. Ane jadi sadar ternyata apa yang Ane lakuin selama ini masih belum ada apa-apanya disbanding dengan yang dilakukan sista ini.

Untuk semakin memantapkan semangat Pren semua berbisnis onlen, Selanjutnya Ane akan coba mengurutkan tips dan cara yang sudah ane kumpulkan  dari berbagai sumber, semoga bisa menginspirasi.

Yang pertama tips bagaimana cara mencari supplier dan produk, ini saya kutip langsung dari blog pribadinya sista Laila, berikut tipsnya :

  1. Usahakan untuk mencari supplier dalam satu kota atau kota besar, karena akan lebih murah ongkos kirim ke tempat kita.
  2.  Usahakan jika kita bermodal sedikit, cari supplier yang bisa dropship (mengirim barang ke konsumen kita langsung dari supplier dengan dituliskan nama kita) coba satu kali dulu, jika terpercaya lanjutkan.
  3. Respon cepat lebih baik dari harga murah, ingat kita bisanis online yang terpenting adalah kepercayaan. Jika mendapati supplier yang murah tapi pelayanan lama (slow respon) mending kita pindah supplier yang lebih mahal sedikit tetapi cepat pelayanannya (fast respon)
  4. Jangan lupa membeli barang untuk dipakai kita sendiri, karena menawarkan barang yang kita juga pakai lebih enak ceritanya.
  5. Ingat! Jangan tergiur supplier murah. Apalagi jika produknya gadget tidak sedikit kasus penipuan, jika harga tidak wajar missal harga dipasaran 10JUTA kemudian dijual 1JUTA harus diteliti lagi apakah benar-benar trusted seller.

Setelah memiliki produk yang Pren perlukan selanjutnya adalah membuat postingan penjualan atau lapak di Sosial Media. Berikut beberapa tips yang bisa Ente pake waktu ngebuat lapak

  1. Baca peraturan di Sosmed yang akan Pren jadikan ladang uang, jangan sampai Pren di banned atau diblokir akibat kesalah sepele.
  2. Denny Wirianto, Chief Marketing Kaskus bilang “Untuk melakukan pemasaran di media online yang perlu diketahui dengan cara “Read before Write” yang artinya melakukan riset terlebih dahulu untuk memasarkan di media online, dengan cara riset ini akan mengefektifkan mekanisme pemasaran yang dilakukan. Misalnya dengan melihat cara komunikasi dan apa yang dikomunikasikan dalam media itu.” (Teknokompas)
  3.  Gunakan data yang lengkap dan valid. Coba bayangin kalo Ente Pren pake data abal-abal gimana mau sampai itu duit pembayaran?? Selain itu data yang lengkap bisa ngebuat orang lebih percaya dengan Ente.
  4. Kasi deskripsi yang jelas di lapak Ente Pren, kalau posting di forum usahakan judulnya yang jelas. Untuk isi jelasin apa kelebihan en beda produk Ente dengan yang laen
  5. Untuk judul postingan juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan beberapa kalimat sakti seperti “Obral” atau “Diskon” he he
  6. Kasi harga  yang bersaing, sesuaikan kualitas dengan harga, dan ingat hormati sesame penjual jangan sampe saling ngejatuhin harga
  7. Kasi service yang memuaskan, kalau bisa dikasi service plus Pren, maksud Ane, Ente gak pelit ngasi bonus
  8. Kasi respon yang cepet, kalau calon buyer Tanya ini itu, Ente mesti cepet ngejawabnya

Apa yang ane share disini mungkin Cuma sebagian kecilnya aja Pren, masih sangat banyak tips lain di sosmed yang bisa Ente coba en modifikasi ulang, silahkan dikembangkan sendiri sesuai kondisi. Tapi terlepas dari semua tips diatas ada satu hal yang paling menentukan dalam bisnis online…., kalau Pren sudah punya hal ini dijamin apa pun yang mau dijual pasti laku

 ada yang tau apa yang Ane maksud……???

Jawabannya “KEPERCAYAAN”

“Trus gimana caranya biar Ane bisa dapet kepercayaan dari temen – temen di Sosmed?”

simple aja Pren, jadilah orang yang Ramah, Sopan dan Bersahabat serta sering memberikan nilai tambah pada orang lain. Nanti yang namanya kepercayaan itu bakal dateng sendiri kok ^_^

wah Gak terasa udah sepanjang ini Ane nulis, sebenarnya masih banyak yang mau di ceritain tapi nanti artikel ini menjadi membosankan untuk dibaca, jadi kita cukupin aja dulu yah  share tentang pemanfaatan Sosmed ini. Semoga artikel ini dapat membantu melahirkan para netpreneure baru. Amin.

 Satu tips terakhir yang mungkin bisa membantu Ente, jalan untuk sukses itu akan lebih mudah kalau kita sudah menemukan orang yang dijadikan panutan atau Guru. Lalu dimana kita bisa mencari guru itu….????

^_^ semuanya sudah ada di Om Google, Kaskus dan dotsemarang Pren. Khusus untuk dotsemarang.blogdetik.com silahkan buka kembali kumpulan artikelnya di kategori sosok inspirasi, disana Pren bisa menemukan banyak orang berprestasi yang mungkin bisa membangkitkan semangat Bisnis Pren.

14 thoughts on ““SOSMEDKU….. LADANG UANGKU……”

Leave a Reply

