HONDA PGM – FI, SATU TEKNOLOGI 8 KELEBIHAN


Di Tahun 2012 ini, kabar tentang lahirnya motor yang berteknologi Injeksi begitu santer terdengar, baik itu di dunia online maupun di dunia offline, konon katanya motor yang menganut sistem dan teknologi ini akan jauh lebih hemat serta ramah lingkungan dibandingkan generasi sebelumnya yang memanfaatkan karburator.
Penasaran dengan beragam kelebihan yang diceritakan, saya kemudian mencari infonya di internet, hasilnya pencarian selalu berakhir pada motor keluaran Honda, “ Luar Biasa!” Apakah ini artinya baru Honda saja yang menerapkan sistem ini pada produknya…? Jika benar dua jempol saya acungkan untuk Honda. “Viva Honda!

Honda, Sang Leader, Sang Legenda
Tampilnya Honda sebagai penguasa industri motor di Indonesia sekarang bagi saya bukanlah hal yang baru, karena pada zaman dahulu popularitas Honda sudah besar, saya ingat betul sewaktu saya masih kecil merk Honda sudah menjadi sebutan untuk setiap motor yang Ada sekalipun merk aslinya bukan Honda.
 
saking melekatnya imej Honda saat itu dengan masyarakat, banyak orang yang merasa belum puas dengan status sosialnya di masyarakat kalau belum punya motor Honda. Inilah salah satu bukti yang menunjukkan betapa berpengaruhnya motor Honda dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia.
Lalu apakah yang membuat Honda begitu digandrungi oleh semua orang?
Saya rasa jawabnya mungkin ada pada semangat Inovasi yang ditunjukkan oleh Honda, salah satunya jargon yang menunjukkan hal itu adalah “Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda” . Demi memberikan kepuasan kepada para konsumennya Honda terus – menerus tanpa henti berusaha menyempurnakan produk andalannya, hasilnya kini teknologi Honda telah diakui di seluruh dunia. Bukti lain yang memperlihatkan komitmen semangat inovasi Honda adalah dengan tampilnya Honda sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis ( irit bahan bakar).

Beberapa penghargaan yang diterima Honda

beberapa penghargaan yang telah diperoleh Honda

2012: – “Top Brand 2012” dari Majalah Marketing & Lembaga Survey Frontier untuk 5 kategori, yaitu:

a) Honda Beat untuk kategori Sepeda Motor Skutik
b) Honda Vario untuk kategori Sepeda Motor Skutik
c) Honda Supra untuk kategori Sepeda Motor Bebek
d) Honda Tiger untuk kategori Sepeda Motor Sport
e) Honda MegaPro untuk kategori Sepeda Motor Sport

– “Otomotif Award 2012” oleh Tabloid Otomotif untuk 8 kategori, yaitu:

a) Honda CBR 250R untuk kategori Bike of the year
b) Honda Spacy PGM-FI untuk kategori Best skutik 100-115
c) Honda PCX untuk kategori Best skutik premium
d) Honda CBR 150R untuk kategori Best sport 150-180
e) Honda CBR 250R untuk kategori Best sport 250
f) Honda PCX untuk kategori Best of the best skutik
g) Honda CBR 250R untuk kategori Best of the best sport
h) Honda Blade untuk kategori Best bebek 110-115

– “Indonesia’s Most Favorite Youth Brand 2012” untuk kategori Produk Sepeda Motor pada ajang Marketeers Award
sebenarnya masih lagi penghargaan lainnya, tapi karena ini tahun 2012, maka saya hanya menampilkan award di tahun ini saja agar lebih up to date  ^_^

selain faktor diatas ada satu faktor lain yang membuat motor – motor keluaran Honda selalu diburu konsumen,

“apaan tuh??”

“itu adalah “Harga Jual Kembali”,

“hah, kok bisa?”

Tentu saja bisa, karena teknologi terbaru dan tercanggih yang selalu diterapkan Honda pada produk – produk terbarunya membuat banyak orang penasaran untuk mencoba sehingga secara tidak langsung membuat harga jual kembali produk motor Honda lebih tinggi dibandingkan motor lainnya.

Nah berbicara soal teknologi Anda mungkin pernah terpikir untuk bertanya “sebenarnya teknologi apa sih yang diterapkan Honda, sehingga membuat motor – motornya menjadi lebih super  daripada  motor merk lainnya…?”

Pikiran kita sama jika Anda punya pertanyaan itu ^_^

Dari berbagai sumber yang terpercaya di Internet saya akhirnya menemukan jawabannya. Nama teknologi terbaru itu adalah PGM –FI (Programmed Fuel Injection), teknologi ini  memiliki sebuah sistem suplai bahan bakar cerdas dengan teknologi kontrol elektronik yang sangat bersahabat dengan lingkungan. Teknologi ini sendiri hanya diterapkan di dalam motor produk Honda saja, jadi jangan berharap bisa menemukan sistem canggih ini pada motor lain dalam waktu dekat.

Teknologi PGM-FI, Teknologi Injeksi Andalan Honda

Sistem injeksi PGM-FI bekerja dengan cara mengalirkan bahan bakar menuju fuel injector, kemudian dengan pintar mencampurkannya dengan oksigen, adapun proses pencampuran itu telah diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang tepat dan optimal untuk menghasilkan tenaga efektif dengan emisi yang ramah lingkungan.

Sistem kerja teknologi PGM-FI (sumber)

Kelebihan PGM-FI yang dapat menekan kadar emisi yang dihasilkan oleh bahan bakar CO, HC dan NOx sudah sesuai dengan standar regulasi Euro – 3. Oiya kawan, mulai tahun depan (2013) pemerintah Indonesia akan menerapkan standar regulasi untuk kendaraan bermotor roda dua di Indonesia, jadi buat yang motornya belum punya tekonologi PGM-FI musti cepet – cepet deh ganti he he ^_^

Biar lebih jelas  saya tunjukkin aja  gambarnya

Ini yang namanya karburator 

Kalau yang ini adalah teknologi PGM-FI 

Nah kalo gambar yang ini adalah denah atau letak posisi alat – alat sistem injeksi yang keren itu berada


Kalau Anda masih penasaran dengan sistem kerja PGM-FI video ini mungkin solusinya, saya yakin setelah menonton video ini  pertanyaan  Anda seputar teknologi terbaru Honda ini akan terjawab.

Honda mulai mengembangkan teknologi ini dari 20 tahun yang lalu, adapun motor pertama yang mendapat sentuhan Fuel Injection ini adalah Honda CX-500 pada tahun 1982.  Teknologi ini menjadikan  CX-500 memiliki akselerasi lebih dari model sebelumnya yaitu CB-900F.

Setelah sukses dengan percobaannya, Honda kemudian menerapkan teknologi baru itu pada motor balapnya di kategori GP500 Fuel Injection. Hasilnya RC211V  menjelma menjadi motor yang memiliki tenaga luar biasa. Ini kemudian menunjukkan bahwa performa PGM-FI dapat diterapkan pada motor balap.

8 Kelebihan Teknologi PGM-FI yang membuatnya pantas menjadi Teknologi Masa depan

LEBIH IRIT BBM

Kelebihan inilah yang membuat Honda menjadi terkenal sampai saat ini, ditempat saya (Lombok) image Honda itu adalah sebagai motor yang hemat dan irit BBM,  karena itu tak heran banyak orang tua yang merekomendasikan anaknya agar anaknya lebih memilih motor Honda.

Rekomendasi itu bukannya tanpa alasan loh, orangtua mungkin sadar jika semakin lama harga BBM akan semakin tinggi dan ternyata itu benar kan, karena itu kemampuan Honda untuk menciptakan teknologi irit BBM menjadi salah satu solusi. Semoga saja di masa depan Honda mampu menghasilkan produk motor yang tidak memerlukan bahan bakar minyak (ngarep mode: ON).

Teknologi PGM-FI atau teknologi injeksi terbaru ini adalah bukti kalau image irit BBM masih terus berusaha dipertahankan dan dikembangkan oleh Honda. Dengan menggunakan teknologi terbaru ini mesin akan mampu mengendalikan komposisi yang tepat antara jumlah bahan bakar yang masuk dan oksigen, hasilnya tentu jasa pembakaran yang super efisien hingga 17%. Tidak heran kalau jargon “Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda itu begitu menggema.

Teknologi baru ini terbukti sukses di pasaran, salah satu contohnya pada salah seri Vario 125 yang berhasil menjadi pembicaraan pecinta motor matic karena teknologi injeksi PGM-FI-nya yang memiliki keunggulan dalam performa dan efisiensi bahan bakar di kelasnya (125cc). Pabrikan bahkan  mengklaim akselerasi Vario 125 ini sanggup menempuh jarak 200 meter hanya 12,8 detik, hebat bukan, itu artinya 30% l.ebih hemat dari produk Vario sebelumnya.

LEBIH BERTENAGA

Bagi saya Hemat dan bertenaga itu sama seperti makan nasi dengan lauk yang enak, ^_^

loh kok bisa …?

Bisa dong karena itu memiliki motor yang memiliki tenaga yang super namun hemat BBM itu sangat enak, bayangkan Anda akan bisa melewati den menjelajahi medan apapun tanpa takut isi kantong Anda boros. Asyik kan.

Adapun teknologi yang digunakan oleh Astra Honda Motor untuk menghasilkan tenaga yang besar adalah dengan memprogram akselerasi yang lebih responsif pada setiap putaran mesin. Oiya teknologi baru ini yang diterapkan pada semua motor terbaru Honda juga diterapkan pada mesin – mesin balap Honda di Moto GP, hebat kan ? sekarang Anda bisa merasakan sensasi menunggangi motor teknologi balap.

.LEBIH RAMAH LINGKUNGAN

Lingkungan yang sehat dan segar adalah impian kita selama ini, namun perkembangan zaman yang menuntut penggunaan mesin bermotor tak bisa kita hindari, karena itu penggunaan teknologi yang peka dan ramah terhadap lingkungan yang kita butuhkan sekarang.

Teknologi injeksi milik Honda mampu mengendalikan dan menekan kadar gas buang  atau emisi hingga 90%, “waw dashyat..!” . teknologi PGM – FI Honda telah disesuaikan dengan standar regulasi EURO 3 sehingga mampu memadukan antara kecerdasan sensor O2 dan Catalytic Converter untuk mengatur jumlah gas buangan sehingga dapat tetap menjaga kebersihan udara.

 LEBIH MUDAH MENGHIDUPKAN MESIN

Kondisi dingin atau jika motor sudah lama tidak dinyalakan adalah waktu yang membosankan bagi saya pribadi.                                                    Mengapa..?                                                                                                                                                                                                                                                                         Karena pada saat itulah saya harus memakai tenaga ekstra untuk mengayunkan pedal starter memompa agar motor cepat menyala.

Nah beranjak dari masalah itu Honda yang dalam Jargonnya berbunyi “Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Hondamemberikan solusi melalui teknologi PGM- FI terbarunya. Kecanggihan inovasi Honda dapat dirasakan ketika motor berada dalam keadaan dingin dan dalam segala kondisi suhu udara apapun, pada saat itu masalah seperti sulit menyala dipastikan sudah tidak ada lagi, hal ini juga berlaku untuk motor yang telah lama tidak dihidupkan sama sekali. Kerren……

LEBIH MUDAH PERAWATAN

Kalau dulu kita mengindentifikasi gangguan mesin secara manual sekarang pada produk terbaru Honda yang mengusung teknologi PGM-FI hal tersebut tidak diperlukan lagi. Sistem kendali elektronik yang dikombinasikan dengan lampu pintar MIL (Malfuction Indicator Lamp) mampu mengidentifikasi gangguan yang ada pada mesin melalui isyarat jumlah kedipan lampu, hal ini tentu membantu perawatan menjadi lebih mudah.

Untuk Anda yang ragu bila harus memperbaiki sendiri juga tak perlu ragu. Saat ini Honda memiliki 3600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang tersebar di seluruh Indonesia. Oke kan ^_^

AMAN DENGAN PREMIUM

Saat ini Premium adalah bahan bakar primadona untuk kendaraan roda dua di Indonesia, alasannya ? tentu saja karena harganya yang terjangkau. Honda sebagai produsen motor yang peduli dengan konsumennya tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan teknologi terbaru istilah kerennya “Kualitas Bintang Lima, Harga Kaki Lima”. Premium yang dipakai untuk bahan bakar motor Honda ini adalah bahan bakar standar yang tersedia diseluruh SPBU Indonesia.

GARANSI 5 TAHUN

Beli motor tanpa garansi…? Cape deh….

Dengan membeli motor Honda Anda akan mendapatkan garansi komponen  PGM-FI selama 5 tahun 50.000 km, semuanya tergantung mana poin yang tercapai lebih dahulu. Garansi ini diberikan untuk produk motor Honda Spacy Helm In PGM – FI dan Supra x Helm in PGM FI dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

DESAIN LEBIH KEREN

Untuk kelebihan yang terakhir ini saya tambahkan sendiri ^_^.

Coba deh Anda bayangkan sebuah motor yang Canggih, Irit, Bertenaga dan Ramah Lingkungan tapi tidak memiliki desain keren ….? Saya yakin semangat orang untuk membelinya menjadi sedikit berkurang, benar kan ? saya yakin Anda setuju

Honda sebagai produsen berpengalaman paham dengan keinginan konsumennya, karena itu selain memberikan beragam teknologi dan fitur keren, Honda juga memberikan desain yang unik dan elegan silahkan saja Anda lihat semua produk Honda yang ada dipasaran begitu unik dan menarik, sebut saja CBR, PCX, REVO, CS1 dan lainnya.

Ini neh buktinya

Ini CBR

Yang ini PCX

Kalo yang ini Spacy

Honda motor PGM –FI sebagai produk terbaru pun tak mau kalah dengan pendahulunya,  desain body dan list begitu keren dan dinamis. Selain itu banyaknya pilihan warna juga semakin menjadikan produk unggulan Honda ini layak menjadi Raja motor berikutnya.

Keunggulan yang diperlihatkan dalam teknologi terbaru Honda betul – betul menggiurkan. Sungguh saya ingin sekali memiliki salah satu dari motor Injeksi terbaru ini. Untuk kisaran harga informasi terbaru yang saya peroleh dari dealer Honda di kota Mataram Lombok  adalah

Honda Spacy Helm-in PGM–FI    
Rp. 13.850.000

Honda New Vario Techno 125 PGM – FI            
Rp. 16.450.000

Honda New Supra X 124 Helm In         
Rp. 16.950.000

Honda CBR 250 STD    
Rp. 43.300.000

Bagaimana ? dari kisaran harga diatas dapat saya simpulkan kalau harga yang ditawarkan Honda sangat kompetitif dan tidak jauh berbeda dengan produk motor lainnya yang masih menggunakan karburator.

Ayo buruan ke dealer Honda terdekat, dan segera dapatkan Motor Teknologi Masa depan dengan harga miring. ^_^

Oiya sebelum mengakhiri artikel ini, saya ingin memberikan masukan kepada Honda, sepertinya unik juga kalo ada motor teknologi injeksi PGM – FI   dimasukkan dalam body motor seperti ini

He he motor pertama Ane dulu ^_^

saya berharap Anda semua memperoleh manfaat dan pemahaman mengenai teknologi baru Honda dari artikel  ini, Akhir kata, terimakasih sudah berkenan ke Blog saya, Salam Sukses


Advertisements

46 thoughts on “HONDA PGM – FI, SATU TEKNOLOGI 8 KELEBIHAN

    1. logo apanya bhro??? bukannya udah ada di paling atas kanan???
      wah apakah harus dalam artikel??
      tengkyu atas masukannya ntar ane perbaikin laagi
      tengkyu udah mampir ^_^

  1. semua motor bagi saya itu bagus, tapi kalo untuk urusan hemat entah kenapa saya lebih mempercayakan kepada honda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s