Komplit !! dari A : Z Harapan, Saran dan Testimoni Kami Untuk PLN


A.    Aman dari KKN :

Sebagai salah satu perusahaan besar yang berperan penting dalam hajat hidup orang banyak, PLN kerapkali dijadikan oleh oknum yang tak bertanggung jawab sebagai lahan untuk memperkaya diri sehingga merugikan banyak konsumen.

Semoga melalui kebijakan transformatif manajemen PLN berupa listrik pra bayar, dan pembayaran via PPOB (payment point online bank) akan dapat menutup celah KKN yang ada pada Perusahaan Listrik Negara ini.

B.     Bersaing :

Sekalipun PLN saat ini tidak mempunyai saingan, namun semangat bersaing harus tetap dimiliki,  karena dengan begitu perusahaan listrik no 1 Indonesia ini akan memiliki motivasi untuk berkembang.

C.    Cinta pada konsumen :

“konsumen adalah raja” dengan mencintai konsumen PLN akan dapat melayani dengan tulus, sehingga akan menghasilkan pelayanan terbaik bagi konsumen.

D.    Dapat dipercaya :

Kepercayaan yang diberikan pada PLN tidaklah datang dengan sekejap mata, butuh waktu lama untuk mendapatkannya, oleh karena itu PLN harus dapat menjawab kepercayaan masyarakat seluruh Indonesia dengan tindakan nyata.

Kami masih menunggu  realisasi janjimu yang ingin mengalirkan listrik ke seluruh pelosok nusantara. Ayo PLN Pasti Bisa !

E.     Edukasi :

Salah satu cara yang kami rasa tepat untuk sosialisasi tentang pentingnya menghemat listrik adalah dengan cara memberi pengertian kepada adik-adik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Mengapa ? karena terkadang orang tua akan merasa malu dan luluh hatinya ketika ditegur oleh putra-putri mereka, diharapkan dengan metode ini sosialisasi hemat listrik akan lebih efektif.

F.     Fasilitasnya Oke :

Saat ini berbagai fasilitas dan kemudahan telah diberikan PLN kepada pelanggannya, dari yang semula pembayaran secara ofline sekarang telah bertransformasi menjadi pembayaran online yang sangat memudahkan konsumen. Semoga semakin kedepan fasilitas yang diberikan PLN semakin meningkat

Good Corporate Governance  (GCG) :

Menegakkan GCG tidaklah mudah, namun dengan semangat dan optimisme PLN semua itu pasti bisa dicapai, kami akan selalu mendukungmu.

Aplikasi GCG ini diharapkan bukan Cuma pada level tinggi perusahaan saja, namun bisa diaplikasikan juga pada seluruh level karyawan PLN, tujuannya agar seluruh lapisan dalam PLN bersih.

H.    Hidup terus (listriknya):

Salah satu keluhan utama PLN adalah mati lampu, masih teringat jelas beberapa tahun lalu (2007-2009) pelanggan listrik di Lombok sempat kesal pada PLN yang kerapkali memadamkan listrik, pemutusan listrik itu  memang  pasti punya tujuan, namun saat itu pemutusan terjadi beberapa kali dalam sehari, rentang waktunya pun hanya selang beberapa jam saja sehingga membuat alat-alat elektronik rusak.

PLN sebagai pihak yang bertanggung jawab kini telah membuktikan janjinya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Memang butuh waktu untuk mewujudkannya, namun penantian itu kini sudah membuahkan hasil, dua tahun terakhir di tempat tinggal kami (Lombok) sudah sangat jarang terjadi pemutusan listrik (semoga diseluruh nusantara juga). Terimakasih kami ucapkan kepada PLN karena telah berjuang keras untuk memenuhi permintaan pelanggannya, semoga semakin kedepan kondisi ini dapat terus meningkat lebih baik. Amin.

I.       Interaksi online dan ofline:

Salah satu terobosan besar  yang dilakukan PLN saat ini adalah bersosialisasi dengan pelanggannya melalui media sosial. Cara yang tepat namun untuk awal ini masih belum terlihat peningkatan, mengapa ? karena kebanyakan PLN dalam jejaring sosialnya hanya sekedar memberikan informasi saja tanpa mengadakan diskusi kepada para pelanggannya.

Harapan kami, semoga PLN mampu memanfaatkan sosmed ini lebih optimal agar dapat memberikan solusi lebih cepat terhadap permasalahan yang dialami pelanggannya.

J.      Jelas dan transparan

Metode pembayaran tagihanya yang menggunakan metode pra bayar dan mekanisme PPOB (payment point online bank) dapat mendorong praktik yang lebih transparan, dan aksesibilitas tinggi bagi konsumen, karena dengan cara ini seluruh uang pembayaran akan masuk langsung ke rekening resmi PLN.

Salut untuk PLN,  karena dengan metode ini praktik kongkalikong antara konsumen dengan petugas pencatat meter untuk tidak menginput data penggunaan kWh listrik milik konsumen dapat dihapus.

K.    Kinerjanya bagus:

Semakin lama kinerja PLN semakin mantap, berbagai inovasi dan transformasi sudah dilakukan. Salah satu point terbaik PLN saat ini adalah “Semangat Membasmi KKN” semoga semangat ini terus dikembangkan sehingga mampu menjadikan PLN sebagai salah satu perusahaan terbaik di Indonesia bahkan dunia, amin.

L.     Low Profile : rendah hati

Dengan semakin besar harapan dan kepercayaan masyarakat terhadap PLN kami berharap Perusahaan Listrik Negara ini akan semakin rendah hati dan tidak terlalu cepat berpuas diri, karena masih banyak Pekerjaan Rumah yang harus dikerjakan.

M.   Mampu menjangkau seluruh pelosok nusantara

Selama ini banyak sekali kita mendengar suara-suara saudara kita di daerah pedalaman atau pelosok yang belum terjamah listrik. Ayo dong PLN tunjukkan bukti semangatmu untuk menciptakan Indonesia Bercahaya, masa di tahun 2012 ini masih ada  daerah yang belum menikmati listrikmu. Semangat ! PLN Pasti Bisa!

N.    Nyaman :

Kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran tagihan kini telah mengubah kesan membosankan PLN, kalau dulu pelanggan harus pergi dan antri berpuluh-puluh menit di loket untuk membayar tagihan, kini hanya dengan bermodal ATM sudah mampu membayar tagihan secara online. Bagi yang tak memiliki ATM pun kini dimudahkan dengan tersebarnya counter online untuk pembayaran listrik, memang ada biaya administrasi tambahan, namun jika dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh nilai biaya administrasi tersebut bisa dimaklumi.

O.    Optimis :

Banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi PLN saat ini untuk mewujudkan visi dan misinya, tapi dengan sikap optimis mereka terus maju dan terus berbenah. Ayo semangat PLN ku, engkau pasti bisa menjadi perusahaan yang bersih

P.     Peduli terhadap lingkungan:

Semakin kedepan semakin banyak kebutuhan masyarakat kita akan listrik, hal itu tentu juga  akan menambah kebutuhan PLN akan SDA sebagai bahan utama pembangkit listrik. Oleh karena itu PLN perlu memikirkan & mengembangkan alternatif lain sebagai sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan.

Kami sadar itu bukan tugas yang mudah, namun jika kita bersungguh-sungguh bukankah hal itu akan bisa dilakukan. “ Negara lain saja mampu menggunakan sumber energi lain, kenapa kita tidak??”

Q.    Quality :

Kualitas adalah salah satu faktor penentu kepuasan pelanggan. PLN sebagai penyedia energi listrik satu-satunya di Indonesia diharapkan mampu memberikan listrik yang berkualitas, yang tegangannya tidak turun naik sebagaimana yang sering terjadi dahulu, semoga dengan semangat barunya PLN semakin sukses memberikan listrik berkualitas bagi pelanggannya, Amin.

R.    Responnya cepat :

Ketika pertama kali mengajukan pemasangan kilometer listrik baru, banyak sekali syarat dan proses yang harus dilalui. Selain menghabiskan banyak waktu proses itu juga sangat melelahkan, mengapa? Karena setiap minggu kita harus datang kembali ke kantor PLN untuk konfirmasi survey.

Harapan kami semoga mulai hari ini kedepan PLN lebih cepat merespon  permohonan pelanggan agar tidak ada lagi waktu yang terbuang percuma.

S.      Simple :

Mudah adalah salah satu yang disukai pelanggan, dengan semakin banyaknya kemudahan yang diberikan PLN saat ini kepuasan pelanggan semakin tinggi, Terimakasih PLN karena semakin mempermudah kami.

T.     Tulus memberikan apresiasi

Berbagai kegiatan dan event telah dilakukan PLN untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat terhadap kinerjaperusahaan yang berlogo petir ini,  lomba blog Aku & PLN yang bekerjasama dengan blogdetik ini pun merupakan salah satu bentuk bukti kepedulian Perusahaan Listrik Negara  pada dunia tulis menulis, karena itu kami  akan sangat bangga sekali jika dalam kompetisi ini PLN menjadikan blog ini sebagai satu  bukti apresiasi PLN terhadap blogger, (semoga terwujud, Amin)

U.   Upgrade (inovasi)

“Inovasi atau Mati” itu adalah salah satu jargon yang sering diucapkan oleh para pengusaha, karena tanpa adanya inovasi maka kita akan jalan di tempat.

PLN sampai saat ini telah berhasil melakukan banyak inovasi yang konstruktif, sehingga dapat terus meningkatkan eksistensinya. Semoga kedepan inovasi PLN dapat merambah ke penggunaan sumber daya baru pembangkit listrik, agar ketergantungan kita terhadapa SDA dapat dikurangi.

V.  Vocal

Vocal berarti berani menyuarakan apa yang dianggap salah, sebagai perusahaan Negara yang memiliki semangat memberantas KKN, PLN harus mampu menyampaikan kepada semua pihak apa-apa saja masalah yang mengganjal mereka tanpa takut tekanan dari pihak lain. 

W. Waktu (pasang)

Selain mati lampu, lamanya pemasangan sambungan baru juga menjadi salah satu yang sering dikeluhkan oleh calon pelanggan, bagaimana tidak dari tenggat waktu yang dijanjikan bisa molor hingga 2-3 bulan. Faktor inilah  yang membuat calon pelanggan kesal hingga akhirnya beralih memanfaatkan jasa calo.

Masalah ini adalah PR besar bagi PLN, karena sampai saat ini  masih belum terlihat perubahan (di Lombok khususnya), harapan kami semoga kedepan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan baru semakin cepat, agar tidak ada lagi saudara kita seIndonesia yang rumahnya bergelap gulita terlalu lambatnya pemasangan.

X.   Xtra :

Setelah sukses dengan metode pembayaran online dan pra bayar kami berharap PLN dapat memberikan pelayanan Xtra lainnya, misalnya memberikan reward tertentu untuk pelanggan yang selalu membayar awal bulan dan tepat waktu, atau yang lebih keren lagi ada penetapan harga khusus untuk anak kos.

Program ini bertujuan agar pelanggan merasa spesial, sehingga secara otomatis akan dapat menular ke pelanggan yang lain, besar harapan kami saran ini dapat dipertimbangkan.

Y.  Yakin akan keamanan produknya :

Point ini wajib hukumnya, karena sebagai satu-satunya perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pengadaan listrik di Indonesia, PLN harus  sungguh-sungguh memperhatikan keamanan produknya. Perusahaan rekanan PLN pun harus mendapat perhatian serius, sebab bagaimanapun juga bila produk perusahaan rekanan  jelek PLN juga lah yang akan kena getahnya.

Z.    Zero complaint :

Tidak mudah memang untuk melakukannya, sebab setiap perusahaan yang bergerak untuk kepentingan orang banyak pasti akan menemui yang namanya complaint.

Lalu bagaimana cara mengatasi keluhan tersebut?

Satu jalan terbaik yang bisa dilakukan oleh PLN adalah dengan respon cepat, artinya ketika ada keluhan petugas segera bergerak memberikan solusi. Kami yakin dengan cara itu pelanggan akan semakin menghargai PLN, sehingga complaint tersebut bisa berubah menjadi testimoni.

Advertisements

10 thoughts on “Komplit !! dari A : Z Harapan, Saran dan Testimoni Kami Untuk PLN

  1. citut manis bgt.. semua makhluk hidup pd ngefans..

    masa saiaa gak di traktir jg.. palingan jg qt di lupain.. mentang-mentang jauuuuh… fu fu fu fu… gak seruuuuu.. hohohohohooho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s