SEANDAINYA AKU BOS PLN


untuk lebih jelas, klik aja gambarnya

Wow….. ajib banget judul postingan Ente

He he he makasih bhro, tapi judul diatas Ane buat nggak asal-asalan loh

Emang tujuannya apaan ?

Ane ngerasa kalau kita mau mengkritik atau memberi saran pada orang lain, paling nggak kita harus bisa bayangin atau ngerasain ada pada posisi seperti itu, jadi dengan begitu masukan yang kita berikan bisa nyambung.

Ho ho boleh tuh, kalo gitu ane disini jadi pelanggan aja, ceritanya Ane dapat akses ke PLN pusat dan diskusi langsung dengan Bos tertinggi PLN.

Sip…!  Silahkan duduk pak pelanggan #langsung berlagak jadi Bos

Baik terimakasih pak Bos #ikut-ikutan kepengaruh akting

Kedatangan Ane kemari membawa banyak keluhan dari seluruh pelanggan setanah air Bos

Oke, saya akan dengarkan semuanya

Kalau Bos hanya mendengarkan saja, Ane rasa kedatangan Ane kemari sia sia.

Oh maaf, saya akan mendengarkan dan merespon semua keluhan Anda #tepok jidat

Baiklah  Bos, tapi sebelum ane melaporkan semua keluhan tersebut Ane ingin menanyakan “apakah komitmen PLN untuk bersih dari korupsi itu benar?”

Tentu saja pak pelanggan, kami sungguh-sungguh menerapkan Penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) karena kami sadar itu bukan hanya sebagai kewajiban saja, bahkan lebih dari itu kami menganggap komitmen itu sebagai sumpah yang harus dibuktikan kepada masyarakat.

sebagai bukti keseriusan, kami telah menjalin kerjasama dengan jaringan organisasi global anti korupsi Transparency International Indonesia (TII) yang akan membantu memonitor, mengawasi serta mengingatkan kami agar tak keluar jalur.

Lalu meliputi apa saja program PLN bersih ini?

Ho ho banyak dong…..

Apa aja itu Boss ? #mata melotot!

Eh .. Program PLN bersih ini akan fokus pada pembaharuan proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) pokoknya akan direformasi dari segi pemetaan, tahapan hingga pengadaannya, kami berjanji akan menghadirkan produk yang berkualitas.

Untuk semakin meyakinkan, kami juga membentuk tim whistle blower system yang berperan sebagai garda terdepan untuk menerima keluhan dari pelanggan/masyarakat. Intinya melalui media ini semua orang dapat menginformasikan berbagai praktek KKN yang terjadi tanpa perlu takut karena kami akan memberikan perlindungan.

Ehem….. ngomongin tentang kualitas, banyak juga teman-teman pelanggan yang mengeluhkan kualitas produk dan  listrik PLN.

Seperti apa maksudnya?

Untuk produk meteran atau kwh, seringkali angkanya melonjak tajam, padahal tidak pernah terjadi penambahan alat listrik. Selain itu perhitungannya tidak akurat. Kami paham PLN tidak sendirian dalam memproduksi pencatat meter tersebut, namun PLN tetap harus mengawasi dengan ketat kinerja perusahaan rekanan, sebab bagaimanapun juga ketika produk tersebut ternyata kualitasnya rendah yang  jelek namanya adalah PLN juga.

Terimakasih atas masukannya, kami berjanji akan lebih baik. Untuk menjawab keinginan pelanggan kami telah membuat terobosan baru dengan menggunakan metode pascabayar, artinya pelanggan akan membayar terlebih dahulu untuk listrik yang akan digunakannya, sebagai gambarannya seperti metode isi pulsa pada ponsel. Dengan cara ini diharapkan akan menciptakan hal-hal positif seperti

    • Pelanggan dapat menggunakan listrik dengan lebih bijak
    • Pelanggan dapat menyesuaikan pemakaian dengan anggaran
    • Pelanggan lebih terjaga privasinya
    • Tidak akan terkena sanksi keterlambatan
    • Dapat melakukan isi ulang kapan saja melalui ATM
    • Dapat menghindarkan PLN dari praktek KKN

Kami sangat mengapresiasikan semangat PLN untuk itu, karena kami telah melihat sendiri manfaat dari diberlakukannya listrik prabayar, semoga kedepan semua pelanggan di Indonesia bersedia menggunakan metode ini.

Selanjutnya ke permasalahan kualitas listrik, Sebagian pelanggan mengeluhkan seringnya daya listrik turun, sehingga peralatan listrik menjadi tidak dapat bekerja secara maksimal. Sedangkan keluhan kedua sekaligus terbesarnya adalah seringnya mati lampu pada saat produktif .

Baik, sebelumnya kami mohon maaf , untuk masalah turun tegangan dan mati lampu biasanya disebabkan oleh adanya beberapa masalah dan perbaikan pada alat pembangkit listriknya. Waktu perbaikan ini kadang membutuhkan waktu yang tak sebentar, sehingga dalam masa perbaikan itu generator cadangan akan menggantikan peran generator utama, karena generator cadangan tidak sekuat yang utama otomatis aliran listriknya dialirkan secara bergantian ke seluruh pelanggan yang membuat adanya pemadaman bergilir. Harap dimaklumi.

Penjelasan yang Bos jelasin bisa dimaklumi, tapi sebenarnya maksud kami tidak seperti itu.

Eh…..? emang gimana maksud sebenarnya?

Yang kami keluhkan itu sebenarnya waktu pemadaman yang tidak diberitahukan. Kami paham setiap alat atau mesin punya jangka waktu kerja tertentu dan membutuhkan servis berkala. Namun bukankah setiap mesin itu memiliki jadwal servis? Sebuah jadwal rutin yang tentu bisa di ketahui waktunya, jadi jika akan melakukan servis atau perbaikan kenapa PLN tidak memberitahukan dahulu pelanggan sebelumnya? Bukankah teknologi sudah maju sekarang?

Em……

Ada banyak cara, melalui sms, telepon untuk dua cara ini cukup kabari RT, RW Camat atau yang orang yang dirasa bisa menyebarkan info itu. Selain  cara tadi PLN juga dapat memanfaatkan cara lain seperti melalui selebaran, Koran, televisi atau  yang lebih murah jejaring sosial, caranya ?  PLN tinggal membuat akun khusus tiap daerah misalnya @PLNlombok, @PLNPapua @PLNSulsel dsb, nah nanti melalui akun-akun itulah PLN menginformasikan semuanya.

Tapi kalau masalahnya hanya karena waktu kenapa pelanggan bisa semarah itu?

Bos jangan meremehkan hal itu, coba bayangkan ketika toko yang mencetak poster atau spanduk sedang bekerja tiba-tiba mati lampu, apa yang terjadi? Mesin akan berhenti bekerja dan poster yang tengah dikerjakan pasti akan rusak, berapa kerugian yang akan diterima? Karena itu dengan adanya pemberitahuan terlebih dahulu pelanggan akan dapat memperhitungkan dan menjadwal pekerjaan yang harus diselesaikannya

Baik maafkan saya…..ini masukan yang sangat berharga sekali, tapi untuk jejaring sosial bukankah @pln_123 sudah cukup?

Ane rasa belum, kenapa ? karena itu terlalu umum, dengan membuat akun perdaerah atau wilayah akan memberikan kesan ekslusif, sehingga para pelanggan akan lebih mudah memperoleh informasi dengan cara itu

Baik akan kami pertimbangkan

Keluhan selanjutnya adalah “mengapa masih ada sebagian saudara kita yang belum dapat merasakan manfaat listrik?”  bukankah PLN punya visi untuk “mengalirkan listrik ke seluruh Indonesia” pada tahun 2015?

Kami sangat yakin akan mampu memenuhi visi itu, sekarang kami sedang bekerja sepenuh tenaga untuk mewujudkannya. Anda bisa lihat dengan program Gerakan Satu Juta Sambungan (Go Grasss), manajemen PT PLN telah berhasil menyelesaikan  sampai habis daftar tunggu yang jumlahnya sangat banyak sekitar 2,5 juta konsumen. Yang perlu digaris bawahi hal ini tidak mudah dan mendapat tantangan keras dari mitra-mitra PLN, namun karena  kami  sudah berkomitmen penuh untuk mewujudkan visi, manajemen akhirnya berhasil memutus rantai birokrasi penyambungan baru, sehingga proses penyambungan baru yang dulu terkesan ribet sekarang menjadi lebih mudah, silahkan Anda buktikan.

He he penjelasan Bos hebat sekali, tapi apakah Ente yakin sudah berjalan seperti itu di lapangan ?

Saya rasa sudah

Kalau Ane rasa malah belum

Loh kok bisa begitu?

Karena masih ada calon pelanggan mengeluh atas lamanya waktu pemasangan baru.

Kalau boleh tahu di daerah mana?

Saat ini yang Ane tahu baru di daerah Lombok saja entah bagaimana di daerah lainnya, ada pelanggan yang telah mengajukan untuk pemasangan baru, proses yang dilalui memang cepat, namun bagian terlamanya adalah waktu survey, hal lain yang membuat lelah adalah ketika dalam satu minggu belum disurvey calon pelanggan diminta kembali ke kantor PLN pusat untuk konfirmasi, begitulah seterusnya.

Kami mohon maaf untuk itu, tapi harus dimaklumi mungkin saja saat itu jumlah calon pelanggan yang mengajukan survey juga sangat banyak sehingga sulit untuk dilakukan survey secepatnya.

Jawaban Bos bagus, karena itu Ane sarankan agar diganti saja kalimat penawaran pemasangan baru PLN yang menjanjikan pemasangan baru akan selesai dalam beberapa hari menjadi selesai dalam hitungan bulan, kenapa? Agar pelanggan tidak merasa kecewa. Akan lebih baik bila PLN dapat menyelesaikan sebelum deadline daripada menyelesaikan setelah deadline.

Terimakasih untuk masukannya.

Nah lalu bagaimana dengan kawasan pedalaman yang belum dapat menikmati listrik? Ini sudah tahun 2012 Bos, masa masih ada masyarakat Indonesia yang belum menikmati listrik? Apa kata dunia??

Kami berjanji akan mengusahakan itu secepatnya agar bisa memenuhi visi kami di tahun 2015, sebenarnya salah satu masalah utama adalah kurangnya pasokan listrik.

Ehem jujur ya, Ane kok merasa ada kesenjangan, coba deh liat di kota-kota besar banyak listrik yang dipergunakan untuk hal yang kurang perlu, yang seringkali ane liat di waktu siang banyak lampu di fasilitas umum masih menyala padahal saat itu situasi terang benderang.

Coba seandainya daya yang digunakan untuk lampu yang tidak efektif dan tempat hiburan bisa di kurangi kemudian pasokan listriknya dialokasikan untuk daerah lain yang jauh lebih membutuhkan apakah itu bisa?

Ah Ente ngasi pertanyaan yang sulit Bhro? Ane ga tau jawaban yang begituan #gak bisa jawab

untuk lebih jelas, klik aja gambarnya

He he  iya deh, kalau begitu Bos kenapa PLN tidak menggunakan energi alternatif lainnya? Bukankah Indonesia itu Negara yang kaya dengan energi hijau (matahari, angin, panas bumi dan gelombang laut?)

Apa yang Anda sebutkan tadi benar, karena itu kami saat ini terus berusaha untuk mengembangkan energi yang dimaksud, itu dapat dilihat dengan beberapa pembangkit listrik kami yang sudah mengaplikasikan energi itu.

PLN Ane lihat memang sudah mulai action dengan pemanfaatan energi hijau, tapi kenapa masih sedikit sekali, padahal jika kita lihat kawasan nusantara ini amat luas dan punya potensi tersendiri untuk pemanfaatan energi tersebut?

Memang benar, tapi itu tidak semudah yang Anda katakan, butuh banyak waktu dan biaya untuk mewujudkan hal itu, tapi kami akan tetap berusaha mewujudkannya.

Amin… Ane doakan supaya apa yang direncanakan PLN dengan energy hijaunya bisa terlaksana. Satu lagi fakta yang Ane lihat dilapangan, di salah satu pulau di Lombok tepatnya Gili Tangkong, terdapat kincir angin yang berfungsi untuk menghasilkan listrik namun sayangnya kondisinya sudah sangat memprihatinkan, kata penghuni yang tinggal di pulau itu awalnya kincir tersebut dapat bekerja dengan baik, namun setelah beberapa lama mengalami kerusakan dan belum pernah diperbaiki sampai sekarang. Karena itu tolong PLN jangan hanya sekedar membangun fasilitas, tapi tolong dirawat juga selain itu ajari pula masyarakat sekitar untuk membantu merawatnya.

Terimakasih atas masukannya.

Dari sharing ini saya ingin menyampaikan apresiasi dan harapan saya untuk PLN

Silahkan

Untuk aprsiasi Saya ingin mengucapkan selamat atas inovasi yang telah PLN berikan pada pelanggan. Sistem listrik pintar yang menggunakan metode pra bayar benar-benar telah dirasakan manfaatnya, banyak sekali  kelebihan yang didapat oleh masyarakat. Cara ini juga terbukti efektif  untuk menekan interaksi antara konsumen dengan petugas lapangan, yang berpotensi menimbulkan tindakan koruptif dan kolutif.

Semoga kedepan seluruh pelanggan bersedia menggunakan metode ini, oh iya satu hal lagi, semoga ada penetapan harga untuk  isi ulangnya, karena sering sekali saya menemukan perbedaan harga antara satu counter dengan counter lain.

Terimakasih atas apresiasinya, kami berjanji akan lebih baik lagi dimasa datang.

Berikutnya untuk saran dan harapan kami, Ane bagi dalam beberapa sub biar lebih jelas

  • Pemberantasan KKN

Komitmen PLN untuk hal ini memang patut di acungi jempol, tapi  kadangkala apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan fakta dilapangan. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya pengaduan dari masyarakat tentang kelakuan oknum PLN yang sering bertingkah diluar jalur.

Satu solusi terbaik adalah dengan cara  secara terus menerus melakukan sosialisasi komitmen PLN untuk bersih dari KKN dengan masyarakat. Cara simple yang Ane yakin bisa berhasil adalah dengan cara  memasang pamflet besar seperti ini

untuk lebih jelas, klik aja gambarnya

Di setiap area publik dan sekolah-sekolah, tujuannya agar masyarakat menjadi tahu dan ingat untuk meluruskan jalan PLN apabila melenceng. Semoga bisa dipertimbangkan

  • Call center 123

ide untuk memberikan layanan cepat melalui call center 123 memang bagus, namun harusnya hal tersebut dibekali dengan persiapan yang baik. Banyak pelanggan yang mengeluh akan kualitas operator. Mereka kadang tidak bersikap menenangkan kegelisahan pelanggan, bahkan terkadang malah bersikap tidak mau tahu.

Kami berharap agar para operator layanan cepat ini juga diberikan pelatihan yang baik, agar disaat pelanggan membutuhkan bantuannya dapat terlayani dengan baik.

  • Recruitment

Mengingat para karyawan adalah wajah PLN maka sangat perlu selektif untuk memilihnya, bayangkan reputasi PLN yang sangat membenci KKN  bisa tercoreng akibat perilaku salah satu oknum yang berbuat KKN.

untuk lebih jelas, klik aja gambarnya

  • Sosialisasi Hemat Listrik

Bukankah ajakan hemat listrik itu sangat penting, tapi mengapa ajakan itu untuk saat ini minim sekali. Ane yakin dengan sering mensosialisasikannya masyarakat akan semakin paham dan mengerti untuk melakukannya.

Beberapa cara yang Ane sarankan untuk mensosialisasikan “hemat listrik” secara gratis dan efektif

  • Berpartner dengan mereka yang punya nama (Artis)

Ane yakin jika mereka mencintai Indonesia mereka akan mau melakukannya dengan gratis, coba bayangkan apa sih susahnya mengatakan “ayo hemat listrik ketika mereka diwawancara secara personal”. Dengan menjelaskan niatan baik,  yakin deh PLN pasti berpartner dengan mereka.

  • Berpartner dengan Provider Cellular

Ane rasa PLN juga bisa meminta bantuan kepada Provider Cellular untuk mengirimkan sms ajakan hemat listrik kepada pelanggan masing-masing, entah itu 1 hari sekali atau seminggu sekali toh ini untuk kebaikan bersama.

  • Berpartner dengan Produsen yang memiliki social media

Tak terhitung berapa jumlah produsen makanan, kesehatan, barang dll yang telah memanfaatkan jejaring sosial untuk promosi, PLN bisa meminta bantuan mereka untuk menuliskan di status mereka ajakan untuk “hemat listrik”,  perlu diketahui rata-rata  follower atau teman yang dimiliki oleh produsen tersebut diatas seribuan, jadi bisa dibayangkan kemungkinan pesan tersebut dilihat jadi lebih banyak.

Wah saran-saran Anda super sekali, semua keluhan, saran dan masukan akan segera kami tindak lanjuti. sekali lagi Terimakasih atas support Anda untuk PLN

—-[[]]—

Ha ha ha keren Ente bhro meranin Bos PLN nya.

Jiah… sumpah jadi Bos itu capek, apalagi yang mengurus kepentingan orang banyak, hah hah.. ane angkat tangan ah. Ga sanggup

He he, ternyata apa yang kita anggap mudah itu sebaliknya yah. Sekarang biarkan mereka bekerja dengan baik, tugas kita adalah mengingatkan mereka, Harapan Ane di masa depan, PLN bisa menjadi Perusahaan yang super bersih dan dicintai masyarakat.

Amin amin, Ane yakin itu bisa kok

Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang –ulang,
namun mengharapkan hasil yang berbeda
*Albert Einstein

referensi

Advertisements

13 thoughts on “SEANDAINYA AKU BOS PLN

  1. he he boleh juga bhro, buat artikel dari sudut pandang kek gitu
    ane kasi point 9 deh
    inget kalo menang sedekahnya jangan lupa

  2. masalah yang paling dan sangat diperhatikan oleh PLN adalah “mati lampu” sumpah nggak enak banget kalo lagi sedang asyik ngerjain tugas eh tiba-tiba mati lampu
    semoga PLN bisa interospeksi diri dari artikel ini

  3. Ass….
    Selamat Sore,Dan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI.
    Terimakasih atas kesempatan untuk memberi komentar kami terhadap PLN/Layanan PLN.
    Dan Mohon ditanggapi,karna dari semua Komentar-komentar yang pernah saya baca,kebanyakan hanya untuk di baca oleh PLN saja,namun untuk tindak lanjutnya hanyalah sebagian kecil,kasihan,kasihan masyarakat,kasihan juga Perusahaan-perusahaan/Rekanan yang berkecimpung di ruang Lingkup PLN,padahal PLN adalah perusahaan Negara yang sangat Bagus,namun dirusak oleh OKNUM/PEJABAT PLN sendiri.
    Salah satu Contoh :
    MOHON SARAN INI UNTUK DI TINDAK LANJUTI,klo tidak di tindak lanjuti,saran saya hanya satu,TUTUP AJA LAYANAN ON-LINE ini.
    Yang telah terjadi di PT.PLN(Persero)WIL RIAU DAN KEPRI CABANG PEKANBARU,KHUSUSNYA PADA PELAYANAN RAYON PANGKALAN KERINCI,yang dipimpin(SAID MURTAZAK)Oleh.
    Pada saat beliau jadi Manager di Rayon Pangkalan Kerinci,saya,masyarakat yang mengurus listrik pasang baru,melalui salah satu BIRO INSTALATUR yg beroperasi di Pangkalan Kerinci,di kenakan Biaya Rp : 2,5 jt,dengan Daya 1300-Va,sementara untuk pembayan saya sdah langsung stor ke kantor POS,dan sya diminta lagi uang oleh Biro sebanyak 1,5 jt lagi,setelah saya pertanyakan tentang uang 1,5 jt,si Biro mengatakan, :
    * Untuk tanda tangan surve 50 rb
    * Untuk Fee mengeluarkan kwh meter Rp : 250.000,-/Pelanggan.

    dan saya tanyakan tentang uang 250 rb trsbt,yang katanya kegunaannya adalah untuk menjemput kwh dan mengambil kwh ke cabang pekanbaru,itu orang2 cabang di kasih uang supaya lancar mengambil kwh,dan biaya transportasi pengambilan kwh meter.
    dan yang akan saya tanyakan adalah :
    – Apakah ada ketentuan seperti itu.?dan apa bunyi UU nya.
    – dan klo tdk ada UU/ketentuannya,tolong Proses untuk di tindak lanjuti OKNUM2 Pegawai PLN yg merusak nama baik PLN,klo perlu PECAT/PHK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s