Wooi….! Hemat Air Dong!!


komik 1 

“Wooi….! Hemat Air Dong!!”

Begitulah kalimat yang diteriakkan kakek Bakti kepada Bedel dan Gogon sewaktu kedua bocah bandel itu ketauan sedang bermain perang – perangan air di halaman rumah.

“Nggak mau Ah kek, lagi asyik neh” jawab Bedel cuek
“Iya nih, kalo nggak percaya kakek ikut aja bareng kita he he” Gogon menambahkan

“Weleh – weleh” ujar si kakek sambil menggelengkan kepala. “Kalian tau nggak sih, sebenarnya apa yang kalian lakukan sekarang ini sangat berbahaya” tambahnya.

Bedel dan Gogon saling berpandangan, bingung

“kakek serius loh, makanya sekarang kalian berdua mending berhenti deh maen air, ntar kakek ceritain alasannya”

Kedua bocah itu tampaknya tertarik dengan rayuan si kakek. Buktinya mereka segera menghentikan permainan perangannya dan langsung berlari ke arah kakek untuk mendengar ceritanya.
“Ayo kek ceritain ke kita, kenapa main air itu bisa berbahaya” Tanya Bedel nggak sabaran.

Kakek tersenyum “He he pasti kakek ceritain, tapi sebelumnya kakek mau tanya dulu kepada kalian.”

“apa itu kek?” Tanya mereka berdua serempak

“Apakah kalian berdua tau kalau air yang tadi kalian buat mainan sangat mahal dan langka?”

Alis kedua bocah itu tampak mengerenyit pertanda bingung
“mahal & langka bagaimana kek? Bukankah air seperti itu banyak sekali di sekitar kita” Tanya Gogon

“Itu kan disini, berbeda dengan tempat lain” jawab kakek

“maksudnya ….?” Bedel masih belum mengerti

Begini cucuku, kalian yang berada di pulau ini mungkin bisa menikmati air bersih dengan sebegitu mudahnya, tapi tidak demikian dengan saudara kita yang berada diseberang pulau. Di Sulawesi misalnya, saudara kita harus naik turun bukit yang jaraknya berkilo – kilo hanya untuk mendapatkan beberapa drigen (galon) air.

2 ngambil air

“yang bener kek??”

“apa yang kakek ceritakan ini fakta lo, bahkan ada yang lebih parah. Saudara – saudara kita yang berada di Tangerang sampai rela mengkonsumsi air kotor dari kubangan bekas galian selama 3 bulan demi memenuhi kebutuhan konsumsi air mereka.

“Hii… serem banget kek”
“Emangnya sebegitu pentingnya ya air? Sampai mereka harus berbuat seperti itu?

“Ho ho ho jangan salah, menurut penelitian manusia itu bisa hidup hingga 40 hari tanpa makanan, tetapi bisa mati dalam waktu 3 hari tanpa air.” Jawab kakek

“Kok bisa ??” Tanya Bedel Dan Gogon serempak

“Bisa dong… “ jawab kakek sambil tersenyum. “itu dikarenakan sebagian besar penyusun tubuh manusia adalah air, kalo nggak salah hampir 2/3-nya. Kandungan pada Otak misalnya mencakup 95% air, pada darah 82% air, dan pada paru – paru mencakup 85% air.

Mulut kedua bocah itu menganga takjub

“Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Setiap hari kalian harus minum air paling sedikit 2 liter atau setara dengan 12 gelas”

“S.. Siap Kek!” jawab mereka serempak.

3 rumus sehat

Kakek pun mengelus kepala kedua bocah itu, senang dengan kepatuhan Bedel & Gogon.

“Eh kek kalo setiap orang paling sedikit harus minum 2 liter berarti berapa liter air yang ditubuhkan dalam sehari??” Tanya Bedel

“wuih… banyak banget pastinya, sekarang kita anggap aja jumlah orang dewasa yg harus mengkonsumsi 2 liter air di Indonesia ini sebanyak 150 jiwa. Berarti dalam sehari paling tidak 300 juta liter air yang diperlukan. Hebat kan?”

“Ciyuss…..??”

“Ciyuss. dong, malah jumlah tadi bisa menjadi lebih banyak, mengingat dalam perhitungan tadi kita hanya memasukan orang dewasa saja dan belum memasukkan anak-anak”

sertifikat Pureit indonesia

Sertifikat Pureit  dari Lembaga Ternama di Indonesia

“wow…”

“Nah setelah kalian tau fakta-fakta ini kakek berharap kalian jadi bisa lebih bijak untuk menggunakan air. Karena dimasa depan, masalah air akan menjadi semakin rumit”

Bedel dan Gogon saling berpandangan, “kok semakin rumit kek?”

“hal itu bisa terjadi dikarenakan dimasa depan pertambahan penduduk dunia akan semakin banyak, sedangkan jumlah sumber air semakin menurun. Beberapa waktu lalu ada ahli yang memperkirakan nanti di tahun 2025 Jakarta akan mengalami defisit atau kekurangan air sebanyak 23.720 liter air perdetik ”

“Hi… Serem……!!!”
“Oh iya kek, pak guru disekolah pernah bilang kalau Indonesia itu adalah Negara yang kaya dengan sumber daya alam, bahkan katanya Negara kita ini memiliki 6% persediaan air dunia. pertanyaannya kok bisa sekarang kita kekurangan air?”  Tanya Gogon kritis.

“ho ho ho pertanyaan bagus. Memang benar Indonesia pernah memiliki 6% persediaan air dunia atau setara dengan 21% persediaan air Asia pasifik, tapi itu cerita dulu.”
Kakek menghela nafas sejenak “sekarang akibat perbuatan manusia yang tak bertanggung jawab satu persatu sumber mata air bersih mulai rusak dan kemudian menghilang. Bahkan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, memperkirakan  nanti di tahun 2020 hanya 35%  air saja yang layak untuk dikelola.”

“Tapi kek bukannya masalah itu bisa kita atasi dengan memanfaatkan air galon? kan sekarang banyak banget dijual air galonan bermerk”

Kakek tertawa “ ha ha ha bagus sekali komentarmu del” ujarnya sambil tertawa. “tapi kamu perlu tau kalau hal itu juga bisa menjadi salah satu penyebab dari rusaknya sumber mata air

sertifikat Pureit luar negeri

Sertifikat Pureit  dari berbagai Lembaga Ternama dunia

“ loh loh, kok bisa begitu kek???” Tanya Bedel nggak percaya
“iya kok bisa sih kek?” Gogon ikut penasaran

Lagi – lagi kakek tersenyum “Gini deh biar gampang kakek kasi perumpamaan dengan air dalam bak mandi.”

air dalam bak mandi??”

“He he begini permisalannya, ada sebuah bak yang penuh dengan air, bak itu diisi satu kali dalam sehari. Nah ketika dipakai mandi oleh satu orang, air dalam bak itu bisa bertahan untuk digunakan selama satu hari penuh. Namun ketika ada dua orang yang memanfaatkannya maka air dalam bak  itu akan semakin cepat habis dan begitu seterusnya”

“Ooooooo…..!” Bedel dan Gogon mulai mengerti

“Begitu pula dengan sumber mata air, jika terus dieksplorasi secara berlebihan secara terus menerus bukan tidak mungkin kita akan kehilangan suatu saat nanti.”

“Waa….!!! Jangan Dong!!” teriak kedua bocah itu bersamaan
“ terus – terus !! ada solusi nggak kek untuk untuk mencegahnya?!!” Tanya mereka bersemangat

“ Ho ho ho, pasti ada dong, dan cara ini harus kita mulai dari sekarang!”

“apaan itu kek????”

mantapkan niat

Pertama, Mantapkan Niat Kita

Ini adalah langkah pertama dan yang paling utama. Sebab ketika dalam diri kita sudah tertanam ‘kesadaran untuk menjaga kelestarian sumber air’  maka secara refleks semua tingkah laku kita akan mengarah pada perbuatan untuk menjaga kelestarian air.

say no to kran bocor

Kedua, Berhemat dalam menggunakan air

Artinya dalam kehidupan sehari-hari kita harus bisa menggunakan air secara efektif dan tepat guna. berikut  contohnya

  • selalu mematikan keran ketika tidak dipergunakan
  • mencuci pakaian menggunakan air tampungan terlebih dahulu dan ketika bilasan terakhir baru menggunakan air bersih
  • menyiram bunga/tanaman menggunakan air tampungan atau bekas mencuci

itu boom

Ketiga, Membuang sampah pada tempatnya

Kalian bisa lihat dalam berita, akibat perilaku buruk manusia yang sering membuang sampah sembarangan di kali dan sungai menjadikan kualitas air disana menjadi buruk. Selain itu bencana banjir yang kerapkali melanda Negara kita ini juga disebabkan oleh sampah yang dibuang tidak pada tempatnya.

Keempat, Perbanyak menam pohon dan hentikan penebangan liar.

Kita tau kalau keberadaan pohon dapat membantu menambah persediaan air dalam tanah. Tapi ternyata tidak hanya itu, pohon ternyata dapat juga berfungsi sebagai penyaring alami air. Kalian bisa melihat sendiri buktinya pada gambar dibawah ini.
46564_10151419406249046_434352683_n
Karena itu mulai sekarang perbanyaklah menanam pohon, dan perlu kalian ingat dengan menanam pohon berarti kalian juga sudah membantu menyelamatkan anak cucu kalian dimasa depan.

Kelima, Menggunakan teknologi yang tepat

Disini berarti kita harus bisa menggunakan teknologi yang aman dan ramah lingkungan sehingga kelangsungan sumber mata air dapat terjaga. Nah kebetulan untuk penjelasan ini kakek punya contoh alatnya dirumah.
“kalian mau lihat?” Tanya kakek

“Mau dong kek!!” jawab Bedel dan Gogon kompak.

“ayo ikut kakek” ajak kakek ramah.
Kakek Bakri akhirnya mengajak kedua bocah itu kerumahnya untuk menunjukkan alat yang dimaksud.

pure it duo

Pureit???? Ini alat apaan kek????” Tanya Bedel sesampainya dirumah kakek.

“Ho ho ho… Pureit ini adalah karya terbaik dari Unilever, salah satu brand besar yang terkenal dengan kualitas produknya. Pureit ini sendiri adalah alat pemurni air yang didesain sedemikian rupa menggunakan teknologi modern dan canggih.”

Wajah kedua bocah itu masih tampak bingung
“Maksudnya… alat pemurni air itu apa sih kek??”

Kakek Bakri tersenyum “ alat pemurni air artinya alat yang dipergunakan untuk membersihkan air sehingga menjadi layak untuk diminum. Perlu kalian ketahui air yang dihasilkan oleh Pureit ini dapat langsung diminum loh tanpa perlu dimasak.

“hah….. diminum tanpa dimasak?? Ih… banyak kuman dan bakterinya dong?” seru kedua bocah itu kaget

“Ha ha ha” kakek Bakri tertawa “tenang saja cucuku, Pureit ini dapat menghilangkan virus, bakteri, dan parasit berbahaya serta menghilangkan kotoran di dalam air, sehingga air yang dihasilkan jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.”

‘K. kok bisa sih kek? Pak Guru disekolah Gogon bilang kalau bakteri dan kuman dalam air itu akan mati setelah di masak?”
“Iya bener, kok bisa sih kakek bilang air hasil proses Pureit ini aman, padahal nggak dimasak?” Bedel menambahkan

“Oke.. oke apa yang kalian bilang memang benar, tapi ijinkan dulu kakek untuk menjelaskan proses pemurnian air yang dilakukan Pureit biar kalian paham”

Kedua bocah itu mengangguk

Pureit copy

Untuk dapat menghasilkan air bersih dan aman untuk dikonsumsi ada 4 tahap pemurnian yang dilakukan oleh Pureit

  • Tahap pertama : ketika air dituang, air yang baru masuk akan langsung di saring oleh Saringan Serat Mikro yang berfungsi untuk membersihkan sekaligus menghilangkan kotoran – kotoran yang dapat terlihat.
  • Tahap kedua : setelah itu air akan disaring kembali oleh Filter Karbon Aktif untuk menghilangkan kandungan pestisida dan parasit berbahaya.
  • Tahap ketiga : air yang telah melewati tahap kedua akan kembari disterilkan melalui Prosesor Pembunuh Kuman untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air.
  • Tahap keempat : pada proses terakhir ini air akan dijernihkan oleh Penjernih sehingga kita akan mendapatkan air yang bersih, jernih, tidak berbau dengan rasa alami.

Biar lebih jelas lagi kalian bisa cek videonya dibawah ini


“Wow….! Dahsyat bener kek, jadi dengan teknologi seperti itu air bisa aman untuk diminum?”

“Ping pong! Bener banget. Kebersihan dan kemurnia air Pureit sangat dijamin. Unilever Sebagai brand besar sangat-sangat memperhatikan kenyamanan konsumennya”

“Ehem… buktinya apa kek?” Tanya Bedel.

“Loh tadi kan kalian udah liat di video, untuk menjamin agar kualitas airnya tetap bersih Pureit memiliki Germkill Life Indicator (Indikator) yang akan memberitahukan kita kapan harus mengganti Germkill Kit”
Kakek melanjutkan “nantinya jika Germkill Kit yang kita miliki sudah habis masa pakainya tetapi belum diganti, secara otomatis aliran air dari wadah atas akan dihentikan oleh sistem yang ada dalam Pureit sehingga menjamin keluarga kita akan selalu mendapatkan air minum yang aman.”

uplod cara menggunakan Pureit copy

Bedel bocah gendut yang berambut kribo itu mengangguk mengerti “oh iya, tadi kan udah dijelasin di video he he”
Tiba-tiba Gogon nyeletuk “kek Gogon kan pengen banget beliin eyang di kampung, tapi nanti kalau masa pakai Germkill kit nya habis  dimana Beliau bisa mendapatkannya? Secara di kampung kan nggak ada toko seperti di kota?

“Ho ho ho… tenang aja Gon, satu paket Germkill Kit itu kurang lebih punya masa pakai sekitar 6-8 bulan. jadi  kamu bisa perkirakan kapan waktunya kamu mengirimkan Eyang stock Germkill Kit yang baru”

“Iya ya, bener juga”
“Atau kalau mau lebih gampang, Gogon langsung aja beliin Eyang Pureit dan stock Germkill Kit-nya jadi nggak perlu repot kan” tambah Bedel.

Kakek tersenyum “ ide Bedel bagus juga tuh,  banyak solusi kok untuk mendapatkan stock Germkill Kit, seandainya suatu saat nanti di setiap  toko yang berada di daerah  kalian kehabisan stock  kalian  masih tetap bisa kok mendapatkannya” ujar kakek menambahkan

“Caranya gimana ?” Tanya Bedel dan Gogon berbarengan

“Lewat  internet dong, nanti kalian tinggal tulis di browser http://www.pureitwater.com/ID/ kemudian masuk ke menu ‘Hubungi Kami’ lalu klik ‘Pesan Online’ nanti akan muncul tampilan seperti ini”

pesan onlen

“Wow…. kita Benar – benar dimanjakan ya, ternyata  mudah banget mendapatkan stocknya, ngomong – ngomong harganya berapaan kek??”

“Harga satu unit Pureit itu Rp. 550.000 dan Rp. 150.000 untuk Germkill Kit-nya”

“Mahal……!!!!” ujar mereka kaget

“Eits….. kata siapa mahal, sekarang coba deh kalian itung sendiri”
•    Pureit
GKK Rp 150 ribu = 1500 liter -> Rp 100/liter
•    Galon Bermerek
Rp 10 ribu = 19 liter -> Rp 526/liter (Hemat 5x lipat)
•    Galon Isi Ulang
Rp.3.500 = 19 liter -> Rp.184/liter (Hemat 2x lipat)
Rebus air
Gas 3 kg = Rp.12 ribu, 2 minggu, 112 liter -> Rp.107/liter
(Hemat waktu dan praktis)

“bener juga ya, ternyata kalo dihitung- hitung kita malah lebih untung kalo pake Pureit

“Tuh bener kan….” Kakek Bakri tampak bangga “Selain itu ada fakta lain dari Pureit yang pasti membuat kalian kaget”

“Apaan tuh kek??”

“Pureit ini nggak membutuhkan Listrik atau Gas lo………”

“DAHSYAAAT……………………!!!!!!” Teriak kedua bocah itu

“Oh iya ini kakek juga punya Brosur lain tentang keuntungan lain Pureit”

brosur

Setelah membaca brosur yang diperlihatkan kakek, kedua bocah itu tiba-tiba berlari pulang.

“Woy…… Kalian mau kemana ???” Tanya Kakek Bakri bingung

“Kita mau memberitahu Ayah dan Ibu tentang Pureit kek, Biar kita bisa menjaga kelestarian Sumber mata air!!” Jawab mereka serempak sambil berlari

sumber :

Advertisements

18 thoughts on “Wooi….! Hemat Air Dong!!

  1. bi_ang

    gan bagi bocoran donk…
    itu pake software apa buat gambar gambarnya??. asik banget kayaknya kalo artikel penuh karikatur kayak gini

  2. rahma rizkia

    2025…..??? ih serem banget, smoga smua orang jadi smakin paham arti pentingnya menjaga kelestarian air . amin….
    nice artikel

  3. fangel

    sayangilah alam, maka alam akan menyayangimu juga.
    sebenernya simpel aja sih, cuma kadang kita sebagai manusia aja yang nggak bisa puas.

  4. ramond

    semuanya emang kembali ke manusianya sendiri,
    pas musim ujan banjir
    eh pas musim kemarau kekeringan
    padahal Tuhan sudah memberikan semua yang manusia minta

    1. bener banget gan, karena itu ane berhrapa smoga muelalui artikel ini banyak orang akan semakin mengerti pentingya keberadaan sumber air bersih itu dan mau menjaganya
      tengkyu udah mampir gan

  5. agaul

    air air dan air……..
    adalah suatu hal yang harus terus dijaga dan dilestarikan
    karena tanpa air kita manusia, nggak bakal ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s