Yuk.., Optimalkan Golden Age Periode anak dengan Enfagrow A+ !!


komik 1

 Hehehe gambaran yang ditunjukkan oleh komik diatas mungkin sedikit berlebihan, tapi setidaknya begitulah perumpamaan yang bisa Ane perlihatkan untuk menunjukkan betapa hebatnya perkembangan balita pada masa pertumbuhan emasnya.

Hah…? Pertumbuhan emas?  Maksudnya gimana ?

Begini sobat, Istilah Pertumbuhan emas (Golden Age Period) pada balita itu artinya suatu masa dimana perkembangan dan pertumbuhan otak balita begitu cepat. Periode ini sangat penting karena tidak dapat terulang kembali. Golden Age Period ini dimulai ketika si balita berada dalam kandungan hingga usia tiga tahun pertama.

Oo………….., tapi periode emas itu ternyata sangat sebentar ya?

Ehm… sebenarnya beberapa pakar meyakini tentang beberapa perbedaan rentang waktu Golden Age Period ini, yaitu 0-2 tahun, 0-3 tahun, 0-5 tahun dan 0-8 tahun, tapi walaupun begitu semua sepakat jika awal tahun pertama kehidupan anak adalah masa – masa emas.

Mengapa ?

Karena pada masa awal inilah kemampuan anak untuk menyerap informasi sangat tinggi.

Hm.. dari penjelasan Ente, Ane bisa menangkap kalau Golden Age Period ini adalah masa yang menentukan  intelegensi dan kepintaran Anak di kemudian hari. Begitu??

Benar sobat, begitu pentingnya periode ini sehingga bisa dipermisalkan sebagai mobil baru dan mobil butut

Hah….? Kok begitu?

Cuma permisalan aja sobat, biar lebih jelas liat ilustrasi ini aja

mobil golden

Ho ho ane jadi mengerti, tapi sobat, bukankah kepintaran seseorang itu merupakan warisan dari orang tuanya, itu artinya anak yang punya orang tua pintar akan tetap pintar sekalipun masa pertumbuhan emasnya tidak dilakukan dengan baik.

Nah… ini dia pemahaman yang bisa menyesatkan.

Lho kok…?

Penelitian memang telah menunjukkan kalau faktor genetis memberikan sumbangan terhadap intelegensi seseorang itu berkisar antara 40 – 80 persen. Namun walau faktanya seperti itu kita masih tidak bisa mengukur berapa persentasi kecerdasan yang diturunkan.

Trus artinya…?

Yah itu berarti seorang anak yang orang tuanya cerdas sekalipun tetap harus di stimulasi atau diberi dorongan agar kecerdasannya muncul. disinilah pentingnya masa pertumbuhan emas itu sebagaimana yang dikatakan oleh psikolog Roslina Verauli.

Oooo……

Karena itu tak salah jika dalam  talkshow “Tumbuh Kembang Anak” yang di selenggarakan oleh Mead Johnson pada beberapa waktu lalu mengatakan “1365 hari pertama dalam kehidupan anak perlu dioptimalkan untuk daya tangkap dan tumbuh kembang yang lebih baik.”

Apakah 1365 hari  yang dimaksud itu termasuk ketika bayi ketika dalam kandungan ?

Yups bener, waktu bayi dalam kandungan juga dihitung karena otak memulai periode pertumbuhan pertama kali adalah pada saat kehamilan trimester ketiga, periode ini disebut masa pertumbuhan emas tahap pertama. Sedangkan Tahap keduanya dimulai ketika bayi baru lahir hingga berumur 3 tahun.

Ho ho ho… Ane jadi tertarik neh.

Tertarik apaan neh sob?

Cara kita memberikan stimulasi pada janin agar dapat melalui Golden Age Period nya dengan optimal. Ente tau nggak caranya sob?

Setau Ane ada dua cara sob yaitu berikan asupan gizi (pada ibu & janin) serta  memberikan rangsangan pada janin.

Wah gimana tuh ?

Coba perhatikan tabel dibawah  yang ada dibawah ini. Tabel ini memuat kebutuhan dari ibu hamil.

tabel gizi ibu hamil

Waduh…. Ribet banget, gimana Ane nyarinya neh buat istri Ane??

Ha ha tenang aja Sob, Ente nggak perlu nyari nutrisi dan vitamin yang tertera disana, karena semuanya sudah tersedia dalam satu Enfamama A+.  Dengan kandungan Kolin, Asam Folat, Zat Besi dan Vitamin C serta kalsium yang terdapat pada EnfaMama A+ suplai Gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin pasti terpenuhi.

Wow… keren,

Setelah kebutuhan akan gizi terpenuhi, selanjutnya kita harus memberikan rangsangan kepada janin agar dapat berkembang secara optimal.

Caranya..?

Perdengarkan musik kepada ibu hamil

Hah dengna musik…? Serius…?

Serius Sob,  sudah banyak lo penelitian yang dilakukan terhadap pengaruh pemberian musik ini kepada ibu hamil, dan semua hasilnya memberikan respon positif. Salah satu kesimpulan yang di dapat para ahli membuktikan kalau musik klasik karya Wolfgang Amadeus Mozart bisa membuat perkembangan otak belahan kanan janin dalam kandungan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kemampuan afektif si anak.

Selain manfaat diatas, ada beberapa manfaat lain dari musik klasik Mozart pada bayi dalam kandungan, bayi yang baru lahir, bayi dan anak – anak.

  1. mengatur pergerakan alami tubuh,
  2. mengurangi stres & membuat bayi lebih aktif,
  3. meningkatkan kestabilan emosional,
  4. menstimulasi gerakan tubuh,
  5. membuat tubuh menjadi lebih rileks.

 Kok bisa ya….?

Menurut para ahli hal itu dikarenakan ketika sang ibu sedang mendengarkan musik dengan nyaman maka akan membuat detak jantung dan desir aliran darah menjadi teratur sehingga emosinya menjadi stabil. Emosi yang stabil pada ibu akan membuat makan menjadi teratur sehingga otomatis kebutuhan nutrisi untuk bayi dapat terpenuhi dengan baik.

Wow… informasi yang keren banget, sekarang jelaskan juga dong tentang Periode Pertumbuhan Emas setelah melahirkan biar pengetahuan Ane lebih komplit.

Perlu Ente ketahui saat lahir otak anak hanyalah berukuran 25 persen dari rata-rata otak saat dewasa nanti. Saat usianya mencapai 3 tahun, otak anak akan bertumbuh secara dramatis dengan memproduksi jutaan sel, koneksi atau sinaps di antara sel-sel tersebut.

Eh sinaps…? Apaan tuh sobat?

Dalam  talkshow “Tumbuh Kembang Anak” yang diadakan Mead Johnson, Dr. Dwi Putro Widodo, SpA yang merupakan Dokter Spesialis Syaraf menjelaskan kalau pengertian Sinaps itu adalah media penghubung antara dua ujung dari sel-sel otak yang berbeda, untuk mempermudah mungkin bisa kita ibaratkan sebagai jembatan penghubung.

talkshow

wah kalo begitu logikanya, kalau kita bisa membuat semakin banyak jembatan maka antara satu sel dengan sel lain bisa mudah terhubung dong.

Pinter Ente sob, dengan semakin banyaknya sinaps akan memungkinkan sel-sel otak tersebut untuk saling mengirimkansinyal atau berkomunikasi lebih banyak pula.

Trus pertanyaannya sekarang, apa yang harus dilakukan agar pertumbuhan emas tahap keduanya ini bisa optimal?

Berikan Enfagrow A+

Hah…? Kenapa harus Enfagrow A+ ?

Jawabannya simple, karena Susu Enfagrow A+ mengandung DHA, FOS & Inulin, Zink, Zat Besi, Vitamin A, C, & E untuk tumbuh kembang bayi maksimal. Susu ini akan memberikan asupan terbaiknya sehingga bayi tidak hanya tumbuh secara fisik, namun juga tumbuh dengan perkembangan otak yang lebih baik.

Sebentar…., perasaan dari tadi susu yang Ente tawarin semua merknya Enfa, emang sebegitu hebatnya kah produk ini ?

Ho ho ho jelas dong, sebagai sahabat Ane tentu harus menyarankan kepada Ente sebuah produk yang punya kualitas tinggi.

Untuk Ente ketahui produk Enfamama A+ dan Enfagrow A+  ini merupakan produksi dari Mead Johnson, Sebuah brand ternama yang terkenal dengan kualitas produknya.

Mead Johnson sendiri punya misi untuk menjadi partner ibu dalam menyediakan nutrisi awal terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak, karena itu Brand ini berkomitmen untuk terus menerus melakukan penelitian dan inovasi dalam bidang nutritional science.

30 studi website-Home Banner-Hiress.13122012

Ah yang bener… ?  jangan – jangan Cuma boongan doang.

Eits… jangan samakan Mead Johnson dengan brand lain yang cuma mengumbar janji doang ya, sampai hari ini Mead Johnson tercatat telah menghasilkan lebih dari 30 studi ilmiah yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak anak.

Salah satu hasil studi ilmiahnya adalah adalah mengenai peranan DHA dalam perkembangan otak anak. Empat studi klinis yang dilakukan terhadap bayi dan anak, dimana terbukti secara klinis bahwa pemberian nutrisi dengankadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal pada bayi dan anak meningkatkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving)i, meningkatkan kemampuan verbal (verbal IQ), dan meningkatkan mental development index sebanyak tujuh point pada tiga tahun  pertama usia Si Kecil.

Waw….. saking takjubnya Ane jadi nggak bisa komen.

Nah dari hasil penelitian itulah Enfagrow A+ ini akhirnya muncul. jadi bisa dibilang kalo Enfagrow A+ ini sangat memegang peranan besar untuk memaksimalkan Periode Pertumbuhan Emas Anak.

Ooo……..

Sekarang paham kan alasan kenapa Ane selalu menyarankan Ente untuk selalu memberikan susu Enfagrow A+ kepada balita Ente.

He he he jadi malu, maaf ya Sob karena tadi sudah meragukan Ente.

Sip.. deh, karena Ente sudah minta maaf, sekarang Ane tambahin beberapa tips keren untuk mengoptimalkan periode emas bayi.

Okeh, ane siap catet nih.

Pertama. ASI adalah faktor paling penting untuk awal pertumbuhan bayi, karena itu wajib hukumnya untuk memberikan ASI pada bayi secara ekslusif hingga 6 bulan.

Lah tadi bukannya Ente sudah jelasin kalo Enfagrow A+ itu adalah susu yang kaya akan gizi dan vitamin yang dibutuhkan bayi?

Emang bener, tapi kualitas ASI tetap tidak akan bisa dikalahkan oleh susu manapun, Mead Johnson sebagai produsen Enfagrow A+ pun paham akan hal itu, karena itulah mereka menyarankan agar dari awal kelahiran hingga 6 bulan bayi diberikan ASI, sedangkan untuk pemberian susu Enfagrow A+ dapat  dimulai ketika usia bayi melewati 6 bulan.

enfagro A+

Okeh ane ngerti, selanjutnya

Untuk poin kedua. Karena Anak usia balita adalah peniru ulung maka biasakanlah untuk memberikan teladan yang baik.

Ketiga, selalu hargai usaha yang dilakukan anak

Keempat, berikan mainan yang bermanfaat untuk perkembangan keterampilan anak seusia mereka

Stop stop…! Pelanin dikit dong Sob,

Wah Ane nggak punya waktu banyak neh buat ngejelasin. Hmm..  atau begini aja deh, ntar Ane kasi Ente alamat website yang super bermanfaat, biar ntar Ente bisa belajar sendiri.

Ehem, sepertinya Ane udah bisa menebak nih. Pasti websitenya Mead Johnson ya

Ho ho ho kok tau.

Tuh kan ^_^           

Mead Johnson itu adalah sebuah Brand yang peduli kepada konsumennya, karena itu sebagai bukti kepeduliannya melalui website http://www.meadjohnson.co.id/ mereka menyediakan berbagai artikel bermanfaat seputar perkembangan bayi. Dijamin deh akan banyak pengetahuan baru yang bakal Ente dapetin disana. Ga percaya ? Nih Ane kasi skrinsutnya

1

belum percaya…? ane kasi lagi deh

8

Dahsyat….!!! Ya udah deh kalo gitu Sob, Ane langsung ke TKP aja, biar bisa belajar banyak untuk perkembangan emas Anak Ane.

Oke deh, selamat belajar sob, dan jangan lupa selalu berikan Enfagrow A+ untuk asupan Gizi Anak Ente

Siapp…..!!!

sumber artikel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s