GUE BENCI MATIC YAMAHA!!


Ha ha ha, kok bisa ya hal sepele seperti itu ngebuat Loe jadi benci dengan motor matic YAMAHA?

Eh Kribo!  kok malah ketawa sih? ini masalah penting tau! hal ini bisa merugikan konsumen Loh!
Hah kok bisa ?

Coba Loe inget-inget, sekarang ini kan YAMAHA udah punya banyak banget produk motor matic, ada Mio, Mio J, Mio Soul, Nouvo, Xeon dan yang paling baru Fino. Nah masalahnya tuh disaat model yang  satu baru keluar beberapa bulan kemudian YAMAHA ngeluarin model baru lagi, ini kan namanya nggak konsisten!
Loh bukannya malah bagus Bhro? Jadi banyak pilihannya?

Bagus gimana? calon konsumen malah jadi semakin bingung dibuatnya. Coba deh jelasin apa bedanya Mio dengan Mio J atau Mio J dengan Xeon? nggak ada kan? Model juga masih mirip-mirip, Wong pabrik dan teknologinya sama, kalaupun ada beda paling Cuma nama doang, Cih…

ini dia neh asal mula Gogon Benci Matic YAMAHA

Wah… wah… sepertinya Loe salah nih ^_^
Salah ? nggak mungkin Bhro.  Gue yakin dengan apa yang Gue lihat,  
Hadeuh…. iya deh,  tapi perlu Loe inget didunia ini setiap orang punya  selera yang berbeda loh, dan kita nggak bisa sama ratakan hal itu. Sebagai contoh, seandainya disuruh pilih satu dari sekian banyak motor matic YAMAHA mana yang Loe pilih?
Jelas Soul GT dong!
Alasannya?
Kesannya lebih laki dan tegas!
Wah kalau begitu selera kita beda, Gue lebih suka dengan Mio J
Mio J? Ih… kecil dan ringan gitu selera Loe??
Yups… karena dengan body seperti itu Gue ngerasa lebih lincah dan leluasa dijalanan
Jiah kalo Gue mah nggak bakal suka dengan yang model begitu.
Nah.. itu dia jawabannya Bhro, YAMAHA sebagai pelopor motor matic di Indonesia sengaja mengeluarkan berbagai model (tipe) motor matic karena mereka paham setiap orang punya perbedaan selera, dan perlu Loe tahu juga setiap model motor YAMAHA itu punya segmen khusus, Gambar dibawah ini mungkin bisa memperjelas maksud Gue.

Jadi maksud Loe kalo yang feminim nggak pantes make Mio Soul gitu?
Ya panteslah Dodool….., gambaran tadi itu Cuma ilustrasi menurut Gue doang. Semuanya kan kembali ke selera masing-masing. Bagi masyarakat Indonesia saat ini kenyamanan dalam berkendara adalah yang nomer satu, baru setelah itu  tipe motor, karena itu sah – sah aja kalo ada Bapak – bapak  yang naek motor Mio yang desainnya menurut Gue feminim.
Cih… iya juga sih, tapi menurut Gue motor matic YAMAHA itu emang lebih cocok buat cewek deh, kalo buat jadi tunggangan cowok sepertinya kurang gimana gitu.
Isu baru lagi neh, Kata siapa tuh?
Ya kata Gue lah
Kalau begitu Loe pasti belum pernah liat Xeon-RC ya? Motor matic injeksi terbaru Yamaha
Xeon-RC ? yang mana ya?
Ini nih contoh orang yang ga ngikutin perkembangan zaman wkwkwk
Dasar Kribo,,..
He he Gue jamin setelah ngeliat Xeon-RC ini pendapat Loe ke matic YAMAHA bakal berubah 180 derajat
WAKAKAKA….. GA MUNGKIN LAH!! GUE KAN UDAH BENCI BANGET DENGAN YAMAHA!
okeh…. ^_^ kita liat besok

[][][][][][][][][][][]

Gimana kesannya Bhro setelah ngeliat kehebatan Xeon-RC ?
Biasa aja tuh
Yang bener…….? tapi ilernya kok keluar tuh Bhro he he
Hah… masa sih *langsung ngelap iler
Ehem… walaupun lumayan keren tapi Gue yakin motor matic injeksi seperti itu punya masalah dengan konsumsi BBM, apalagi motor produksi YAMAHA kan sudah terkenal ‘boros’ dimata masyarakat.
Teeet………….!! Salah Besar!!
Itu nggak bener Bhro, sebagai pengguna YAMAHA Gue harus meluruskan biar nggak salah, untuk produk yang dulu mungkin memang agak sedikit boros, tapi sebagaimana yang disebutkan oleh Om Dedi Mizwar, perbedaannya dengan yang lain itu cuma beberapa tetes saja. 
Sedangkan untuk motor keluaran baru Gue sendiri yang jadi saksi iritnya. Buktinya Mio-J yang selama ini Gue pake tiap hari bisa dipake dua kali  bolak – balik  ke kampus yang jaraknya 30 km hanya dengan Rp.10.000.
Nggak mungkin ! itu kan seperti naik motor non matic
Mungkin dong Bhro…! Dengan teknologi terbaru YAMAHA yang dinamakan Mixture Jet-Fuel Injection (YMJET-FI) konsumsi bahan bakar dapat dihemat hingga dua puluh persen.

20 persen….?
Bener Bhro, karena itu kedepan semua motor YAMAHA akan mengadopsi teknologi ini. XEON-RC sebagai produk teranyar sekarang juga sudah di ‘Install’ teknologi ini.
Okelah Gue percaya, tapi sebenernya gimana sih bentuk YMJET-FI ini? Jangan-jangan sama seperti teknologi yang lama tapi Cuma diganti nama doang.
Ho ho ho beda dong,
teknologi YMJET-FI ini memiliki dua jalur aliran udara yang memiliki fungsi berbeda, satu untuk jalur masuk aliran utama sedangkan yang satunya berfungsi ketika motor dalam keadaan Iddle atau rpm rendah (saat pelintiran gas ditutup),

Loh motor kok bisa tau mesin dalam keadaan Iddle?
He he itulah hebatnya sistem sensor dalam teknologi YMJET-FI. Pokoknya dengan adanya teknologi ini motor Loe bakal lebih..lebih.. Irit he he

Biar lebih mantep penjelasannya silahkan cek video berikut

He he Gimana Keren kan Bhro?
Hm…. tadi Loe bilang Xeon-RC pakai teknologi YMJET-FI juga kan?
Iya Bhro, dan akan menyusul untuk motor-motor YAMAHA yang lainnya.
Nah kalau begitu Xeon-RC ini pasti lemah dong
Hah.. maksud Loe gimana?
Setau Gue kalo sistem pembakaran BBM nya motor dikurangin (dengan tujuan agar lebih hemat) tenaganya juga akan berkurang
Ah Bhro, Loe nggak merhatiin penjelasan Gue sih,

sensor itu tugasnya mengatur besar kecilnya katup untuk pembakaran jadi untuk masalah tenaga Xeon-RC ini juga tetap luar biasa. Buktinya Tenaganya kini ada di 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm. “Ini naik kurang lebih 8 persen dari Xeon terdahulu,” seperti yang dikatakan mas Bayu Astyawanto, dari Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

kira – kira seperti inilah gambarannya

Wow…!
nggak cuma itu Bhro,

Xeon-RC ini juga punya aplikasi yang dinamakan teknologi ‘Low Friction’ yang membuat gesekan antara rocker arm dan noken as jadi lebih kecil. Manfaat teknologi low friction juga bisa dilihat pada sistem kelistrikan tipe AC/DC Open Circuit. Sebagaimana YAMAHA New V-Ixion teknologi ini dapat meng ‘cut off’ pada sistem pengisiannya

ini penampakannya

Waduh.. Loe ngomong apa sih? Gue nggak ngerti
Simpelnya begini bhro,

Pada sistem terdahulu, ketika aki sudah penuh arus listiknya dibuang, sehingga magnet tetap memproduksi arus listrik untuk charging. Tapi pada teknologi saat ini arus listriknya benar-benar di putus, jadi magnet hanya memproduksi arus untuk lampu. Hal ini tentu menyebabkan putaran magnet tidak terlalu membebani kruk as. Sehingga mesin jadi lebih efisien.
Dengan teknologi ini pula aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over charging. Dan yang terakhir adalah, minim gesekan dari fuel pump atau pompa bensin yang sudah menggunakan tipe brushless.

Keren juga ya…
Pastinya Bhro, karena Xeon-RC ini adalah salah satu karya terbaik YAMAHA di awal tahun 2013.
Karya terbaik…? Ho ho ho berlebihan banget, kalo menurut Gue sih Xeon-RC masih belum pantes diberi sebutan seperti itu
He he silahkan tarik kembali omongan Loe setelah liat gambar dibawah ini

Keren Kan…? ^_^

Biar Loe ga penasaran Gue tunjukin juga deh spesifikasi  dari Xeon-RC

spesifikasi keren

Ada komentar Bhro…..?
Glek……!!
Eh… eh… ini teknologi aman nggak? Jangan-jangan YAMAHA Cuma mikirin model fisiknya doang tanpa memperhatikan dampak  ke lingkungan
Jangan khawatir Bhro, teknologi YMJET-FI ini bener-bener aman, bahkan teknologi ini lahir sebagai bentuk kepedulian YAMAHA terhadap lingkungan. Teknologi canggih ini sudah sesuai loh dengan standar Euro 3.
Tapi percuma aja pake teknologi canggih kalo cepet rusak
Eits…… jangan khawatir Bhro, YAMAHA pasti menggunakan bahan berkualitas untuk produknya, nih contohnya

Kualitas Tinggi semua Coy….

Selain kualitas YAMAHA juga memberikan garansi mesin selama 5 TAHUN, keren kan ^_^. Oh iya seandainya tempat tinggal Loe rawan banjir mesin Xeon-RC ini punya ketahanan 8 jam terendam air loh.
t…. terus bagaimana dengan harganya? Pasti mahal ya? Xeon yang keluaran dulu aja 16 jutaan
Teet…….! Salah!
Walaupun teknologi dan tenaganya lebih hebat, tapi harga Xeon-RC ini justru lebih murah satu juta dari pendahulunya loh, tepatnya Rp. 15.100.000 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, untuk daerah lain paling beda dikit.

wwkwkwk si Gogon kaget dengan harganya

Yah… kabur dia, Gue yakin si Gogon pasti udah kehabisan kata-kata saking takjubnya dengan Xeon-RC ini he he Rasain.
[][][][][][][][][][][][][][][][]

hari berikutnya…….

wow… Gogon ternyata…..

Gogon…?!!
Loh…? Kemarin Katanya Loe Benci dengan YAMAHA? Tapi Sekarang kok malah pake YAMAHA Xeon-RC sih?
He he sebagaimana kata  pepatah bijak Bhro,
‘Benci dan Cinta itu ternyata bedanya tipii…..ss banget’ setelah diskusi kemarin akhirnya Gue sadar, ternyata “Gue itu Cinta banget dengan YAMAHA……..!!!”
Ha ha ha bisa aja.
Yee Ini beneran, berkat Loe juga Gue jadi paham kenapa masyarakat Indonesia harus segera beralih ke Xeon-RC ini
Emang kenapa?

Ada 3 faktor utama Bhro

Karena Xeon-RC ini Bertenaga tapi tidak boros BBM

Canggih namun Ramah lingkungan

Mewah tapi harganya standar

He he Iya ya, keren juga Loe bisa dapet kesimpulan seperti itu. Btw yang dateng bareng Loe itu siapa? Sepertinya bukan Anak sini deh
Oh itu sepupu Gue, kebetulan baru dateng dari luar nagri. Dia terkenal loh, dan loe pasti kaget kalo tau siapa Dia
Wew… siapa ya? Gue jadi penasaran
Eh Coy.. sini ! Temen Gue Bedel Kribo mau kenalan nih.

ternyata…..???

Bukaaaan……!!!! Dia itu Lorenzo!!
Lorengzo…??

Lorenzo….!!!! Jorge Lorenzo !! yang Juara dunia motor GP 2012 kemaren!!!
Oh…

Asal Loe tau ya kepanjangan RC dari Xeon-RC yang Gue pake ini adalah Racing Champion, sebuah nama yang dipakai untuk merayakan keberhasilan Lorenzo menjadi juara dunia.
Oh….

Loe ini dari tadi oh… oh.. terus padahal nggak ngerti apa – apa.
Sekarang Loe mau ikut ga? Gue mau ajak Lorenzo beli gorengan nih
Ikut…………….!

Ayo buruan naik, Biar Loe Tau gimana rasanya naik Sepeda Motor Keren, Cepat, dan Canggih.
Oh iya buat Sobat yang pengen tau varian warna Xeon-RC selain yang Gue pake ini, silahkan cek gambar dibawah. Gue jamin Loe pasti bakalan ngiler  he he he
Bener banget tuh he he

Yuk Berangkat…..!

Keren Semuaa……..

sumber :
http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc/

http://tmcblog.com/2012/04/06/mengupas-sistem-injeksi-untuk-motor-cc-kecil-ymjet-fi-yamaha/

http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/10/337532/33/12/Penyempurnaan-Mesin-Xeon-RC-Aplikasi-Teknologi-Low-Friction

http://youtube.com

34 thoughts on “GUE BENCI MATIC YAMAHA!!

  1. hengkyie

    Superr………….!!!
    gw paling demen neh artikel yang model begini,
    walopun panjang ga bosen bacana
    gw jadi penasaran neh dengan Xeon, cz naek mio aja udah mantep apalagi yang ini
    good artikel bhro

  2. ocky

    komik di campur artikel jadinya hebat juga ya
    keren Gan, Ane jadi lebih menikmati kontentnya, gambaran XEON RC nya juga jadi lebih kerasa. ane kasi nilai 9,5 dari 10
    good luck ya

    1. ha ha ha kok kesannya ane kek jualan bakso ya wkwkwkwk
      dari sminggu kemaren capek ngumpulin materi Bhro, pengennya sih cepet2 tapi banyak yang harus diperbaiki ^_^
      Ane langsung ke TKP Ente neh
      oiya tengkyu ya udah mampir
      salam sukses Bhro

    1. Ah Ente berlebihan neh, tapi itulah hebatnya kompetisi bhro, karena banyak saingan kita jadi bisa berpikir lebih dan kreatif ^_^
      tengkyu udah mampir ya
      ntar ane ke tempat ente
      sukron

    1. tengkyu berat Gan ^_^, penggunaan komik ini sebenarnya cara ane biar yang baca nggak bosen (semoga berhasil)
      terimakasih kunjungannya ntar ane maen ke tempat Ente
      salam sukses ya

  3. dungplakdungces

    salah satu blog super duper kreatif yg pernah gua baca dalam bbrp tahun terakhir! keep writing brooo broo bro oo o o… *efek echo

Leave a Reply

