“HapUs”, itu Kebanggan Versi Ane


Hahaha lebay ah,
Loh kok lebay?
Lagian ngapaen juga ampe dibuat singkatan kek gitu, biasa aja kalee
Eits…… jangan salah ya. Ente kira Ane main-main ngebuatnya? Asal Ente tau Bhro Butuh renungan panjang loh untuk Ane  ngedapetin singkatan itu

Hah……yang bener…?!
Beneran
Ahahaha boong banget, Ane Ga percaya
Emang kalo nggak ngalamin prosesnya secara langsung bakalan sulit percaya, gini aja deh sekarang Ane kasih satu pertanyaan buat Ente
Okeh, Ane siap. Apa pertanyaannya?
 “Definisi Kebanggaan buat Ente apa?”
hah…? gampang banget, ga ada soal lain yang lebih sulit ?
Nggak ada, pokoknya sekarang jawab aja itu dulu

 
Hehehe setelah ngedenger jawaban Ente, jadi kek ngeliat diri Ane di masa lalu
Maksud Ente apa…?
Dulu Ane juga pernah punya pemikiran seperti itu Bhro
Tuh kan, jadi jawaban Ane bener dong

*ngangguk
Yesss……
Tapi sebenernya semua jawaban yang bakal Ente keluarin pasti bakalan Ane benerin kok Bhro Hehehehe
Loh kok bisa..?
Karena yang Ane tanyakan itu kan Definisinya menurut Ente bukan orang lain jadi terserah Ente mau jawab apa.
Iya juga ya, nah tapi kalo gitu kenapa Ente sekarang punya pengertian beda tentang kebanggaan? Padahal katanya  dulu pemikiran kita sama?
agak panjang kronologinya Bhro, mo Ane ceritain…?
Ga papa deh, asal penjelasannya keren¬

Gini Bhro,
Dulu Ane pernah punya anggapan kalo salah satu cara agar Ane bisa cepat berkembang adalah dengan punya kebanggan. Nah bagi Ane, waktu itu pengertian kebanggaan adalah pengakuan.

Karena mindset itu juga Ane jadi kepikiran kalo kebanggaan itu Cuma berbentuk  
•    juara Satu lomba
•    karya hebat yang disukai orang
•    rangking satu di kelas
•    punya barang keren
•    punya pacar cantik
•    dll
Intinya semua yang nomor satu itulah yang dimaksud dengan kebanggaan

loh…. Tapi kenyataannya emang begitu kan? Ada kebanggaan besar sewaktu jadi no 1
bener, tapi  kurang tepat
nah lo Ane jadi bingung

jujur ya Bhro, nggak selamanya menjadi juara itu membanggakan,
lha.. kok bisa…?
Ada kan orang yang juara karena cara curang? Ada juga kan orang yang melakukan berbagai macam cara biar dapet juara atau sampai di posisi tertentu….? Nah kalau seperti itu apa bisa dibanggakan…?
Hm…… nggak sih

Wow…..
Quote Rizky dari novel CINE US di halaman 226 ini yang semakin menyadarkan Ane kalo sebenernya kebanggaan itu bukanlah pengakuan yang berupa juara 1, 2 atau 3. Melainkan…

Stop…! Ane potong dulu,
Kok bisa pendirian Ente berubah gara-gara satu quote ga jelas…?
Ga jelas gimane…? Quote itu kan dari novel…..
Eh bentar, Ente ini sebenernya pernah baca novel CINE US nggak sih….?
CINE US….? Eh yang mana ya….?
*tepok jidat
Itu novel terbaru dari Noura Books Bhro, isinya keren. Tentang perjuangan sekelompok pelajar yang mempertahankan klub film sekolahnya.  Ceritanya ringan tapi sarat makna,
Eh…. Siapa nama Pengarangnya ….?
Namanya Evi Sri Rezeki, pengarang muda  yang narsis 🙂
Narsis….? Kok Ente bilang gitu?
Ahahaha makanya harus baca novelnya, ntar di halaman 148 Ente bakalan tau apa alasannya

 
Okeh….. nanti Ane cari novelnya, sekarang lanjutin lagi penjelasan Ente.
Sampai mana tadi…?
Sampai arti kebanggan yang sebenernya
Oh iya, akhirnya Ane sadar kalau sebenernya kebanggaan yang Ane butuhkan untuk berkembang itu sebenernya adalah “HapUs” (Happy dan Puas)

Coba jelasin gimana ceritanya Ente bisa berkembang dengan mindset baru HapUs ini…?
Sebenernya ini bukan mindset baru Bhro, dan sudah lama ada. Sayangnya  baru Ane sadari beberapa waktu lalu. Tapi walau begitu sudah ada banyak perubahan positif yang Ane dapet dari mindset ini.  

•    Lebih Produktif

Dengan mengartikan kebanggaan sebagai kesenangan (Happy) Ane bisa menghasilkan lebih banyak karya tanpa terpengaruhi yang namanya pengakuan. Kok bisa ? karena kebanggan disini lahir bersamaan dengan proses yang Ane lakukan, bukan dari pengakuan orang-orang.

•    Lebih Berpikir Positif

Mengartikan kebanggaan sebagai kepuasan membantu Ane untuk dapat lebih cepat “Move On”. Bagaimana caranya?  Saat Ane tidak dalam posisi juara mindset ini membantu untuk memberikan pemahaman pada kalau karya sang juara kali ini memang lebih baik.
Hebatnya lagi dengan berpikir positif Ane jadi mempelajari dan memahami berbagai kelebihan yang dimiliki sang juara untuk kemudian kelak di terapkan dalam karya Ane selanjutnya.

 

Aje gile…. Hanya dengan ngerubah mindset doang banyak hal bisa berubah ya
Pastinya Bhro,
Jujur ya dengan Ane mengartikan ‘Kebanggaan’ sebagai ‘Kesenangan’ dan ‘Kepuasan’ semangat berkompetisi Ane jadi semakin bertambah. Bertolak belakang banget keadaannya sewaktu  ane masih mengartikan ‘Kebanggan’ sebagai ‘Pengakuan’.
Hehehe Ente inget ga waktu dulu Ane frustasi abis sewaktu tulisan Ane  ditolak panitia lomba
Hahaha inget, saking downnya Ente sampai ga mau nulis artikel lagi
Karena itu jangan anggap remeh mindset
iya sekarang Ane jadi paham gimana perjuangan Ente nyari mindset ‘HapUs’
he he he
eh tapi kalo diliat dari penjelasan Ente tadi, berarti pengertian kebanggaan menurut Ane selama ini salah dong
eits… ane ga pernah bilang gitu ya,
setiap orang punya pemikiran berbeda loh jadi ga bisa dipukul rata gitu. Semua tergantung masing-masing. Tapi kalo boleh saran sih mending Ente baca novel CINE US dulu deh,

(ssst…. ini penampakan Book Trailernya)

Ane yakin setelah baca  Ente bakal mengerti arti dari Kebanggan dan bisa nemuin mindset  yang pas buat Ente  
beneran….?
Trust Me 🙂
Oke deh, kalo begitu ayo temenin ane ke toko buku
Okeh, let’s go

Advertisements

22 thoughts on ““HapUs”, itu Kebanggan Versi Ane

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s