‘Suara.com’ Simple, Cepat dan Terpercaya


komik 1aplod
Ngomong-ngomong suara.com ini portal berita baru ya….?
Iya Bhro, umurnya masih muda banget, lagi unyu-unyunya nih 🙂
Hohoho pantesan Ane baru denger.
Nah karena masih muda, mereka meminta bantuan kita untuk nge-review. Gimana… Ente Sanggup nggak..?
Pasti bisa donk!
Sip.. ! kalo gitu nggak usah pake lama, kita langsung mulai.
Josh…..!
terlalu kosong
Tampilan

Waktu pertamakali mengunjungin suara.com ada satu kata yang langsung terbayang di otak Ane “minimalis”
Bener banget Bhro, dengan dominasi warna putih web ini menjadi tampak fresh. Entah kenapa kesan yang diberikan membuat Ane merasa lebih lega gitu.

Nah bagian yang menarik dari suara.com itu bagi Ane ada di side bar menu “POPULER”. Berita yang ada disana itu benar-benar Fresh dan Hot. Pokoknya sebelum liat berita yang lain sub menu “POPULER” harus menjadi yang nomer satu Ane lihat.
Sepakat, pemberian warna biru di box-nya itu membuat pandangan kita langsung terarahkan menuju kesana. Keren!

Entah berpengaruh atau tidak, tapi Ane merasa kalau warna dominan putih itu mempengaruhi kecepatan loading.
Hahaha perasaan Ente doang kali
Serius loh, dibandingkan dengan portal sejenis yang memakai warna lain, suara.com jelas jauh lebih cepat.
Wkwkwkw ada-ada aja
Eh tapi kalo mau dibandingkan dengan web lain suara.com ini punya kelebihan dalam layout iklannya.
Setuju banget.
 iklan suara
Penempatan iklannya pas banget di bagian header, karena hal ini tidak menganggu pembaca. Kemudian iklan dibagian sidebar kanan juga proporsional. Tapi walau begitu ane berharap ke suara.com kedepannya dapat tetap konsisten menempatkan iklan pada tempat yang pas.

Lah emang kenapa bhro..?
Ente tau sendiri kan kalo sekarang portal berita yang udah bernama punya banyak banget iklan pop up yang bertebaran dihalamannya. Emang sih iklan adalah nyawa dari sebuah website, tapi paling tidak dibatasi lah jumlah pop up yang muncul di setiap halamannya.
Ane setuju Bhro.

Sebagai pembaca Ane juga punya 4 saran tentang desain suara.com
Apa aja tuh….?

Pertama :
“ketika tidak ads atau banner di bagian header. suara.com jadi terlihat begitu kosong. Namun dari tampilan kosong itu bisa terlihat kalo ukuran logo suara.com saat ini yang berada di pojok kiri atas kurang besar. Jadi sarannya agar logo di header itu agak diperbesar dan posisinya agak dinaikkan sedikit ke atas.”
 logo kurang besar

Kedua:
“letak kotak pencarian di pojok kanan atas memang bagus, namun alangkah lebih bagus lagi jika posisinya di sejajarkan dengan logo”
 logo kurang pas

Ketiga :
Tampilan 10 kanal Andalan suara.com menjadi kelihatan tidak rapi akibat foto-foto thumbnail yang ada dibawahnya. Memang sih kadang berita dan  foto tersebut tidak berhubungan dengan kanal yang di atasnya, namun tetap saja terlihat mengganggu.
 foto dan kanal ngggak pas

Keempat :
Warna dominan putih memang memberikan kesan minimalis. Namun disatu sisi tampilan seperti juga terlihat hambar, karena itu alangkah baiknya lagi jika suara.com menambahkan sedikit warna lain untuk mengubah kesan itu.
 hambar

Oke… oke… saran dan ide Ente itu emang bagus, tapi apakah Ente juga sudah membayangkan bagaimana jadinya suara.com kalau menerapkan saran Ente….? Ane khawatir bukannya bertambah bagus tapi suara.com malah jadi terlihat Aneh.
Hehehe selera orang kan memang berbeda-beda, saran itu juga kan menurut pandangan Ane pribadi. Tapi jujur Ane sudah bisa membayangkan kok bagaimana tampilan suara.com ala Ane. Soalnya tadi sempat iseng utak atik gambar di sotoshop wkwkwk.
Oh ya…? mana tunjukin dong penampakannya.
 suara dot com idaman ane

Wow…. Boleh juga
hehehe 🙂

Konten
Nah kalo tadi kita sudah membahas suara.com dari segi desain, sekarang bagaimana kalo kita coba lihat dari segi isi atau kontennya
Suara.com punya cara yang khas dalam mengabarkan berita. Jika selama ini portal lain biasanya dalam menuliskan berita itu biasanya cukup panjang, maka suara.com sebaliknya, berita yang ditulis di portal berita ini biasanya terdiri dari 130 sampai 460 kata saja

Trus menurut Ente itu bagus ga…?
Menurut Ane sih itu menarik, kenapa…? Karena walaupun singkat tapi berita-berita yang ada di suara.com itu sudah menggunakan kaidah jurnalistik 5w1H sehingga mampu menampilkan inti dari keseluruhan cerita. Jadi kalo diibaratin manusia “suara.com itu adalah tipe orang yang blak-blakan dan bicara langsung ke inti”
 Artikel basa basi

Hmm… Bener juga ya, tapi Bhro sewaktu Ente melihat kanal-kanal di suara.com ngerasa ada yang janggal nggak…? Seperti ada yang kurang begitu..
Oh.. Ente juga ngerasa seperti itu ya…? berarti pemikiran kita sama, Ane juga merasa ada satu kanal “wajib untuk saat ini” yang tidak tercantum disana.
Apaan tuh…?
Kanal “Politik”

Ah ya…, memang sih menu “Politik” itu bisa masuk ke kanal ‘News’. Tapi dalam kondisi seperti sekarang yang dekat dengan pemilu Ane rasa “Politik” mesti punya tempat sendiri.
Bener…! Alasannya simple “Karena Pembaca Nggak mau repot”. Apalagi sekarang pilihan terhadap media online banyak sekali, oleh karena itu kemudahan menemukan berita seperti ini perlu diutamakan.
 kanal politik

Selain kanal news dan politik, kanal lain yang nggak kalah pesonanya itu adalah kanal “BOLA”. Keputusan untuk memisahkan kanal bola dan olahraga memang tepat sebab tingkatan kesukaan masyarakat kita kepada sepakbola dibandingkan olahraga lain itu sangat jauh.

tampilan bola

Sip.. tapi sama seperti sebelumnya menurut perlu ada sedikit  permainan warna di backgroundnya untuk halaman yang membahas bola ini

Nah itu dia Bhro, sebagaimana yang kita tau pembahasan tentang bola sangat banyak di dunia maya ini, karena itu salah satu yang menentukan minat pembaca adalah inovasi berita dan tata web. Untuk suara.com yang warnanya dominan putih Ane rasa perlu untuk sedikit memberikan kombinasi warna untuk setiap liga besar yang ada.  Misal :
Liga Itali          : biru
Liga inggris    : merah
Liga spanyol  : orange
Piala dunia    : kuning
Seperti tampilan kanal lifestyle yang penuh warna ini pembaca akan menjadi lebih tertarik.
 lifstyleee

Selain itu jika bisa suara.com bisa menampilkan gambar best moment dalam setiap pertandingan pasti akan menambah point ketertarikan pembaca, tak mudah memang tapi jika bisa terlaksana suara.com akan menjadi incaran pemburu berita bola.

Tagline Suara.com
Setelah mengeksplorasi berbagi menu dan kanal yang ada Ane akhirnya menemukan sebuah tagline yang pas untuk suara.com yaitu :

 simple cepat terpercaya

Simple :
Hampir semua berita, artikel maupun video yang ada dalam suara.com ini telah disusun secara rapi, ringkas dan padat. Hal itu membuat pembaca jadi langsung mengetahui inti dari sebuah berita tanpa pembahasan yang bertele-tele.

Cepat :
Dengan memiliki banyak kontributor yang penuh semangat, berita suara.com selalu hadir fresh dan up to date. Tanpa perlu menunggu lama selalu saja ada berita baru yang muncul. Apalagi untuk berita-berita populer dari dunia sepakbola, walaupun pertandingan belum selesai tapi tetap saja beritanya sudah muncul. Kereeen

Terpercaya :
Orang dibalik suara.com adalah mereka yang penuh dedikasi dan semangat. Karena itu berita-berita yang didapatkan pun tidak sembarangan, semua memiliki sumber terpercaya.

 tips

  1. Saat ini cara tercepat dan terbaik untuk mengenalkan diri adalah melalui jejaring social, karena itu langkah suara.com mengadakan lomba blog terbilang tepat.
  2. Memanfaatkan facebook & twitter, yang dimaksud disini bukan hanya sekedar share post saja, melainkan mengadakan mini game. Tak perlu hadiah yang besar, pulsa 10.000 pun sudah cukup untuk memancing banyak pembaca ke web asal dilakukan konsisten selama beberapa waktu
  3. Manfaatkan momen fenomenal saat ini. Pilkada beberapa waktu lalu adalah contoh yang tepat. Disaat media lain membahas caleg yang berhasil suara.com bisa sebaliknya malah membahas caleg yang stress akibat gagal terpilih.

kesimpulan

 

 

Advertisements

3 thoughts on “‘Suara.com’ Simple, Cepat dan Terpercaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s