Resolusi Hijau…? Memangnya Penting ya….?


“Resolusi Hijau kamu di tahun 2015 ini apa…? “
Aku langsung terdiam ketika membaca tema kontes blog yang diadakan oleh The Nature Conservancy Program Indonesia.

“Resolusi Hijau…? Memangnya Penting ya…?” begitu yang kupikirkan.
Jujur saja Sobat, sebelumnya tak pernah terlintas di benakku untuk membuat resolusi tentang kegiatan – kegiatan yang berbau penghijauan seperti itu.

Wah berarti kamu tidak peka dengan alam ya…?
Bukan begitu Sobat, aku pernah kok terlibat dalam kegiatan pembuatan bibit, perawatan hingga penanaman pohon di gunung. Hanya saja aku ini bukanlah tipe orang yang suka membuat rencana, Kebanyakan apa yang kulakukan itu spontan.

Apalagi untuk membuat Resolusi Hijau, tinggal di lingkungan pedesaan yang masih hijau dan asri membuatku jadi tak terlalu memikirkan hal-hal jauh diluar sana, mungkin inilah efeknya dimanjakan oleh alam. 😀

Tapi setelah membaca dan melihat fakta yang disajikan oleh The Nature Conservancy Program Indonesia dalam websitenya aku mulai berpikir “bagaimana jadinya nanti tempat tinggalku dimasa depan jika orang-orang yang merusak alam dengan alasan untuk kepentingan manusia datang?”

Atas dasar hal itu aku mulai mencoba untuk membuat beberapa rencana penghijauan yang mungkin bisa dilakukan di tahun 2015 ini. Awalnya aku menganggap sepele hal ini, tapi seiring berjalannya waktu aku sadar ternyata tidak gampang membuat rencana yang tepat. Sebenarnya sangat banyak ide yang muncul, namun entah kenapa rasanya sebagian besar dari ide itu belum siap untuk ku laksanakan.

Akhirnya setelah melewati proses berpikir yang tak sebentar 2 resolusi pun akhirnya muncul.
Loh kok Cuma 2 resolusi….?

Yah sedikit memang, tapi bukankah lebih baik sedikit tapi bisa diwujudkan semua daripada banyak namun akhirnya Cuma menjadi sebatas rencana saja, alias tak bisa diwujudkan.

Resolusi yang pertama kutujukan untukku pribadi, untuk mengubah kebiasaan boros energi yang selama ini kulakukan. Lalu langkah apa saja yang akan kuterapkan di tahun 2015 …? :

  1. Mulai tahun ini aku akan lebih banyak menggunakan sepeda dalam beraktivitas. Serta mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.
  2. memanfaatkan secara efektif lahan pekarangan dirumah untuk tanaman hortikultura.
  3. memanfaatkan secara efektif energi listrik untuk rumah tangga. Karena selama ini seringkali energi listrik kugunakan secara tidak bijak.

Yah… kok resolusinya biasa – biasa saja…..?
Biasa….? Mungkin benar, tapi percayalah Sobat jika resolusi yang biasa ini berjalan dengan baik apalagi mampu mempengaruhi satu atau dua keluarga yang lain resolusi ini akan berubah menjadi luar biasa 😀 .

Nah untuk resolusi kedua lebih kutujukan untuk para generasi muda (anak-anak SD, SMP dan SMA).
Mengapa…?
Karena ditangan merekalah kelak nasib bumi ini ditentukan. Dengan memberikan pemahaman dan mindset yang benar sejak dini aku yakin akan membuat mereka sadar dan peduli bumi sebagai tempat hidupnya.

Lalu bagaimana cara memberikan pemahaman kepada mereka..?
Cara yang akan kugunakan adalah lewat komik.
Komik…?
Ya kebetulan membuat komik adalah salah satu hobiku. Dan di tahun lalu aku sering memasang komik buatanku dalam majalah dinding sekolah – sekolah di sekitar tempat tinggalku.
Nah berhubung tema tahun ini adalah “Resolusi Hijau” maka komik yang akan kupasang di dalam mading – mading sekolah itu adalah tentang kecintaan terhadap lingkungan dan hal – hal yang dapat merusaknya.
komik oke aplod
Aku merasa resolusi kedua ini adalah yang terpenting sebab apabila kita sukses menanamkan “mindset” cinta lingkungan pada mereka aku yakin pemahaman itu akan terus terbawa hingga dewasa nanti.
Wow…..
Nah inilah Resolusi Hijauku untuk tahun 2015, tak terlalu banyak memang tapi aku yakin bisa lebih mengoptimalkannya nanti. amin

Advertisements

One thought on “Resolusi Hijau…? Memangnya Penting ya….?

  1. Bener tuh, mesti dari yg kecil dulu baru yg besar. :’)
    kelihatannya aja mudah dan simple, tapi apply nya cukup sulit kalo gak didasari niat dan mindset ke setiap orang 🙂
    aku setuju jg nih sama cara yg kedua, coba aja buat poster** begitu bernuansa komik. bagus karya nya, up up up sobat :’)
    good luck yaa buat kompetisi nya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s