4 Cara Asyik Mengenalkan Makanan Sehat Untuk si Kecil


karnaval gizi 1 aplod
Eh tau nggak Sobat, Mengenalkan sayur-sayuran kepada si buah hati itu memang gampang – gampang susah.
Lho….?
Iya sebab sayuran kan berbeda dengan buah-buahan yang rasanya manis. Untuk suapan pertama kali mungkin si kecil mau mencoba tapi… ketika si kecil ini nanti sudah tahu rasa asli dari sayuran tersebut maka suapan kedua… ketiga… dan seterusnya akan semakin sulit.
Wah iya bener banget 🙂
Sayang sekali kan, padahal banyak sekali kandungan bermanfaat seperti serat, vitamin, dan mineral.
yang berada dalam sayur-sayuran berasa pahit tersebut.

Trus gimana dong caranya biar si kecil mau mengkonsumsi sayuran…?
Sebenarnya ada banyak cara untuk menyiasatinya Sob, tapi cara yang disebutin disini adalah tips yang paling sering sukses waktu diterapin ke adik – adik Ane yang umurnya masih 4 – 5 tahun. ini dia 4 tips andalan Ane, Cekibrot :

Mengenalkan manfaat sayuran dengan video
Menurut Ane ini adalah cara yang paling asyik, kenapa…?  sebab kita hanya perlu mencari video yang tepat lalu memperlihatkannya kepada si kecil. Untuk awalnya mungkin si kecil akan meminta penjelasan mengenai video itu, tapi ketika di pertontonkan untuk kedua kali dan seterusnya dia akan bisa menikmati video itu dengan mandiri.
Video yang Ane sarankan dipertontokan untuk menerapkan cara ini adalah lagu-lagu anak jaman dahulu yang sarat dengan pesan moral dan cerita tentang 4 alien imut gendut berwarna warni ini.
 karnaval gizi 2 aplod
Mengenalkan manfaat sayuran dengan gambar menarik
Hampir sama dengan cara sebelumnya, namun level untuk cara ini sedikit lebih melelahkan karena harus tetap menemaninya untuk menjelaskan pengertian dari gambar. untuk tips kedua ini cerita bergambar akan lebih efektif  sebab dengan begitu kita bisa memodifikasi isi bacaannya agar lebih cocok dan bisa sesuai dengan  yang di targetkan pada si kecil.

Memodifikasi makanan agar menarik
Nah kalau 2 tips  yang sebelumnya adalah cara tidak langsung, maka tips ke 3 iniini adalah kebalikannya. untuk membuat si kecil mengkonsumsi sayuran Sobat bisa langsung mencampurkan sayurannya ke makanan si kecil. dan tentu saja Sobat juga harus memodifikasi bentuknya agar dia tidak curiga 😀 . bubur atau jus adalah pilihan terbaik.
 karnaval gizi 3 aplod
Eh sobat, dari tadi Ane perhatikan kok sepertinya tips yang Ente bagikan lebih banyak lewat media visual saja ya…?
Betul banget Sob, sebab anak-anak itu terbukti memang lebih mudah di alihkan perhatiannya oleh media visual. Tapi bukan berarti media audio tidak efektif ya Sobat 🙂 . Seperti yang Ane bilang sebelumnya tips yang dibagi disini adalah apa yang paling sering Ane praktikkan.
Tapi menurut apa yang Ane perhatikan selama ini ada satu media audio loh yang efeknya cukup mempengaruhi si kecil.
Apa itu…?

Mengenalkan Manfaat Sayuran lewat Nasehat Teman sepermainan
Bingung ya Sob…?
Hihihi tapi cara ini bener bisa dicoba loh, sebab Ane sudah melihat buktinya. Beberapa waktu lalu Adek Ane bertemu dengan sepupunya yang seumuran yang ternyata sangat menyukan wortel. Percakapan antara keduanya memang tidak terlalu banyak tapi benar-benar efektif, kira kira begini percakapannya ketika Adek Ane melihat sepupunya makan wortel.

Adek Ane : enak…?
Sepupu     : iya, rasanya seperti pepaya
Adek Ane : beneran…?
Sepupu     : iya, kata mama sehat untuk mata
Adek Ane : ……….

Setelah itu Adek ane jadi tiba-tiba suka wortel 😀
Wow….?
Idenya boleh juga Sob, coba deh di share biar tambah banyak orang yang tahu
Tenang Sob, sekarang ini udah banyak kok yang yang share berbagai tips keren cara mengenalkan sayuran kepada anak-anak, bahkan ada loh salah satu brand Susu ternama yang sampai mengadakan acara “Karnaval Melek Gizi” bertepatan dengan “hari Gizi Nasional” tanggal 25 Januari Kemarin.

Beneran…?
Iya, adalah Sarihusada yang mengadakan acara “Karnaval Melek Gizi” itu. yang bikin Ane kagum ternyata acara Karnaval Gizi itu sudah berlangsung selama 5 tahun loh.
Wow….
Tapi sebenarnya apa saja sih acara di karnaval itu…?
Banyak banget sob dimulai dengan melakukan parade dari halaman Museum Nasional, menuju Bundaran HI kemudian ke Monas “Karnaval Melek Gizi” menawarkan banyak acara menarik. Antara lain : Parade Ondel-Ondel berhiaskan kostum buah dan sayuran, Parade kostum buah dan sayur, Parade musik tradisional.

Bagian yang tak kalah menariknya dari acara ini adalah kehadiran Chef  Muto, seorang host dari program televisi KunFu Chef yang memperlihatkan kreativitasnya dalam membuat makanan enak nan bergizi namun tetap mampu menarik perhatian si kecil.

karnaval gizi 4 (sumber gambar: nutrisi anak bangsa)

Lalu bagian terpenting dari acara ini adalah adanya program konsultasi gizi kepada masyarakat. Jadi intinya dalam program ini masyarakat dapat bertanya tentang apa saja seputar gizi kepada ahlinya, baik itu mengenai menu makanan, tips memberi makan si kecil dll.

Wah lengkap banget ya acara ini, mulai dari olahraga, hiburan sampai dengan pendidikan ada semua.
Iya, tapi akan lebih sempurna lagi kalau Sarihusada punya mascot khusus agar anak-anak lebih mudah mengingat event “Karnaval Melek Gizi”. Lalu untuk acara ini kedepan Ane berharap banget agar bisa di dokumentasikan dengan professional dan kemudian di upload di internet, sehingga semua orang bisa menikmati sekaligus mendapatkan ilmu dari “Karnaval Melek Gizi” sekalipun tidak datang ke acaranya langsung.

Semoga di tahun berikutnya “Karnaval Melek Gizi” bisa semakin meningkat kualitasnya dan dapat memberikan semakin banyak manfaat kepada bangsa Indonesia.
Aminn….

#KarnavalGizi

Advertisements

3 thoughts on “4 Cara Asyik Mengenalkan Makanan Sehat Untuk si Kecil

  1. hemmm.. bolehlaah.. request artikel donk.. coba ambil topik tips bljr bhs asing menyenangkan bagi para remaja.. soalx bgiku kykx bljr bhs asing it susah jg kalo cmn di jelasin n bljr di sekolah sama guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s