JANGAN DOWNLOAD APLIKASI BUKALAPAK.COM…..!


gambar-1

Intro

~Jam 12.30 wita~

Perasaan Ane siang ini nggak bisa diungkapin dengan kata-kata, pokoknya gelisah aja.

Kegelisahan ini bukan karena ada masalah atau apa, tapi mungkin lebih kearah khawatir gitu.

“Ane ditipu atau nggak ya…..?” itu kalimat yang terus berputar-putar di otak Ane

Beberapa hari yang lalu Ane ngejual Game di salah satu forum terbesar Indonesia, memang sih harga Konsol game yang Ane jual nggak murah, jadi wajar kalau akhirnya si ‘buyer’ minta pakai rekening bersama untuk meminimalisir penipuan.

Nah.. yang jadi masalah beberapa waktu yang lalu ada salah satu ‘Rekber’ di forum itu yang kabur membawa semua uang kliennya, parahnya lagi nggak ada kejelasan kapan uang yang ‘terbawa’ itu akan dikembalikan.

Ini dia yang ngebuat Ane Galau setengah mati (lebay)

“Konsol Game ini jadi dijual nggak ya….?”

Disatu sisi Ane ragu, tapi disisi lain Ane juga lagi butuh duit.

“Santai aja Gan, Ane sering kok pakai jasa rekber yang satu ini. dijamin aman deh” begitu buyer Ane meyakinkan.

Akhirnya dengan setengah hati Ane mengiyakan, dan begitulah transaksi via Rekber akhirnya dilakukan.

~Jam 16.00 wita~

“yey……! Akhirnya buyer udah mengkonfirmasi kalau barang diterima, dan duit dari rekber pun bisa di cairkan”

Alhamdulillah….

Ini memang bukan transaksi jual beli online pertama Ane, tapi transaksi inilah yang paling ngebuat Ane deg-degan….

“Fiuh……. Berikutnya harus cari metode lain nih biar transaksi onlinenya nyaman” pikir Ane.

 gambar-2

Berkenalan dengan Aplikasi Bukalapak.Com

Iseng-iseng searching di internet tentang aplikasi jual beli yang aman Eh malah nemuin kompetisi blog bukalapak.com.

gambar-3

Dalam kompetisi itu kita diminta mereview aplikasi khusus buatan bukalapak untuk pengguna mobile.

Wah kebetulan banget, Ane kan belum pernah nyobain belanja di toko Online yang satu ini.

“Wokeh…. Tantangan Ane terima!”

Ga pake lama Ane pun langsung download aplikasinya.

gambar-4

Cuma beberapa Klik.. klik… klik… doang, eh tau-tau udah kepasang aja aplikasinya di smartphone (ya iyalah) 😀 😀 😀

Berhubung emang lagi butuh banget Tongsis buat ngeronda Ane langsung nyalain aplikasi bukalapak  untuk nyari Tongsis.

Oh iya Sob, akan lebih bagus lagi kalo sebelum mulai menjelajahi aplikasi bukalapak ini Ente sudah log in menggunakan bukalapak Ente.

gambar-3b

Masih belum punya akun Bukalapak.com?

Tenang….. cara daftarnya gampang kok, Ente tinggal sub menu yang ada di pojok kiri aplikasi, atau lebih gampangnya geser aja jari tangan ke Kanan, nanti muncul berbagai sub menu baru yang menjadi inti aplikasi ini.

gambar-5

Sorry Sob, di gambar ini nggak ada tombol daftar, Karena Ane udah log in duluan 😀 tapi bener kok posisi tombol daftarnya itu ada sekitar gambar itu

Lihat menu paling atas Klik pilihan “daftar”

Nantinya akan ada 2 pilihan. Mau daftar pakai email atau pakai facebook.

Nah di tahap ini Ane punya saran untuk Ente.

Memang sih daftar pakai facebook lebih gampang, karena aplikasi bukalapak hanya tinggal membuat akun bermodalkan data Ente yang ada di facebook sehingga lebih cepat. Tapi Ane lebih menyarankan Sobat untuk daftar pakai email.

Loh kenapa….? Bukannya pakai email lebih ribet…?

Hehehe… mungkin aja, tapi percaya deh Sob ada beberapa kelebihan yang bakal Ente dapatkan. Detailnya nanti Ane jelasin di akhir artikel 😀

Sekarang……. kita lanjut dulu  ke perburuan tongsis

Cara tercepat untuk menemukan barang yang kita cari di aplikasi bukalapak.dom adalah dengan memanfaatkan menu Search yang ada di pojok kanan atas.

Tinggal tulis dan klik! Muncul deh apa yang dicari.

Tapi sayangnya Ane jarang make cara itu 😛

Loh…?

Ane lebih senang pake pencarian manual dengan memanfaatkan berbagai sub menu yang ada di bagian kiri aplikasi. Cara memunculkan sub menu ini gampang banget, tinggal geser dengan satu jari ke kanan dan……

Pilihan barang muncul 😀

Aplikasi ini bener-bener ngebuat Belanja Gampang Cuma Modal Jari!

Selain bisa melihat banyak alternatif pilihan, dengan membuka menu ini memungkinkan Ane juga untuk mengetahui……

“BARANG-BARANG DISKON HARI INI! YEAAH…….!”

gambar-7

Wkwkwk sekarang tau kan kenapa Ane lebih suka cara manual hehehehe

Trus bagaimana caranya mencari Tongis….?

Gampang, setelah sub menu ini muncul klik aja ‘Kategori” posisinya di atas “Barang Diskon”

Nanti akan muncul banyak pilihan lagi. Awalnya Ane kira Tongsis masuk dalam kategori “Kamera”, eh ternyata salah. Tongsis ternyata berada di dalam kategori “Handphone” 😀

gambar-8

Setelah muncul langsung aja klik pilihan “Tongsis”

“Jreengg……………! Ada ratusan pilihan muncul”

Ane yakin Sobat pasti bingung dengan banyaknya pilihan yang ada (Soalnya Ane dulu juga gitu) 😀 😀 😀 😀

gambar-9

Tapi tenang aja Sobat, dengan memanfaatkan fitur “Filter” kita bisa membuatnya lebih simple. Setelah berbagai pilihan barang muncul, Sobat klik aja menu “Filter” yang berada di tengah.

Akan muncul kembali kotak pilihan baru, nah… disini silahkan tentukan mau difilter berdasarkan apa. Hihihi kalo Ane jelas berdasarkan “Barang Diskon & Gratis Ongkos kirim” hehehehe.

Setelah pilihan ditentukan klik “Cari” dan berbagai pilihan baru pun muncul.

gambar-10

Begitu ada barang yang menarik perhatian Sobat coba aja klik, ntar akan dibawa kehalaman si pelapak.

di halaman ini Sobat bisa lebih lengkap mengetahui detil, kondisi dan rupa barang tersebut untuk lebih meyakinkan.

gambar-11

Tapi bagaimana kalau masih belum yakin juga…?

Ga apa-apa Sob ^_^, coba aja klik menu “Sejenis” yang berada di samping menu “Detil” nanti Sobat akan diberikan pilihan lagi dengan menampilkan barang-barang yang mirip atau dekat dengan yang Sobat cari.

gambar-12

Setelah menemukan dan yakin dengan pilihan, Sobat bisa mengecek ongkos kirimnya.

Untuk Sobat yang ketika pendaftaran sudah memasukkan data diri dan alamat lengkap bisa melewati proses ini. karena sistem secara otomatis telah menghitungnya.

Caranya klik menu “Estimasi” yang berada di pojok kanan sebelah menu “Sejenis”.

gambar-13

Akan muncul menu “Pilih Lokasi, Jumlah Barang, serta kurir” silahkan diisi dan beberapa saat kemudian rincian harga beserta Ongkir sudah dapat diketahui.

Ckckckck pinter banget kan J

Sekarang setelah yakin dengan pilihan, Sobat tinggal klik “Beli” untuk memasukkan barang tersebut ke keranjang belanja.

gambar-14

Klik “Bayar Transaksi ini” jika sudah tidak akan menambah belanja lagi.

Aplikasi bukalapak akan menampilkan alamat penerima, Sobat perlu cek untuk meyakinkan.

gambar-15

Setelah yakin klik “Lanjut” dan Sobat akan dibawa ke halaman “Metode Pembayaran” silahkan pilih metode yang paling Sobat sukai.

Kalo Ane untuk saat ini lebih suka menggunakan “Transfer Bank”

Penting : Pastikan Sobat mencatat/mengingat kode unik yang diberikan untuk memudahkan transaksi

Jangan lupa klik “Lanjut” ya kalo sudah

Alamat bank tujuan transfer akan ditampilkan, pilih salah satu aja ya jangan semuanya 😀

gambar-16

Klik “Selesai”

Setelah itu Sobat akan dibawa ke fitur “Detail Transaksi”

gambar-17

Nah disini ada Menu “Status” akan terus mengupdate perjalanan Transaksi Sobat, mulai dari sebelum transfer, sesudah transfer hingga kondisi transaksi saat ini.

eh.. maksudnya “kondisi transaksi saat ini” apa…?

Jadi begini Sob, dalam perjalanan transaksi itu kan kita nggak bakal bisa menduga kedepannya. Bisa saja ada masalah yang dialami oleh pelapak, bencana alam dan lainnya. disinilah letak peran fitur “Detail Transaksi” ini

Bagaimana Aplikasi Bukalapak.com Membuat Nyaman Penggunanya

nah sebagaimana janji di awal tulisan tadi dalam bahasan ini Ane akan menjelaskan manfaat lebih dari mendaftar menggunakan email.

Dalam aplikasi bukalapak.com keberadaan fitur “Detail Transaksi” itu fungsinya sebagai pengawal sekaligus pengawas barang belanjaan kita.

Artinya segala sesuatu yang terjadi dengan barang pesanan kita akan diinformasikan.

Beberapa hari yang Lalu Ane membeli Tongsi di bukalapak.com. semua proses pemesanan hingga transfer pun sudah sukses dilakukan. Dibawah ini ada contoh laporan di “Detail Transaksi”

Oh iya Karena Ane mendaftar menggunakan email, dalam pemberitahuan pembelian barang pun dikirimkan via email dengan lebih lengkap.

gambar-18

Setelah beberapa hari menunggu ada email baru masuk dari bukalapak.com.

Ternyata sampai batas waktu yang dintentukan barang pesanan Ane belum juga dikirimkan oleh pelapak.

Jadi transaksi Ane akhirnya dibatalkan. Nih infonya

gambar-19

Dalam aplikasi juga sebenarnya diberitahukan, namun sayangnya nggak ada bunyi notifikasi yang mengingatkan. Jadi Ane nggak sadar.

gambar-20

Karena sudah terlanjur niat ingin berbelanja di bukalapak.com Ane pun memutuskan untuk memesan kembali Tongsis di lapak yang lain.

Hanya dengan beberapa kali klik saja Ane akhirnya menemukan lapak lain yang sama kualitasnya.

Namun menjelang  pembayaran Ane ragu.

“Apakah Ane harus transfer lagi…..?”

Tapi ternyata keraguan Ane terbantahkan, karena ketika di cek pada “Buka Dompet” yang ada di menu “Pembayaran” uang transferan yang dibatalkan itu sudah masuk disana.

gambar-21

Jadi tinggal klik … klik… klik… saja pesanan kedua sudah selesai

Gile… simpel banget belanja dengan aplikasi ini Sob

Ane pun dapat pemberitahuan kembali di email dan aplikasi

gambar-22

Email kedua pemberitahuan tentang keberadaan barang Ane sekarang

gambar-23

Dan email terbaru saat Ane menulis artikel ini. pemberitahuan kalau barang Ane sudah sampai di kantor kurir daerah.

gambar-24

Jadi kemungkinan besar besok sudah Ane terima “Yeah…….!!”

Wah jadi itu kelebihan daftar pakai email…, komplit banget ya infonya.

Itulah Sob, kombinasi email dan aplikasi bukalapak.com ini membuat Ane serasa punya asisten pribadi. Semuanya sudah ada yang ngatur, ane Cuma tinggal tunggu info doang.

Asyik ya….

Pastinya, Makanya Sob buruan download aplikasi ini biar transaksi belanja online Ente Aman dan nyaman. Nih link download Android dan link download iOS.

Oh iya, coba liat juga video yang ngungkapin perbedaan antara aplikasi bukalapak.com dan nembak cewek wkwkwk.

Sip…!

Eh tapi Bhro, maksud judul diatas itu apa…? Kok jangan download aplikasi bukalapak?

Hohoho itu karena Ane buru-buru nulisnya tadi, jadi nggak lengkap gitu 😀 😀 😀

Ini nih judul yang sebenarnya.

JANGAN DOWNLOAD APLIKASI BUKALAPAK.COM KALAU MAU TRANSAKSI ONLINE ENTE NYAMAN …..!

😀 😀 😀 😀 😀

Sumber gambar : bukalapak.com dan dok. pribadi

bukalapak_blogcompetition_640x640

32 thoughts on “JANGAN DOWNLOAD APLIKASI BUKALAPAK.COM…..!

Leave a Reply

