“The Power of Nanya”


“Eh…. Tadi kata temen-temen kan besok ada ujian”

“iya terus kenapa…?”

“Nanti sehabis kuliah kita Tanya ke ruang dosen yuk, untuk memastikan”

“Ah… nggak perlu, lagian kan materi ujiannya cuma sedikit ”

“tapi………”

“udah deh percaya sama Ane”

“………”

komik-1

“Sotoy Moment” itu sebutan yang diberikan untuk kejadian Sok tau yang di alami oleh para mahasiwa di kampus Ane dulu 😀 😀

Hebatnya momen itu hampir pernah dirasakan oleh setiap mahasiswa, nggak peduli sekalipun ia termasuk mahasiswa yang Rajin atau pintar.

Kenapa…?

Karena di setiap kampus itu biasanya paling nggak  punya 1 Dosen yang unik dan Antimainstream 😀 😀

komik-2

Pepatah “Malu Bertanya, Sesat di Jalan” yang eksis sejak jaman bahula ini benar-benar menunjukkan buktinya di Universitas.

Karena itu Ane sarankan Sebelum memasuki dunia perkuliahan yang super ajaib itu Sobat setidaknya harus menguasai salah satu skill wajib mahasiswa abad ini yaitu “Nanya – nanya Everytime” atau “Kepo no Jutsu”.

komik 3

Yah.. tapi walau begitu, fakta dilapangan membuktikan sekalipun sudah punya skill diatas masih belum menjamin 100% Sobat bisa terbebas dari “Sotoy Moment”.

Ane pun yang tergolong sebagai mahasiswa tipe 2T (baca : Tampan & teladan) sampai saat aja ini masih sering terjebak dalam momen itu.

Kenapa….?

Karena ada beberapa faktor yang membuat Skill itu nggak bekerja. Nih beberapa di antaranya :

Faktor pertama : Gengsi

Apa jadinya kalau Sobat di minta jadi penunjuk jalan adik-adik mahasiswa yang cantik…?

komik 4

“Bersemangat dong!”

Pasti!!, perasaan Itu yang Ane rasakan ketika dulu diminta menjadi pemandu jalan Wisata air terjun. Dengan alasan gengsi dan menjaga wibawa, Ane putuskan untuk nggak nanya ke penduduk sekitar. Ingatan berkunjung waktu SMP lah yang Ane jadikan patokan.

Hasilnya….?

Perjalanan yang harusnya di tempuh Cuma 25 menit ngaret jadi 50 menit Sob 😀 😀 😀

 Faktor Kedua: Malu

Faktor yang ini sepertinya nggak perlu di otak atik lagi ya Sob, udah jelas banget soalnya. Lansung ke faktor selanjutnya aja.

Faktor Ketiga: Informannya Serem

Jadi waktu itu Ane dapat tugas dari Dosen untuk mengantarkan Surat. Kompleks perumahan yang Ane tuju sudah benar, tapi sayangnya rumah yang tertera di surat nggak ketemu.

komiks 5

Karena sudah jauh-jauh datang rugi rasanya kalau harus balik lagi. Akhirnya Ane mantapkan untuk bertanya ke orang yang ada di kompleks.

Berhubung Ane datangnya siang, kompleks saat itu sepi. Sekalinya ada orang, dia datang bareng anjing Herder yang serem banget.

Inisiatif untuk nanya pun seketika menghilang….. “Ah mending pulang aja deh”

Yuk Mulai Tumbuhkan lagi kesadaran untuk Mau Bertanya 

Pengalaman yang Ane ceritakan tadi memang sebagian besar di alami sewaktu berada di dunia perkampusan.

Tapi walaupun begitu, keberanian untuk bertanya itu tetap harus diterapkan di kehidupan sehari-hari ya Sob.

Kenapa….?

karena prinsip “Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan” berlaku secara universal, dimanapun dan kapanpun kita berada.

Nah… uniknya, seakan paham masalah kita seringkali kesulitan dalam bertanya, ada salah satu Bank di Indonesia yang membuat inovasi Keren AntiMainstream dalam hal pelayanan.

#AskBNI Itu namanya.

Adalah Bank Negara Indonesia atau biasa disingkat BNI yang mengeluarkan program ini pada tanggal 2 Desember 2015 lalu.

BNI logo

#AskBNI sendiri merupakan sebuah layanan jasa informasi yang memanfaatkan Media Sosial Twitter sebagai sarananya. Simpelnya hanya dengan memanfaatkan twitter Sobat bisa mendapatkan banyak informasi keren dari BNI.

Oh iya, untuk dapat menikmati layanan ini Sobat nggak perlu punya rekening BNI terlebih dahulu, tapi jika seandainya punya maka itu akan sangat bagus karena ada banyak promo menarik yang diberikan BNI kepada para nasabahnya dalam layanan #AskBNI ini.

Wow keren… tapi kenapa mesti di twitter ya, kenapa nggak di facebook aja..?

Karena twitter lebih simpel, efektif dan efisien. Jejaring Sosial lain mungkin tampilanya lebih bagus, tapi itu juga berarti memakai lebih banyak kuota.

BNI sudah memikirkan itu, sehingga media Sosial yang digunakan sekarang dipilih untuk kemudahan dan kenyamanan penggunanya.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan layanan ini?

Gampang kok Sobat 😀 Nih Ane jelaskan langkah-langkahnya ya :

Pertama, pastikan Sobat sudah memiliki akun twitter. Kemudian buka akun official twitter BNI yang bernama @BNI46.

Klik tombol bertuliskan “Follow” di bagian kanan.

BNI-1

Kedua, Setelah mengikuti @BNI46. Secara otomatis Sobat akan mendapat pesan langsung (DM) dari @BNI46. Isinya seperti ini

BNI 2

Ikuti instruksi yang diberikan untuk pendaftaran layanan. Tenang Sob.. Gratis kok 😀

Ketiga, Waktu mendaftar pastikan Sobat memasukkan no ponsel yang benar, karena dalam pendaftaran kita diminta untuk mengganti angka 0 dengan angka 62.

BNI 3

Keempat, Nah.. setelah pendaftaran selesai Sobat sudah dapat langsung memanfaatkan layanan #AskBNI. Ada banyak sekali hashtag dan keyword yang bisa dicoba.

Tapi saran Ane untuk yang pertama mending cek hashtag #Promo #BelanjaOnline aja untuk mengetahui promo belanja terbaru hehehe

 BNI belanja online

Jika pencarian sudah muncul, klik link promo yang menarik minat Sobat untuk menuju halaman lengkap web tersebut. Nih contohnya

BNI 5 contoh promo

Asyik kan…. 😀 😀

Hanya bermodalkan tweet saja kita sudah bisa mendapatkan info tentang barang-barang diskon, layanan #AskBNI memang Top.

Nih Ane share beberapa Hashtag yang bisa Sobat Coba

BNI 6 promo

Itu baru sebagian Loh, dan hebatnya kemungkinan akan banyak lagi hashtag baru yang ditambahkan mengingat BNI sangat peduli dengan pelanggannya. Jadi silahkan coba sendiri deh berbagai layanan #AskBNI ini

Eh selain info-info tentang Promo apakah kita bisa mendapatkan informasi mengenai tata cara membuat tabungan di BNI..? Soalnya Ane jadi berminat untuk menjadi nasabah nih

Hohoho pasti Ada karena itulah alasan utama BNI membuat layanan ini.

Caranya gampang Sobat tinggal kirim DM dengan format #AskBNI #Taplus nanti akan mendapat balasan seperti ini

BNI 7 taplus

Jelas banget kan…?!

Pokoknya jangan khawatir karena berbagai pertanyaan umum yang biasa ditanyakan nasabah pasti ada jawabannya di #AskBNI

Bahkan cara dan persyaratan untuk mendapatkan pinjaman KUR atau  “Kredit Usaha Rakyat” pun bisa Sobat dapatkan infonya disini

BNI 8 KUR

Wow…. Keren….!

Jadi intinya Semua pertanyaan kita bisa dijawab oleh #AskBNI ya…?

Hmm… sebenernya nggak juga sih

Lha….?

Iya karena yang membuat layanan ini adalah manusia, jadi ada beberapa pertanyaan yang nggak bisa di jawab. Nih salah satunya

BNI 9 jodoh

Wakakakak………

ini sih namanya Baper 😀 😀 😀 😀

kan Namanya juga usaha Sob ^_^

Oke deh, jadi intinya mulai sekarang Ayo budayakan sikap Berani bertanya untuk meminimalisir kesalahan.

Semoga Artikel ini bisa bermanfaat ya,

dan yang terakhir

ayo segera manfaatkan fasilitas #AskBNI ya… 😀

73 thoughts on ““The Power of Nanya”

    1. wakakakak.. udah deh bund kayaknya percuma ditanyain. wong berapa kali ane ulang jawabannya sama aja “Masih belum Tersedia” katanya
      😀 😀 😀 😀 😀
      #nasiborangtamvan

  1. idayatil huda

    malu bertanya Sesat dijalan, sering bertanya ngeselin. hahahau
    tapi sepertinya prinsip itu tidak berlaku di aplikasi ini ya 🙂
    sukses ya untuk artikelnya

  2. roshipiana trosa

    nah ini dia, layanan BNI ini memang benarbenar membantu. saya jadi tidak perlu lagi repot-repot mencari info tentang BNI.
    tapi kok saya baru tahu ya kalau #AskaBNI itu bisa dipakai untuk menanyakan jodoh 😀

  3. Mala Kurniasari

    dulu pernah mau buat tabungan eh ternyata salah bawa persyaratan, jadinya balik lagi deh.
    coba deh dulu ada layanan ini pasti nggak bakal seperti itu kejadiannya 🙂 sukses ya buat BNI semoga semakin banyak layanannya. oh iya sukses juga untuk mimin smoga artikelnya bisa jadi juara ya.
    amin

  4. Raihan

    niat kesini mau serius baca artikel, eh taunya si admin malah buat tulisan yang bikin ngakak
    😀 😀 😀 😀 good job Mas Bhro, suka banget dengan tulisanmu

    biar nggak OOT #AskBNI cara penggunaannya memang cukup mudah, pilihannya pun bervariasi saranku untuk hashtag promo paling nggak harus sering di cek, soalnya masih banyak promo yang out of date. gitu aja saranku

    Good Luck ya

  5. Hallo gan, aku dari delladaily.wordpress.com ini asli artikelnya bagus bgt pake gambar-gambar! Mudah dicerna! Mending kapan-kapan ane minta dibuatin gambar aja, boleh? #ngelunjak

    Semoga pembaca semakin paham dengan makna #AskBNI yah!

  6. husain

    emang kebanyakan orang indonesia itu males nanya karena malu Sob, jadi solusi BNI dengan program #AskBNI ini memang cocok untuk kita 🙂 🙂

  7. gojila

    akhirnya menyempatkan diri mampir ke blog gila ini.
    jadi inget dulu waktu di kampus, kita semua batal ikutan ujian semester gara-gara Ente bilang jadwalnya besok. padahal kan sebenarnya hari itu. hahahaha kampret bener dah

  8. random tampan

    wah.. pengalaman kita kebalik ya. gw malah kebanyakan nanya, tapi sialnya tiap yang gw tanya kebanyakan ga tau. jadi agak bingung juga dengan pribahasa “Malu bertanya sesat di jalan” wong hasilnya sama aja

    1. hahahaha berarti sobat selalu mengalami kebetulan yang ga enak 😀 , Tapi Ane yakin seandainya dilanjutin lagi nanya sama orang lain lagi pasti bakalan ketemu tuh. intinya nanya-nya masih kurang banyak 😀 😀

  9. fun fun di

    kayaknya Agan cocok nih buat jadi komikus dan novelis humor. Aseli itu artikel buat ngakak habis.
    infonya dapet, humornya pun dapet.
    Sukses yaa

  10. Iskand

    layanan #AskBNI memang terbukti membantu, terlepas dari masih terbatasnya jumlah layanan 🙂
    kemarin saya mengecek dengan hashtag #Passport dan info yang saya dapatkan cukup lengkap.
    benahi dan kembangkan terus layanan ini BNI

  11. Anggie Anggani

    ane suka dosen nya .. sebelas dua belas ama dosen ane dulu di kampus. pak dosen itu juga yg nelpon ane waktu ane salah jadwal ujian. ane kira jam kedua jamnya dy ujian, eh tau” nya jam pertama. ane masih molor broo waktu di telpon tu dosen … wkwkwkwk
    #askBNI bisa jawab masa akhir pemakaian status jomblo tak ??? hahahahaha XD

  12. farinii

    semakin canggih saja layanan yang ditawarkan BNI, keren keren smoga pelayanannya bisa maksimal ya.
    salam sukses, saya beri nilai 9 untuk artikelnya 🙂

Leave a Reply

