Aku, Internet dan Membangun Indonesia


e

Intro

Mataku hampir tak berkejap melihat gambar – gambar dan tulisan yang muncul dalam monitor hitam mirip tv itu. Semua jawaban dari tugas yang diberikan Dosen Fisika terpampang jelas disana.

“Bagaimana bisa segampang ini menemukannya?” pikirku. “padahal sudah hampir seminggu aku bolak balik perpustakaan tapi tetap saja tak ada satupun jawaban yang berhasil kutemukan”

— Internet benar-benar hebat, Aku kalah telak dengan alat ini  —

“Woi…! jangan bengong aja, Cepat bacain Soal nomor dua” Tegur fahmi yang duduk disampingku kesal. “Bentar lagi bilingnya habis nih!”

“Eh..iya iya” aku gelagapan.

d

Itu adalah perkenalan pertamaku dengan internet.

Setiap Hari dan internet

Semenjak hari itu aku punya kebiasaan baru, “mengunjungi warnet”

What…?

iya Sobat waktu itu kan internet nggak seperti sekarang, dulu internet masih tergolong langka yang Cuma bisa ditemukan di beberapa tempat tertentu saja, Nah… warnet ini adalah salah satu tempat itu.

Trus apa yang dicari di internet?

Banyak, pokoknya semua yang aku suka mulai dari komik, film, lagu sampai dengan ramalan zodiak 😀 😀 😀

 c

Saat itu memang sedang ramai dengan game-game online, tapi entah kenapa aku nggak pernah sekalipun punya keinginan untuk memainkannya. Membaca buku online dan artikel lebih menyenangkan bagiku.

Kerena hobi membaca online itu rata-rata dalam sehari itu aku bisa menghabiskan waktu 3 sampai 4 jam di warnet, efek sampingnya? aku sering dikasih diskon 😀 😀

Jenuh dan Ketertarikan Baru

Akhirnya masa itu tiba.

Setelah satu tahun lebih bermain internet di warnet aku pun merasa bosan. Aku merasa internet sudah tidak menarik lagi “isinya Cuma itu – itu saja”

Saat memutuskan untuk berhenti bermain internet aku tak sengaja melihat iklan bisnis online yang cukup mencuri perhatian.

“Ayo Manfaatkan Internet untuk menghasilkan Ribuan Dollar!”

“eh… menghasilkan uang lewat internet?” Aku tersentak

“kenapa aku tak pernah memikirkan hal itu sebelumnya ya?”

karena tertarik aku kemudian mencoba bergabung dengan program itu dan babak baruku di dunia maya pun dimulai.

Bisnis Online dan Penipuan ?

Semenjak punya ketertarikan baru pada bisnis online entah sudah berapa program bisnis yang aku ikuti mulai dari MLM Online, Arisan Online hingga jual beli ebook yang tak jelas isinya. Jujur saja, saat itu aku memang mudah tertarik dengan promo menghasilkan uang dengan cara mudah.

b

Saking tertariknya dengan berbagai program itu aku memberanikan diri memakai semua tabunganku. Bahkan pernah aku hampir menggadaikan sertifikat rumah untuk mengikuti sebuah bisnis online, beruntung sebelum itu terjadi website online tersebut ketahuan menipu membernya.

Aku benar-benar terselamatkan, Alhamdulillah…

Bisnis Online dan Mentor

Dunia maya itu terlalu luas, aku masih trauma untuk menyebranginya sendiri. Aku kemudian mencoba mencari mentor untuk mengajariku. Salah satu bimbingan online yang saat itu sedang naik daun pun menjadi pilihanku menuntut ilmu.

Banyak hal yang kudapatkan disana, namun entah mengapa aku sepertinya kurang tertarik dengan model bisnis yang diajarkan mereka (padahal saat itu model bisnis itulah yang sedang populer di dunia Internet Marketing).

“Ilmunya tidak bisa masuk di kepalaku….”

Selain materi, sebagai mahasiswa yang isi kantongnya pas-pasan biaya bimbingan belajar setiap bulannya itu juga cukup memberatkanku, asal Sobat tau setiap hari aku mesti diet ketat loh. Akhirnya setelah melewati banyak pertimbangan, 5 bulan setelah itu aku pun keluar dari bimbingan online.

The Power of Otodidak

Belajar otodidak itu memang nggak mudah tapi ternyata sangat menyenangkan.

kenapa…?

Karena kita bisa mengeksplorasi banyak hal tanpa ada yang membatasi, banyak variasi yang bisa kita peroleh, Setidaknya itu yang kurasakan.

Materi-materi yang diberikan saat bimbingan online itu memang komplit, tapi sebenarnya jika kita jeli semua itu sudah ada kok di luar sana, yang penting kita mau mencari dan mengumpulkannya.

Percaya deh Sob, bakalan banyak ide dan motivasi baru yang bisa Sobat dapatkan dengan cara belaja otodidak.

Ngeblog dan Happy

“Kerjakan apa yang kamu Suka”

Kutipan itu memang sudah umum sekali, tapi walau begitu pesan yang terkandung di dalamnya benar-benar menjadi pedomanku.

Setelah mencoba berbagai macam peluang online yang ada, menulis artikel di blog akhirnya menjadi pilihanku. Sensasi yang diperoleh saat menyelesaikan tulisan dan membaca komentar pembaca benar-benar membuatku Senang, kegembiraan itu semakin sempurna ketika tulisan yang kubuat mendapat bayaran.

Yeah… tidak seperti program online yang sebelumnya aku ikuti, apa yang kudapatkan dari ngeblog ini benar-benar ‘Real’

a

Ngeblog dan Membangun Indonesia

bagaimana ngeblog bisa membangun Indonesia?

Membuka wawasan

Dengan menjadi blogger seseorang memang belum berarti membangun Indonesia, namun percaya deh Sobat ketika menjadi blogger kita akan mampu melihat dunia lebih luas dari sudut pandang yang berbeda.

Memberikan Devisa bagi Negara

Percaya atau tidak, Indonesia ini punya banyak blogger kelas internasional loh. Perusahaan yang membayar mereka juga bukan main-main seperti google, Amazon, Clickbank dll. Dengan semakin banyaknya blogger yang berkelas internasional maka akan semakin besar pula devisa yang diterima Negara.

Menjadi blogger memang menarik, lalu apakah hanya itu saja pekerjaan online yang menjanjikan dan punya kesempatan tuk membantu memajukan Indonesia?

Semua pekerjaan itu punya peluang sukses kok, tergantung kemauan kita saja, Karena itu Sobat nggak perlu terpengaruh oleh apa yang orang pilih. Cukup cari, pilih dan kemudian kerjakan apa yang menjadi ‘passion’ mu itu, dunia online masih sangat luas Sob.

 

One thought on “Aku, Internet dan Membangun Indonesia

Leave a Reply

