Mendulang Rupiah dari Perkembangan Teknologi Indonesia


Menjadi bagian dari generasi 90-an yang ‘Fenomenal’ membuat Ane punya segudang cerita lucu nan berkesan yang bisa Ane bagi, mulai dari nonton satu TV secara berjamaah sampai dengan merasakan sensasi telpon umum koin yang ‘legendaris’ 😀
Tapi kali ini bukan pengalaman itu yang mau Ane share ke temen-temen melainkan pengalaman Ane memanfaatkan Perkembangan Teknologi Indonesia untuk menambah teman sekaligus uang saku  hehehe…..
Ceritanya sengaja Ane bagi kedalam beberapa bagian biar lebih jelas alurnya, Oke deh nggak terlalu lama basa-basinya langsung aja kita mulai Cekibrot :

*Era Wartel
Hehehe… Sobat mungkin nggak percaya, tapi momen yang digambarkan dalam komik itu bener-bener nyata dan pernah Ane alami sendiri loh. Kejadiannya Waktu itu sekitaran tahun 2004 saat Ane masih tinggal di Pondok.
Wartel alias “Warung Telepon”  di masa itu memang adalah sebuah “masterpiece” bagi anak pondok, walaupun ukuran ruangannya hanya 1×1 meter saja tapi  lewat tempat itulah kami bisa melepas rindu kepada sanak keluarga dan handai taulan yang terpisah ribuan kilo jauhnya. Benar-benar tempat yang keren dah ^_^
“Waktu libur adalah saat terbaik untuk nelpon” begitulah yang dipikirkan oleh sebagian besar anak pondok, karenanya nggak heran kalau saat itu barisan antrian di Wartel bisa mencapai belasan meter (Jumlah wartel 1 dan hanya punya 10 ruang KBU sedangkan jumlah santrinya lebih dari 1000)  Motto “Siapa Cepat dia Dapat” benar-benar terbukti disini 😀

Berarti Ente kalo mau nelpon harus antri lama dong…?
hehehe kalau Ane nggak dong
loh kok bisa?
yups, soalnya ane udah tau waktu-waktu yang sepi untuk nelpon
kapan tuh..?
waktu Subuh
eh..?
iya Sob, jadi Ane pernah dikasih tau sama operatornya kalo nelpon saat subuh itu adalah yang paling murah tarifnya dan paling sedikit pengunjungnya ^_^ , jadi gitu deh setiap abis sholat subuh Ane langsung tancap gas ke wartel untuk nelpon.
asyik dong
pastinya ^_^ , Nah yang serunya lagi karena saking seringnya pergi ke wartel saat subuh, kegiatan itu lama kelamaan jadi kebiasaan Ane, makanya sekalipun nggak nelpon Ane tetap nunggu di depan KBU
Lah ngapain?
ngantriin temen hehehe
eh.. maksudnya?
jadi kalau ada temen yang mau nelpon Ane yang pergi ke wartel untuk antri, nanti pas temen Ane itu dateng dia bisa langsung tukeran dengan tempat Ane biar langsung dapat tempat di depan gitu.
Wow…, ternyata Ente baik ya
Ane mah gitu orangnya, selalu baik sama siapa aja, apalagi sama temen yang sering ntraktir bakso
jiah… ternyata ada udang dibalik batu rupanya
hahaha

*Era Handphone
Masuk tahun 2005 Virus Handphone udah mulai masuk ke pondok Ane. Saat itu ada beberapa anak pondok yang berasal dari kalangan berada dibekali handphone oleh Ortu mereka.
Asyik dong
Asyik apanya? di Pondok Ane waktu itu statusnya handphone itu sama kek Narkoba, jadi kalo ketauan langsung disita dan sulit banget untuk bisa diambil kembali.
waduh…

Tapi semua itu kembali ke prinsip ekonomi “Semakin langka keberadaan suatu barang maka akan semakin mahal pula harganya” Nah karena itulah walaupun keberadaannya dilarang selalu saja ada yang punya inisiatif untuk memanfaatkan teknologi handphone itu. Jadilah saat itu muncul Wartel ilegal yang “Eksis” dikalangan Anak pondok ^_^
Masih Ane inget kalau dulu itu tarif sekali SMS-nya seribu lima ratus dan tarif nelpon bisa ampe belasan ribu permenitnya.
Wow… mahal ya?
Wajarlah mahal Sob, karena selain prosesnya yang sulit harga pulsa saat itu juga memang cukup mahal, tapi walaupun begitu bisnis Wartel ala anak pondok  itu laris banget loh 😀
Ane curiga.. jangan-jangan Ente ya yang menjalankan bisnis itu?
Nggaklah Sob, Ane saat itu nggak punya Handphone jadi Ane cuma bantu-bantu nyariin pelanggan aja ^_^
Walah…. ternyata jadi makelar toh

*Era Pulsa Elektrik
Hayo ngaku, Dulu Sobat pasti pernah nyoba jualan pulsa elektrik kan…?!
loh kok tau…?
hahaha… nggak perlu heran Sob, karena dulu pas masa pulsa elektrik  “Booming”  Ane dan teman-teman yang lain juga ikut-ikutan jadi penjual pulsa dadakan 😀 😀

Salah satu yang membuat pulsa elektrik berkembang begitu pesat adalah semakin canggihnya handphone dan mulai meratanya layanan internet.
Bener banget, eh tapi walau begitu kok banyak banget ya pengusaha pulsa elektrik yang gulung tikar?
halah jangan pura-pura nggak tau deh Sob 😀 salah satu faktor utama yang membuat bisnis pulsa itu bangkrut adalah karena banyaknya konsumen yang “NGUTANG” dan mendadak “AMNESIA” pas ditagih
Hahahaha!
Makanya hanya mereka yang gigih dan bermental bajalah yang bisa tetap bertahan di bisnis itu 😀 😀 😀

*Era Internet dan Smartphone
Kalau disuruh memilih di era mana yang menurut Ane paling menjanjikan, maka dengan Optimis Ane jawab kalau masa ini adalah jawabannya.
kenapa..?
jawabannya simpel, Karena dengan adanya internet dan Smartphone Dunia seakan ada di genggaman kita. Itu artinya kita bisa mempromosikan karya dan produk kita ke market yang besar namun dengan biaya yang murah.
Wow…
Bahkan nggak cuma itu Sob, yang paling keren di zaman informasi ini kita bisa menghasilkan rupiah dari hobi yang kita lakukan.
masa sih…?
yups ^_^ dan  nggak usah cari contoh jauh-jauh karena tulisan ini bisa menjadi buktinya. Ane yang hobi menulis misalnya, Ane membuat sebuah artikel tentang promo atau kehebatan suatu brand di blog kemudian menyebarkannya keseluruh jagat dunia maya agar semakin banyak orang yang tau.
wow keren, lalu siapa yang akan membayar tulisan itu?
Tentu saja dari brand yang dipromokan tadi
Oo….

dan bukan hanya artikel saja loh, sobat juga bisa membuat website, video atau bahkan sharing gambar untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari fenomena Perkembangan Teknologi Indonesia saat ini.
Tapi untuk bisa seperti itu kan perlu skill juga
Pastinya, Tapi apa sih yang nggak mungkin di zaman yang serba canggih seperti ini. Sobat bisa mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan jika mau sedikit berusaha.
Iya sih…. tapi….
Kalau Sobat masih ragu dengan cara otodidak Sobat bisa juga kok belajar langsung kepada ahlinya.
Eh gimana tuh caranya?
gampang kok, tinggal kunjungi Website Dumet School dan Sobat bisa tentukan sendiri kursus apa yang Sobat mau pelajari.
Tapi.. bagaimana kalau…
Nggak pake tapi-tapian karena Sobat mencoba kelas gratis terlebih dahulu ^_^


beneran?
Iya, Makanya sekarang udah nggak perlu ada alasan lagi tuk gak bisa.
Yuk Sobat segera kita manfaatkan momen Perkembangan Teknologi Indonesia saat ini untuk membuat kehidupan kita lebih baik.
AYO SEGERA ACTION!!!

 

 

Sumber Gambar dan Artikel
DumetSchool.com
dok. Pribadi
asopusitemus.wordpress.com
bblogger.web.id
almaadin.wordpress.com

8 thoughts on “Mendulang Rupiah dari Perkembangan Teknologi Indonesia

  1. its true…
    sepakaat gw, sebagai mantan pengusaha pulsa salah satu hal yang ngebuat kita bangkrut itu adalah banyak yang ngutang 😀

Leave a Reply

