Ikut Berpartisipasi membantu BPK Mengawal Harta Negara yuk….


-Berkenalan dengan BPK

Hayo ngakuu…. di tahun 2018 ini masih ada nggak yang belum kenal dengan BPK..?!
*hening….
Eh…. Sobat beneran nih nggak tau BPK..?!
Ng… Sebenarnya sudah sering dengar sih, Cuma nggak paham maksudnya aja hehehe…..
Astaga…. Apa kata dunia kalau begitu…?!
Hiks… Maaf…
Hehe Bercanda ya…., jangan dimasukkan kedalam hati Sob ^_^
Sebagaimana kata pepatah “Tak Kenal maka Tak Sayang” jadi biar pembahasannya lebih jelas sekarang baiknya kita kenalan dulu dengan salah satu lembaga keren Kebanggan negara ini, BPK! Yeaaah… !

BPK itu adalah singkatan dari Badan Pemeriksa Keuangan. Jadi BPK itu merupakan lembaga negara yang bebas dan mandiri dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara (sebagaimana tertuang dalam Visi dan Misi BPK). Nah.. kalau diperlihatkan dalam gambar seperti inilah kedudukan BPK sebagai lembaga Negara Indonesia berdasarkan UUD 1945.

Perlu untuk diketahui peran BPK ini besar banget loh dalam mengawal dan menjaga perekonomian Indonesia.
Loh.. Kok bisa? Emangnya BPK itu punya kemampuan apa sih..?
hohoho jangan anggap remeh BPK ya ^_^ ini nih 2 alasan kenapa BPK itu keren:
Pertama: karena BPK bertugas memeriksa semua asal-usul dan besarnya penerimaan negara, darimanapun dan siapapun sumbernya.
Kedua: BPK harus mengetahui tempat dimana uang/harta negara itu disimpan dan untuk apa uang negara itu dipergunakan.

Wow.. jadi gampangnya BPK itu adalah Ujung tombak untuk pencegahan Korupsi ya…?
Yups benar sekali

Kenapa sih posisi BPK harus sejajar dengan presiden?
Jawabannya simpel, biar lebih Profesional dan Maksimal.
Sebagaimana yang diketahui tugas BPK itu adalah memeriksa pengelolaan keuangan negara yang dijalankan pemerintah dan lembaga-lembaga negara lainnya. Nah.. kalau BPK berada dibawah kendali Presiden, dikhawatirkan ruang gerak BPK untuk memeriksa pengelolaan serta tanggung jawab keuangan Negara menjadi terbatas dan nggak maksimal. Ibaratnya kalau posisi BPK adalah bawahan presiden, saat bertugas dia pasti nggak bakal (berani) dan leluasa untuk memeriksa bosnya, karena bisa-bisa malah BPK yang dibubarkan.

BPK adalah lembaga yang berdiri terpisah dari pemerintah, jadi nggak ada hubungan atasan-bawahan diantara keduanya. BPK itu dipilih dan bertanggungjawab langsung kepada DPR dan bukan kepada Presiden.

Kenapa sih Pengelolaan dan Tanggungjawab keuangan negara itu harus diperiksa?
Hohoho.. harus dong, Agar setiap pihak yang mengelola uang negara bisa menjalankan amanat dengan baik dan rakyat bisa memperoleh manfaat maksimal.
Coba bayangkan Sob, kalau para pengelola keuangan negara ini nggak diperiksa, kemungkinan besar banyak penyimpangan akan terjadi (ya iyalah itu pasti terjadi karena nggak ada yang mengontrol) baik itu dengan tujuan memperkaya diri atau akibat salah-urus.

Memangnya lembaga mana aja sih yang diperiksa oleh BPK…?
Banyak banget Sob, BPK memeriksa seluruh keuangan negara, yang meliputi penerimaan negara baik berupa pajak dan non pajak, seluruh aset dan utang-piutang negara, penempatan kekayaan negara, serta penggunaan pengeluaran negara.
Kesimpulannya BPK bertugas memriksa pengolahan dan tanggungjawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara

wah… pengetahuan Ente tentang BPK banyak ya…
pastinya dong, makanya Ente sesekali main dong ke web BPK dan download buku sakunya
eh. Buku saku…?
Yupss.. jadi di website BPK itu ada disediakan ebook keren berjudul “Mengenal Lebih Dekat BPK” banyak info keren yang bisa didapatkan disana. Kalo ga percaya cek aja sendiri nih halaman downloadnya

Partisipasi Masyarakat dalam Mengawal Harta Negara

Sobat tau nggak kalau sekarang kita bisa dengan mudah ikut membantu BPK Kawal Harta Negara
eh caranya gimana..?
Ada banyak Sob, tapi sebelumnya pastikan dulu kalau data yang dikumpulkan cukup (klik disini untuk mengetahaui tata cara pengaduannya) Setelah itu baru kemudian laporkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melalui institusi Layanan (PIK)

Eh.. PIK itu apa ya…?
oh iya lupa Ane jelasin, jadi PIK itu singkatan dari Pusat Informasi dan Komunikasi. di BPK, PIK berperan sebagai unit pelaksana pengelolaan dan pelayanan informasi publik, bertugas untuk melayani permintaan informasi dan pengaduan dari publik/masyarakat.
ada banyak cara yang bisa Sobat pilih untuk untuk melakukan pengaduan seperti melalui email, Web, pos atau malah datang langsung ke Kantor PIK BPK. silahkan klik disini  untuk mendapatkan info detail mengenai no kontak lengkap

Hmm…. Tapi….
Tapi kenapa sob….?
Kalau kita melapor keselamatan kita terjamin nggak..?
Nah.. ini adalah pertanyaan yang bagus. Kekhawatiran akan keselamatan itu adalah hal yang kerapkali menghambat proses pelaporan. Padahal sebenarnya kita sebagai masyarakat nggak perlu khawatir karena dalam UU Nomor 13 tahun 2006 disebutkan tentang perlindungan yang diberikan kepada pelapor dan saksi. Salah satu Lembaga yang bertugas memberikan perlindungan sesuai UU tersebut adalah LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) .

Emangnya selama ini ada masyarakat yang melapor…?
Wuih…. Banyak banget Sob.
Semenjak tahun 2015 sudah ada masyarakat yang berani berperan serta membantu BPK mengawal harta negara dengan cara mengadukan hal-hal yang mencurigakan terkait pengelolaan keuangan negara di lingkungan sekitarnya.
Masa sih…?
Serius Sob, dari data PIK BPK aja tercatat dari tahun 2015 ada sebanyak 555 pengaduan dan kemudian meningkat pada tahun 2016 menjadi 951 kasus. Wow banget kan..
Gila…..!

Apakah Boleh BPK mengumumkan hasil pemeriksaan kepada pihak lain di luar lembaga perwakilan?
Sebelum hasil pemeriksaan diberikan kepada DPR, DPRD, atau DPD BPK dilarang mempublikasikan isi hasil pemeriksaan tersebut kepada pihak lain, termasuk kepada Pemerintah maupun media massa.
Owwh.. begitu

Walaupun Teknologi dan Kapasitas SDM yang dimiliki BPK itu cukup baik tetap saja Peran masyarakat untuk ikut serta membantu BPK kawal harta negara sangat dibutuhkan.
Kenapa…?
Karena jangkauan Pengaduan masyarakat ini begitu luas, nggak hanya melaporkan masalah yang terjadi dalam pemerintah/lembaga setempat saja, bahkan internal BPK yang mungkin luput pun bisa dijangkau oleh masyarakat. Nah dengan cara seperti ini kita membantu BPK Kawal Harta Negara

 

Eh iya sob, sekalipun kita bisa mengadukan masalah penyalahgunaan harta negara di BPK (cek syarat dan ketentuannya) tapi nggak berarti semua permasalahan cocok untuk dilaporkan.
Maksudnya…?
Sobat harus memilah milah dulu mana penyalahgunaan yang diprioritaskan. Jadi Jika seandainya ada permasalahan yang bisa diselesaikan langsung alangkah baiknya jika diselesaikan saja ditempat. Bukankah Penyelesaian internal itu biasanya lebih efektif dan efisien daripada penyelesaian eksternal.. ?! ^_^

Nah… gimana Sob, setelah mengenal BPK sekarang Sobat tentunya mau dong ikut ambil bagian dalam membantu BPK Kawal Harta Negara…? Nggak perlu harus melaporkan kasus yang besar dan ribet cukup mulai dan awali saja dengan berpikir kritis terhadap lingkungan sekitar kita dulu agar dapat meminimalisasi adanya oknum yang menyalahgunakan harta negara.

Jadi mulai sekarang ayo berpartisipasi mendukung BPK mengawal Harta negara agar Indonesia makin kuat dan Rakyat makin sejahtera.

link Profil anggota BPK

Sumber Artikel dan Gambar
BPK.go.id
ebook “Buku Saku BPK”
ebook “Gambaran Umum BPK”
Dok. Pribadi

Advertisements

12 thoughts on “Ikut Berpartisipasi membantu BPK Mengawal Harta Negara yuk….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s