Makin Pintar & Langsing dengan Sarapan? Bisa kok, Begini Penjelasannya!


 

Mamak           : Fian Sarapan dulu…!

Ane                  : Nggak ah mak, Ane mo diet

Mamak           : eh diet itu bukan berarti nggak sarapan loh..

Ane                  : Pokoknya nggak mak, Biar Proses langsingnya Cepet

Mamak           : ya udah deh…., semoga dietnya berhasil

—————  2 minggu kemudian  ———————

Ane      : Heran deh Mak, kok semenjak nggak sarapan berat badan Ane malah makin nambah ya…?

Mamak: kamu kualat sih nggak dengerin saran orang tua

Ane      : (Shock…) Ampun Mak.. iya deh Ane janji mulai besok Ane bakalan sarapan 2 porsi

Mamak: Nah..Gitu dong, eh.. tapi jangan mulai besok ya soalnya beras lagi nggak ada nih. Besok kamu puasa aja

Ane      : Glek…

Hayoo.. ngaku apakah Sobat juga pernah berpikir kalau dengan nggak sarapan badan bisa makin kurus dan langsing…?

Hahaha… Ane saranin mending buang jauh-jauh deh pikiran seperti itu karena fakta yang terjadi malah sebaliknya. alih-alih perut makin ‘singset’ yang ada malah perut semakin ‘buncit’

“Kok bisa ya…?”

Begitu pertanyaan yang terlintas dibenak Ane saat itu, padahal kan logikanya dengan nggak sarapan berarti Ane sudah mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk kedalam tubuh…? Tapi kok reaksi dibadan malah sebaliknya….?

Rasa penasaran itu pun kemudian membuat Ane aktif mencari referensi di internet, dan hasilnya… berbagai fakta tentang sarapan yang selama ini nggak disadari pun terungkap. Kalau Sobat mau tau apa saja hal keren yang ditemukan Nih.. Ane bagikan semuanya:

Fakta 1 : Sarapan Bisa Melangsingkan Badan

“Serius….?” Ane juga nggak percaya ketika menemukan fakta ini, tapi setelah mengetahui penjelasan ilmiahnya Ane kemudian tercerahkan.

Jadi ketika pagi (saat tubuh baru akan beraktifitas) sistem yang menyadari kalau tidak ada makanan dalam tubuh nantinya akan secara otomatis memperlambat proses pembakaran Kalori untuk menghemat stok energi.  Ibarat kalau sedang naik kendaraan bermotor, ketika tau stok BBM sedikit kita akan menjalankannya dengan perlahan.

Nah.. berbeda Jika kita melakukan sarapan, kinerja tubuh akan berjalan dengan maksimal. Kenapa? Karena proses masuknya makanan dalam tubuh saat pagi hari ibarat tuas yang menjadi pemicu dimulainya proses metabolisme. Hal inilah yang kemudian menjadikan pembakaran kalori menjadi efektif sepanjang hari.

Nggak mau kalah dengan penjelasan secara ilmiah, Mamak Ane sebagai ahli kuliner (ngaku2 sendiri) punya asumsi berbeda, menurut beliau “Semakin sedikit Ane sarapan, Maka Akan semakin banyak Ane ngemil”. Waw… dan memang itulah fakta yang terjadi, saat pergi ke kampus atau kemana saja tanpa sarapan sebelumnya maka aktifitas ngemil Ane semakin ‘menggila’

Tips

Jika Sobat menginginkan hasil maksimal untuk Diet disarankan untuk menghindari Konsumsi karbohidrat sederhana. Kenapa…? karena jenis makanan tersebut bisa mengibatkan tekanan gula darah melonjak dan turun dengan cepat. Efeknya…?  Ya tentu saja Sobat akan cepat lapar.

Mengkongkonsumsi Oatmel yang tinggi serat namun rendah gula adalah solusinya. Karena selain padat jenis makanan karbohidrat kompleks ini akan dicerna secara perlahan oleh tubuh sehingga memberikan efek kenyang yang lama.

Alternatif

Untuk Sobat yang mau Simpel bisa memanfaatkan “Energen” produk minuman instant yang dibuat dari serbuk sereal ini punya kandungan Gizi yang cukup untuk mengawali aktifitas harianmu.

Fakta 2 : Sarapan Bisa Meningkatkan Konsentrasi yang bikin makin Pintar

Jadi ada sebuah tes yang dilakukan menunjukkan hasil jika sebagian besar siswa yang sebelumnya melakukan sarapan punya kemampuan lebih tinggi dalam hal mengingat dibandingkan mereka yang nggak sarapan.

Kok bisa seperti itu ya…?

Kalau Menurut penjelasan ilmiahnya sih karena jumlah kandungan energi pada saat kita terbangun di pagi hari  (glukosa dan glikogen) sudah sangat sedikit atau bahkan habis, hal itu dikarenakan energi tersebut telah banyak dipergunakan untuk aktifitas di hari sebelumnya. Perlu untuk diketahui glukosa itu adalah bahan bakar utama yang di digunakan otak untuk bekerja.

Nah… sekarang sobat bisa bayangkan sendiri ibarat motor tanpa BBM, Otak tentu nggak bisa digunakan maksimal untuk berkonsentrasi dan menerima pelajaran kan…?

Tips

Beberapa zat makanan yang diperlukan oleh tubuh dipagi hari itu adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral atau yang biasa disebut dengan makanan empat sehat lima sempurna. Sepotong roti + telur mata sapi + sayuran + susu atau kombinasi Lontong sayur + telur + buah adalah beberapa contoh dari sedemikian banyaknya kombinasi sarapan sehat yang bisa Sobat Coba.

Alternatif

Energen Sereal, minuman serbuk sereal yang punya tagline ‘minum makanan bergizi’ ini punya kandungan SIGMAVIT yang merupakan perpaduan dari Vit.A, Vit.B1, Vit.B2, Vit.B6, Vit.B12, Vit.D, Vit.E, Asam Folat dan Kalsium bisa menjadi pilihan Sobat karena memiliki semua zat yang dibutuhkan tubuh.

Fakta 3 : Waktu Terbaik untuk Sarapan  

Setelah penjelasan sebelumnya Sobat tentu sekarang sudah paham dengan besarnya manfaat yang diperoleh dari sarapan bukan? Tapi..  walau biasanya dilakukan di pagi hari apakah Sobat tau kapan waktu terbaik untuk sarapan?

Prof Hardinsyah MS PhD selaku Ketua umum PERGIZI PANGAN Indonesia. Membagikan info keren tentang kinerja tubuh kita dipagi hari.

“Dalam satu jam kondisi gula darah seseorang masih bisa meningkat. Penurunan gula darah yang drastis bisa terjadi setelah bangun tidur hingga dua jam setelahnya jika belum melakukan sarapan. Nah.. dari hal itu kemudian dapat disimpulkan kalau waktu terbaik untuk sarapan adalah dua jam setelah bangun tidur “

Kemudian jika mengingat dan mempertimbangkan  Jam kerja di Indonesia yang berlangsung mulai pukul 7 sampai 8 pagi. Maka Waktu sarapan yang ideal itu dilakukan sebelum jam 9.

“kok ribet sih, mau makan doang pake diatur-atur”

Eits.. jangan kesal dulu Sob, selain untuk peningkatan kinerja, penetapan waktu sarapan itu ada landasan kesehatannya loh…

Menurut ahli nutrisi Susie Burrelle, tubuh manusia itu Punya periode tertentu dalam mencerna makanan dan waktu untuk istirahat.  Itu artinya tubuh punya jadwal yang mengatur “masa dilewati tanpa makanan” dan “masa dilewati makanan” pada saat itulah kondisi metabolisme tubuh menjadi tinggi. Misalkan pada  waktu malam tubuh sudah terprogram untuk meminimalisasi pembakaran energi, sehingga makanan yang masuk pada malam hari sebagian besar akan ditumpuk.

Karenanya Menurut Burrelle, salah satu cara untuk memanfaatkan metabolisme alami tubuh adalah dengan melakukan sarapan sepagi mungkin. Sarapan sebelum jam 9 adalah waktu yang Ideal.

Sadar dengan manfaat yang dihasilkan dari sarapan ini Energen sereal sebagai salah satu pelopor minuman bergizi ikut ambil bagian dalam mensukseskan  acara “Pekan Sarapan Nasional 2018” yang diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2018. Dengan tema “Sarapan Sehat Setiap Pagi untuk Prestasi”  Pada momen itu Energen mengunjungi 3000 sekolah dan memberikan Sarapan Super Energen pada 2,2 juta siswa. Wow….!

Kenapa yang diberikan Energen…?

Kandungan Sigmavit yang ada dalam Energen adalah yang dibutuhkan tubuh (terutama saat pagi hari) karenanya jika dikonsumsi sebelum jam 9 Sobat akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Ngg… tapi Ane kan nggak suka rasa vanila Energen…

Hohoho.. tenang saja Sobat, karena saat ini Energen punya 5 varian rasa (Coklat, Vanila, Jagung, Jahe dan Kacang Hijau)  yang salah satunya pasti cocok dengan Selera atau mood Sobat. Buktiin sendiri deh kalo nggak percaya

Nah.. terlepas dari berbagai manfaat yang dikandung oleh Energen, pastikan dalam mengkonsumsinya sobat juga nggak berlebihan ya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Ntar begini nih jadinya hahaha

Semoga bermanfaat ya Sob, salam blogger dan salam Hoki

 

Sumber Artikel dan Gambar:
http://www.alodokter.com
https://www.haibunda.com/nutrisi
https://health.detik.com/
IG @energen_ID
Dok. Pribadi

Advertisements

12 thoughts on “Makin Pintar & Langsing dengan Sarapan? Bisa kok, Begini Penjelasannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s