TAK GEMPA, MAKA TAK TANGGAP


Entah kenapa setiap kali bicara tentang gempa maka pikiran saya langsung tertuju ke Jepang. Negara yang juga dikenal sebagai “negeri matahari terbit” memang acapkali mendapat serangan gempa. Bahkan saking seringnya hampir semuan bagunan terbaru di jepang telah didesain khusus sedemikian rupa agar tahan gempa.

Sebagaimana anak-anak lain pada umumnya, Rasa ingin tahu Ane terhadap Fenomena gempa yang terjadi di Jepang kian menjadi setelah sering melihat beritanya muncul dalam televisi dan Koran. Rasa penasaran itu pula yang kemudian membuat saya selalu bertanya kepada mereka yang lebih tua.

Percaya atau tidak, jawaban seperti komik itulah yang sering saya dapatkan dari orang-orang terdekat setiapkali bertanya tentang potensi terjadinya bencana gempa di pulau Lombok. Hehehe… ironis memang, walau jawabannya tidak ilmiah (baca: agak menyesatkan) tapi saya sangat senang mendengarnya.

Kenapa? Karena berkat jawaban itu keseharian saya menjadi tenang dan tak was-was dengan gempa.

Pola pikir masyarakat sekitar yang cukup santai terhadap kemungkinan bencana itu membuat pembangunan pun menjadi “simple” atau mungkin lebih tepatnya “Cuek”. Bagaimana tidak Sobat? Buat  beberapa warga membangun rumah di atas lahan yang agak miring bukanlah hal yang aneh, membangun rumah dibawah perbukitan pun juga adalah hal yang lumrah, bahkan membangun rumah tepat dipinggir kali juga bukanlah hal yang harus ditakutkan, “Everywhere is OK”  #LuarBiasa

“– Hingga kemudian gempa berskala 6,8R, 7R, 5R, 4R datang bergantian menyapa masyarakat Lombok. Rentetan Gempa ini mengkibatkan Ribuan rumah hancur, Ratusan Nyawa melayang, berbagai Fasilitas Umum Rusak dan menyebabkan banyak kerugian lainnya –“

 

Bencana Gempa yang dialami Lombok dibulan agustus 2018 lalu meninggalkan banyak sekali kesedihan, kehilangan, kerusakan, kematian dan pastinya pengalaman berharga. Dari sinilah masyarakat kemudian mulai menyadari akan pentingnya untuk mengenali Budaya Sadar Bencana agar bisa meminimalisasi berbagai dampak yang disebabkan bencana.

Kenapa kita harus menerapkan budaya sadar bencana? Kenapa tidak pemerintah saja yang memberikan peringatan dini kepada warga?

Jika saja bencana itu bisa diprediksi menggunakan teknologi maka hal itu pasti akan dilakukan. Namun faktanya berbagai negara yang memiliki teknologi canggih pun nyatanya tak ada yang mampu memprediksi terjadinya bencana. Karena itulah penting bagi kita untuk mengenali bencana dan tanggap dalam bertindak.

Lalu hal apa saja yang harus kita lakukan ketika berhadapan dengan gempa?

Berikut beberapa tindakan yang sebaiknya Sobat lakukan sebelum, ketika dan setelah menghadapi gempa:

Tindakan Persiapan Sebelum Gempa

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, tak ada yang tahu kapan bencana bisa terjadi karena itu penting untuk menyiapkan Senter, Korek Api, Lilin dan beberapa persediaan makanan.

Tindakan Saat Gempa

-1. Tenang

Jujur saja, berdasarkan pengalaman pribadi di Lombok point ini sangat mudah untuk ditulis namun sangat SULIT untuk diterapkan! karena itu diperlukan latihan yang memadai agar Sobat dapat menguasainya.

Kenapa kita harus bersikap tenang?

Dengan bersikap tenang Sobat dapat meminimalisasi kepanikan dan kerusakan akibat bencana. Kenapa? karena Banyak orang ketika menghadapi gempa hilang fokusnya yang malah dapat semakin membahayakan. Misalkan selagi memasak didapur terjadi gempa, sebagian orang ada yang langsung berlari keluar rumah tanpa mematikan terlebih dahulu kompornya. Disinilah letak pentingnya ketenangan.

-2. Berlindung ke Tempat Evakuasi/Ideal

Tanah Lapang atau tempat terbuka adalah yang pertama kali harus dituju ketika terjadi gempa. Tujuannya agar Sobat tidak terkena reruntuhan bangunan.

Lalu bagaimana jika saat gempa kita tengah berada dalam suatu gedung tinggi?

Ada beberapa hal yang bisa Sobat lakukan:

-1. Berlindung dibawah meja, kursi atau benda yang dapat melindungi dari reruntuhan

-2. Jangan berlindung di tempat yang memiliki banyak bahan kaca, untuk meminimalisir pecahan kaca melukai tubuh

Tindakan Setelah Gempa

-, Kenali Berita HOAX

Berdasarkan yang terjadi di Lombok, yang seringkali dirasakan orang-orang setelah gempa adalah trauma, Shock, hingga rasa takut yang berlebih. efek dari Apa yang saya sebutkan tadi bisa bermacam-macam  karena memang dampak bencana setiap orang itu berbeda. Tapi tahukah Sobat situasi bencana ternyata seringkali dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk membuat suasana menjadi kacau.

Maksudnya..?

Jadi selepas terjadi gempa banyak sekali berita simpang siur yang tak jelas asal usulnya mengatakan akan terjadi gempa susulan yang jauh lebih besar. Hal tersebut membuat banyak orang ketakutan hingga meninggalkan rumahnya tanpa penjagaan yang kemudian dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Karena itu jangan mudah terpercaya oleh berita tak jelas, mari kenali bahayanya kurangi resikonya Biasakan untuk bertanya kepada pihak resmi yang bersangkutan untuk info terbaik.

Nah..  itulah beberapa hal yang perlu Sobat persiapakan dan perhatikan untuk menghadapi bencana Gempa (Smoga Tak terjadi lagi, Aaamiin!)  lebih kurangnya Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya. Aamiin Aamiin Ya Rabb

Kesimpulan:

  1. Biasakan tenang dalam kondisi apapun
  2. Jangan mudah terpancing oleh informasi HOAX
  3. Bantu berikan pemahaman kepada masyarakat tentang berita palsu yang beredar

Saran:

  1. Pemerintah perlu menerapkan budaya sadar bencana sejak dini
  2. Menyediakan pusat informasi yang mudah diakses agar masyarakat tak terpengaruh informasi palsu

oh iya ini tambahan  komik dengan niatan untuk memotivasi diri agar tak saling menyalahkan satu sama lain

Advertisements

14 thoughts on “TAK GEMPA, MAKA TAK TANGGAP

  1. setuju dengan artikel ini, nggak perlu lah kita menunggu terjadi bencana dulu baru mulai bertindak, mari mulai dari sekarang kita sadari

  2. karena sama-sama tinggal di lombok saya jadi tau betul bagaiman traumanya 0rang2 terhadap gempa ini. bahkan suara mobil lewat di depan rumah pun sudah cukup untuk membuat kita lari tunggang langgang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s