CRAZY RICH INSPIRATION DARI BUKALAPAK


Dulu saya selalu  berpikir kalau inspirasi itu hanya bisa datang dengan melakukan hal-hal yang serius saja, seperti membaca buku tebal karya penulis terkenal, berguru langsung pada seorang master atau malah keluar dari rumah untuk kemudian menyatu dengan alam.  Tapi tampaknya dizaman “now” ini semua yang pernah saya bayangkan dahulu telah terbantahkan semuanya.

Sobat mungkin tak akan menyangka kalau berbagai inspirasi yang saya dapatkan untuk membuat artikel serta komik sebenarnya berasal dari sesuatu yang simpel sekali. Dari sebuah konten yang mungkin hanya dianggap angin lalu oleh sebagian orang.

Ya.. itu adalah dari iklan lapak online bukalapak yang anti mainstream “Gilanya” 😀 😀 😀

`*Dari mata turun ke Hepi

Awal perkenalan saya dengan situs jual beli bukalapak ini dimulai dari melihat iklannya di salah satu tv swasta.

“ini apaan sih…?!” begitu reaksi saya Ketika pertama kali melihat iklannya di televisi.  Jujur saya kesal awalnya, tapi entah kenapa semakin sering melihat iklan tersebut semakin kagum saya dengan metode penyampaiannya yang simpel, ekspresif dan lucu.

Silahkan lihat iklan ini dan tentukan sendiri tindakan apa yang akan Sobat lakukan selanjutnya ketika bertemu si CEO di jalan.

Tapi terlepas dari lucu dan menariknya iklan tersebut Saya sarankan Sobat juga harus tetap hati-hati meresponnya.

Kenapa…?

Percaya nggak, iklan ini telah menyebabkan “Civil War” dan kegaduhan di keluarga saya. Jadi kalau dulu itu ya..  saya dan adik selalu kompak untuk pindah channel saat acara yang ditonton sedang iklan. Tapi sekarang setiap melihat iklan bukalapak lewat saya akan langsung mencegahnya pindah Channel sekalipun si adek yakin kalau acara sinetron yang ditunggu sudah mulai di channel lain. Ya.. gara-gara bukalapak kami sekarang menjadi berbeda keyakinan.

Pokoknya hati-hati dengan kemunculan orang ini di televisi:

Inspirasi apa yang saya dapat dari Iklan Bukalapak?

Berikut adalah inspirasi yang saya dapatkan dari iklan antimainstream bukalapak:

  1. Konten yang dibalut dengan komedi mampu membuat pembaca/penonton menjadi lebih terhibur sehingga mereka tak akan mengalihkan channelnya.
  2. Penyampaian pesan/info secara tersirat dengan sketsa yang tak biasa akan lebih ‘memorable’ dalam ingatan. Bahkan dengan kreasi yang super kreatif apa yang ditampilkan dalam iklan bisa menjadi jargon baru yang ngehits. Contoh: iklan bukalapak yang berjudul “Nego Cincai”

Saran:

Perbanyak iklan kreatif yang lucu dan jargon yang unik agar semakin banyak yang tertarik

`*The amazing tempat belanja

Terkontaminasi oleh iklan-iklan bukalapak yang lucu membuat rasa penasaran semakin menjadi. Alhasil dimulailah petualangan pertama Saya dengan situs belanja online terbesar di Indonesia ini.

Hal pertama yang membuat saya kagum dengan bukalapak.com adalah pada kecepatannya loadingnya. Beneran loh… dibandingkan dengan toko online yang saya datangi sebelumnya perjalanan menuju bukalapak lebih cepat dan lancar, padahal tempat akses dan modem yang digunakan sama juga. Asyik banget Kan.?!

Hal kedua yang membuat kaget adalah ketika melihat rentetan gambar dan harga produk yang berada di bagia Flash Deal. “Gile Aje” barang keren di pasangin harga yang stress banget, gimana nggak kalap orang yang melihat. FYI sob, Barang yang dijual di “Flash Deal” ini beraneka macam mulai dari pakaian, elektronik, kebutuhan pokok dll, karena itu biasakan diri tuk chek dan ricek atau silahkan cek Promo dan Diskon keren di halaman ini.

Melihat variasi barang yang sebegitu banyaknya membuat Saya ingin bereksprimen mencari barang selama ini Cuma dilihat di sinetron-sinetron.

Barang seperti apa itu..?

Itu loh.. Helm yang ada google (kacamata besar).

Dan “Tadaaaa…..!” dalam beberapa klik saja barang yang selama ini sulit ditemukan disekitar tempat tinggal ternyata bisa ditemukan dengan mudah di bukalapak. Super sekaleeee…!

Inspirasi apa yang saya dapat dari website Bukalapak?

Berikut adalah inspirasi yang saya dapatkan dari  website keren bukalapak:

  1. Kecepatan akses, ya ini adalah faktor utama yang paling membuat saya tertarik. Asli beneran hebat loh, padahal ada banyak sekali gambar yang digunakan pada “Homepage” tersebut. Saya harus belajar nih untuk bisa memperingan blog saya.
  2. Efektivitas penempatan produk. Jujur saja mata saya nggak bisa berpaling dari berbagai produk Flash Deal yang ada dihalaman pertama. Hmm… berarti penting banget yang menempatkan suatu visual atau konten yang “Wow” di  bagian depan artikel ya.
  3. Komplit dan banyak sekali variasinya, nah.. sebagai blogger penganut artikel gado-gado hal ini sangat menginspirasi saya untuk membuat banyak variasi artikel

Saran:

Semoga kedepan kecepatan aksesnya bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan agar lebih memudahkan pengunjung.

`*Pelapak yang Kreatif

Mengunjungi lapak si penjual adalah yang langsung saya lakukan setelah menemukan barang yang dicari. Dan lagi-lagi ada hal menarik dan inspiratif yang saya temukan disana. Jadi untuk memudahkan calon pembeli menemukan lapaknya mereka menggunakan nama yang unik, seperti penjual helm ini misalnya menggunakan “Moe Moe Helm” sebagai nama lapaknya. Terdengar simpel memang,  tapi nama itu sukses terngiang-ngiang dikepala ini terus menerus. Hehehe…

Dari para pelapak ini saya belajar kalau memberikan pelayanan maksimal kepada pembeli adalah jalan utama untuk sukses. Karenanya tak apalah meluangkan waktu lebih untuk memberikan pelayanan ekstra agar barang dapat sampai dengan selamat.

Inspirasi apa yang saya dapat dari Pelapak?

Berikut adalah inspirasi yang saya dapatkan dari para Pelapak

  1. Kreatif, baik dalam memilih produk dan dalam memberikan nama.
  2. Pelayanan yang maksimal,  jadi semakin bagus cara kita memberikan perhatian dan pelayanan akan semakin banyak pula yang tertarik dengan produk kita.
  3. Nggak pelit diskon, intinya buat pembeli senang agar mereka kembali lagi

Saran:

Semoga kedepan semakin banyak barang keren dan diskon di bukalapak, aamiin.

`*Komunitas HOKI bukalapak

Kalau selama ini Sobat berpikir bukalapak hanya sebuat toko online maka Salah besar, kenapa..? karena bukalapak itu ternyata adalah “Sosial Media” yang begitu memberikan manfaat, kalau istilah kerennya itu dinamakan #BukaInspirasi

Bukalapak ternyata memiliki forum yang penghuninya sebagian besar adalah pelapak, jadi jangan heran begitu Sobat memasuki forum ini akan segera teracuni oleh semangat wirausaha mereka.

Hebatnya lagi para penghuni forum ini tak hanya bertemu dalam dunia maya saja, karena mereka yang tergabun dalam Komunitas Bukalapak sering mengadakan berbagai even di dunia nyata. Jadi sangat wajar jika kemudian hampir disetiap daerah selalu saja ada komunitas bukalapak yang dapat ditemukan.

#BukaInspirasi selalu menjadi tema utama dalam setiap pertemuannya. Makanya tak heran jika kegiatan komunitas bukalapak selalu diminati. Sebab ditempat inilah mereka bisa Berbagi ilmu, berbagi tips, atau bahkan bertukar ide dengan rekan sejawat. Keren banget kan…?! Apalagi kalau bisa ketemu jodoh disana ^_^

Inspirasi apa yang saya dapat dari Komunitas Bukalapak?

Berikut adalah inspirasi yang saya dapatkan dari Komunitas Bukalapak:

  1. Saling berbagi ilmu, ide ataupun tips membuat ikatan antara pelapak satu sama lain makin dekat.
  2. Meningkatkan silaturahmi, memperbanyak teman. Secara tidak langsung akan memudahkan kita saat berkungjung ke berbagai daerah.

Saran:

Semoga kedepan bukalapak bersedia membuka komunitas baru bernama #bukaJodoh. Aamiin.

Nah itu dia berbagai inspirasi yang saya dapatkan dari bukalapak.com, sebuah situs belanja online yang ada di Indonesia, Nggak nyangka kan…? Hehehe…

Semoga berbagai hal positif yang saya dapatkan tersebut juga bisa menjadi #BukaInspirasi untuk teman-teman lainnya. Aamiin aamiin Ya Rabb.

———————————————

Refrensi Artikel dan Gambar:

Bukalapak.com

Dok. pribadi

Advertisements

14 thoughts on “CRAZY RICH INSPIRATION DARI BUKALAPAK

  1. Wowww…Woowww…Woooww… Crazy Rich Asian, film yang lagi hits aja bisa dijadiin inspirasi judul artikel. Gimana gak keren nih si Bang Hoky ini… ya kan..
    Ditmbah ide2nya… apalagi ada #BukaJodoh tuh… beuuuuhhh bisa beudh dah nyari kesempatan. Hahaha

  2. saya setuju, demik iklan bukalapak saya sampai belabelain donlot di yutub loh. sumpah baru kali ini saya donlot iklan hahaha

  3. Aku setuju banget kalau sistem pemasaran di Bukalapak ini kreatif dan inspuratif banget. Hal2 yang kadang malah gak kepikiran buat jualan tp malah bikin org jadi kecanduan. Blog kamu juga inspiratif lho. Aku pengelin bgt bisa ngelucu bermanfaat gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s