Menarik Perhatian Dunia lewat Festival Karimunjawa 2018


“beda zaman, beda pula cara perayaannya”

Ungkapan tersebut tampaknya bukanlah sekedar kalimat tanpa makna, perbedaan selera antar generasi itu benar-benar Ane rasakan saat ini. Tak usah jauh-jauh untuk mencari contohnya, karena dari selera mencari tempat rekreasi saja hal itu sudah terlihat. Bagi generasi 90-an misalnya, tempat ideal untuk rekreasi itu adalah yang memiliki pemandangan bagus (pantai, museum pegunungan sudah oke).

Lalu bagaimana dengan Generasi Milenial?

Sebenarnya selera mereka tak jauh berbeda dengan Gen 90, hanya saja itu belum cukup untuk standar anak-anak  jaman “Now”.

Kenapa?

Karena mereka biasanya akan lebih tertarik pada tempat wisata yang menawarkan keindahan serta even menarik didalamnya seperti acara musik, pameran dan lainnya.  Perlu untuk Sobat ketahui, selain eksis di dunia maya Generasi millenial itu juga sangat senang menjadi ‘Reporter’ dadakan.

Festival KarimunJawa 2018

Sadar dengan tren tempat wisata Jaman ‘Now” Pemerintah Kabupaten Jepara (Jawa Tengah) pun segera bersolek dan berbenah diri untuk menyiapkan tempat yang sesuai dengan minat generasi Millenial.  Diadakannya Festival Karimunjawa 2018 pada 25 September hingga 30 September adalah salah satu contohnya.

Pemilihan Karimunjawa sebagai tempat diadakannya festival bukan tanpa sebab loh, menurut Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Alamsyah, hal tersebut dilakukan karena “Karimunjawa telah ditetapkan Kemenpar sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.”

Info untuk Sobat:

Selain Karimunjawa ada 3 tempat destinasi wisata di Jawa Tengah lain yang juga telah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional, Yaitu Borobudur, Sangiran dan Dieng.

Jika dilihat dari data dinas pariwisata pada tahun 2017, daya tarik Karimunjawa ternyata nomer 2 setelah dari Dieng. Bahkan menurut data tersebut daya tarik wisata kawasan Karimunjawa tak hanya disukai oleh wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara pun ternyata juga sangat menyukainya. Tak heran jika kemudian Karimunjawa menyumbang prosentase mencapai 24,15 persen dari total wisatawan masuk di Jawa Tengah. Super sekaleee bukan?!

Nah… sadar dengan itu, lewat Festival Karimunjawa 2018 pemerintah mencoba menarik perhatian lebih banyak turis dengan mencoba mengangkat tradisi lokal agar dikenal secara global. Nggak tanggung-tanggung 2 Tradisi masyarakat sekitar semisal “Haul Sunan Nyamlungan dan Barikan Kubro” ditambah Sail Karimun menjadi agenda utama even ini.

Lewat Festival Karimunjawa 2018 yang dilaksanakan hampir sepekan ini pemerintah optimis mampu menarik 15.000 wisatawan untuk berkunjung. Dengan beragam acara yang menarik Pemerintah juga berharap agar masa tinggal wisatawan di sekitar kawasan dapat lebih lama.

Info Untuk Sobat:

Berikut daftar acara Festival Karimunjawa 2018

  • Aksi Sapta Pesona di Sekitar Pantai Karimunjawa, Selasa (25/9) pukul 09.00
  • Pentas Wayang Kulit di Alun-alun Karimunjawa, Rabu (26/9) pukul 19.00
  • Expo Produk Unggulan dan Festival Kuliner di Alun-alun Karimunjawa, Kamis (27/9) pukul 08.00
  • Workshop dan Lomba Perahu Hias di sekitar pantai Karimunjawa, Kamis (27/9) pukul 09.00
  • Workshop Pariwisata, Kamis (27/9) pukul 15.30
  • Tari dan Music Kesenian Bunga Jabe di Alun-alun Karimunjawa, Kamis (27/9) pukul 16.00
  • Perform Band Andromeda di Alun-alun Karimunjawa, Kamis (27/9) pukul 20.009.
  • Senam Masal Maumere di Alun-alun Karimunjawa, Jumat (28/9) pukul 07.00
  • Lomba Menyanyi tingkat umum, Expo Produk Karimunjawa di Alun-alun Karimunjawa, Lomba Blogger dan Fotografi, Jumat (28/9)
  • Sarasehan Goes to Sail 2018 dan Lomba Mancing di aula Kecamatan Karimunjawa, Jumat (28/9) pukul 15.0

  • Lomba Menyanyi Tingkat SD/SMP/SMA di Alun-alun Karimunjawa, Jumat (28/9) pukul 13.00
  • Reog Barongan di Alun-alun Karimunjawa, Jumat (28/9) pukul 19.30
  • Karimunjawa Bergoyang di Alun-alun Karimunjawa , Jumat (28/9) pukul 20.30
  • Final Lomba Menyanyi tingkat umum, Sabtu (29/9) pukul 08.00
  • Final Lomba Menyanyi tingkat SD/SMP/SMA di Alun-alun Karimunjawa, Sabtu (29/9) pukul 13.00
  • Gala Dinner dan Tari Egreg Pesisiran untuk menyambut Gubernur Jawa Tengah, di Hotel Java Paradise, Sabtu (29/9) pukul 19.00
  • Pencanangan Festival Karimunjawa, di Alun-alun Karimunjawa, Sabtu (29/9) pukul 20.00
  • Congrock Reagee Beach di Alun-alun Karimunjawa, Sabtu (29/9) pukul 21.00
  • Campur Sari di Alun-alun Karimunjawa, Minggu (30/9) pukul 06.30
  • Walking Fun Beach Karimunjawa di Seputaran Pantai Karimunjawa, Minggu (30/9) pukul 07.00
  • Campur Sari, Lawak Jawa dan pembagian Doorprize di Alun-alun Karimunjawa, Minggu (30/9) pukul 08.00. (*)

KarimunJawa Tak Hanya menawarkan Keindahan

Salah Sobat hanya mengira karimunjawa itu hanya menawarkan keindahan alamnya saja, Karena masih ada banyak hal keren lain yang akan membuat Sobat jatuh cinta di kawasan wisata ini.

Nah.. Lewat Festival Karimunjawa 2018 inilah pemerintah kemudian membuka mata dunia tenang pesona lain dari Karimunjawa. Dengan menampilkan berbagai pagelaran budaya seperti tarian daerah, nyanyian daerah,  wayang kulit, Reog hingga perahu hias membuat wisatawan yang berkunjung mendapat banyak pengalaman menarik.

Belum lagi pesona kuliner yang disajikan di berbagai lokasi seperti di pameran ataupun yang langsung di pantai akan memberikan pengunjung sensasi rekreasi yang tak terlupakan. Tak percaya..? coba deh Sobat datang sendiri untuk membuktikannya ^_^

Dalam peluncurannya yang dilakukan pada Sabtu (29/9/2018) malam di Alun-alun Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengatakan kalau Festival Karimunjawa 2018 ini diselenggarakan untuk mendorong pertumbuhan wisatawan di kepulauan tersebut. Karena hal itu pula pemerintah berharap agar masyarakat bisa menjaga kondusifitas daerah serta lingkungan.  Jika berhasil bukan tidak mungkin jika nanti Festival Karimunjawa 2018 ini akan ditingkatkan level dan kapasitasnya dimasa depan.

Aamiin Aamiin  semoga bisa terwujud.

Kesimpulan Ane,

Festival Karimunjawa 2018 memang baru pertama kali digelar, namun antusiasme masyarakat akan festival ini sangat besar. Membuat even yang dikombinasikan dengan berbagai acara menarik seperti pergelaran budaya, lomba, pameran perahu dll memang terbukti mampu menarik minat generasi millenial, salut untuk pemerintah daerah yang kreatif dalam menyikapi tren.

Saran Ane untuk Festival Karimunjawa 2018 ini setelah melihat infonya di berbagai portal berita dan sosial media:

  1. Menemukan foto-foto serta gambar mengenai meriahnya Festival ini cukup sulit karena sangat terbatas, karena semoga di even berikutnya pemerintah bisa membagikan lebih banyak foto serta informasi ini di media.
  2. Salah cara terbaik untuk menarik minat generasi millenial adalah dengan membuat acara, lomba, dan hiburan yang sedang hits saat ini.
  3. Mungkin bisa dipertimbangkan agar Acara karnaval bisa diadakan untuk even berikutnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Artikel ini sedang diikutsertakan dalam lomba Festival Karimunjawa 2018 yang diadakan oleh Disporapar Jawa Tengah dan GenPI Jateng

——————————————————————————————————

Sumber artikel dan Gambar

  1. http://jateng.tribunnews.com/2018/10/01/festival-karimunjawa-resmi-dilaunching-bakal-digelar-tiap-tahun?page=2.
  2. https://travel.kompas.com/read/2018/09/26/141000327/yuk-ke-karimunjawa-ada-festival-budaya-sepekan-penuh.
  3. http://jateng.tribunnews.com/2018/09/25/jadwal-rangkaian-acara-festival-karimunjawa-mulai-selasa-hingga-hari-minggu-nanti?page=2.
  4. Screen shoot dari “videoFestival KarimunJawa 2018” by Congrock 17 https://www.youtube.com/watch?v=0tUTdF-4L5o
  5. http://www.InilahOnline.com/Upaya-Genjot-Kunjungan-Wisatawan-Pemkab-Jepara-Gelar-Festival-Karimunjawa-2018
  6. IG @DisporaparJateng
  7. Dok. pribadi

Advertisements

14 thoughts on “Menarik Perhatian Dunia lewat Festival Karimunjawa 2018

  1. tambahin lagi Sob, tempatnya rekreasinya harus dilengkapi dengan wifi yang kenceng. soalnya itu adalah kebutuhan pokok generasi jaman sekarang hehe

  2. salut sama semangatnya pemerintah dan warganya,
    kagum sama keindahan karimunjawa
    dan…
    laper sama ikan di komik terakhir
    nyam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s