(AADS) Ada Apa Dengan Sayur?


Komik diatas Adalah dongeng yang dahulu seringkali diceritakan oleh Ayah dan Ibu setiap kali aku menolak untuk memakan sayur–sayuran yang sudah dihidangkan dalam piring.

Apakah berhasil?

Wohoho.. Tentu tidak dong, agar bisa keluar dari situasi tersebut aku akan mengeluarkan berbagai macam cara, bahkan kabur sekalipun akan kulakukan demi menghindari makanan yang bernama sayur itu.

Memang sih… kata orang sayuran itu punya banyak sekali kandungan gizi dan vitamin, bahkan ada juga yang bilang kalau dengan mengkonsumsi sayuran bisa membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Wohoho…  Luar biasa memang manfaat sayuran ini. Tapi yaa.. begitu deh, walaupun sudah tahu manfaatnya, aku masih aja tetap nggak mau memakannya. Alasannya? Simpel, karena sayuran itu nggak enak. Rasanya itu loh kadang pahit di lidah.

 

Menurutku lebih baik menyantap makanan instant dibandingkan mengkonsumsi sayur. Selain rasanya lebih enak, makanan instant juga kan punya kandungan gizi yang tak kalah banyak dari sayuran.

Siapa yang bilang…?

Bukankah begitu yang tertulis diatas kemasannya?

Ng.. mungkin ada benarnya sih, tapi tetap saja jumlahnya itu nggak bisa mengalahkan kandungan gizi yang ada dalam sayuran asli.

Hehehe… nggak apa-apa deh, yang penting enak ^_^

 

Habis Gelap, Terbitlah Terang.

Siapa sangka hidup di pondok pesantren mampu mengubah berbagai kebiasaanku. Dulu setiap nggak suka dengan lauk dirumah aku akan segera pergi ke warung untuk membeli mie instant, sedangkan di pondok..? aku nggak pernah menemukan satupun orang yang menjual mie instant disini.

Dulu setiap bosan dengan lauk yang disiapkan mama aku bisa kabur kerumah nenek, sedangkan di pondok…? Tempat makan yang disiapkan untuk santri hanya satu. selain itu tak ada lagi tempat makan yang lain.

Dulu aku bisa bertukar lauk dengan teman saat tak suka dengan lauk sendiri, sedangkan di pondok…? Lauk yang disiapkan untuk ribuan santri sama. jadi kemanapun aku melirik semuanya sedang memakan lauk yang sama. fiuhh…..

Agar bisa tetap tegar dan konsisten dalam mengabaikan sesuatu yang namanya sayur itu saat makan aku hanya berfokus pada nasi dan lauknya saja, jadi walaupun sayurnya sudah disiapkan dalam mangkok aku tetap tak menyentuhnya.

Keuntunganmakansayur

Awalnya sih bisa, tapi entah lama-kelamaan aku mulai bosan sendiri karena hanya mengkonsumsi nasi dan lauk saja, “aku butuh sesuatu yang berkuah seperti mie instant” begitu yang kupikirkan setiap hari.

Bukannya tanpa alasan aku berpikir seperti itu, pasalnya teman-temanku yang di sekelilingku begitu antusias dalam menyantap sayur, bahkan kuahnya sampai mereka minum. “A… apakah memang sayur seenak itu?” pikirku.

Hingga suatu hari karena sudah benar-benar bosan ditambah dengan cerita teman-teman yang begitu sering memuji rasa kuah sayur di pondok membuatku menjadi penasaran dengan rasa sayur.

Akhirnya siang hari sepulang sekolah aku pun membulatkan tekad untuk mencobanya. Saat itu sayur yang ada di meja makan adalah daun singkong sedangkan lauknya adalah ikan tongkol. Menurut teman disebelahku ini adalah kombo terbaik di kantin jadi jangan sampai dilewatkan. Mendengar itu semangatku makin menjadi, pelan tapi pasti aku mulai mulai mengambil sayur, mencampurnya dengan ikan dan kemudian memasukkannya ke mulut. “jreeeng…” eh… kok rasanya pas banget sih…? Rasa ikan ditambah sayur itu ternyata mantap banget. sungguh aku benar-benar nggak menyangka kalau perpaduannya bisa seenak ini. ini adalah pengalaman baru untukku.

Siang itu menjadi hari bersejarah untukku dan sayur.

 

No Sayur, No Party

Tak kenal maka tak sayang, mungkin itulah istilah yang pas untuk menggambarkan aku dan sayur. Siapa sangka dulu sayuran yang begitu kuhindari sekarang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dariku, serius Sobat sekarang makan tanpa sayur itu rasanya hambar banget. hehehe…. kehidupan di pondok benar-benar sukses membuatku jatuh cinta dengan sayuran sampai dengan saat ini.

Manfaat yang kuperoleh setelah mengkonsumsi sayuran itu ternyata banyak sekali, tak hanya melulu soal menambah nikmat makan tapi juga soal kesehatan. Yups… semenjak terbiasa mengkonsumsi sayuran tubuhku rasanya makin bugar, segar dan sehat pastinya.

Hebatnya lagi dengan segala manfaat yang dimilikinya sayuran ini ternyata sangat mudah sekali untuk didapatkan loh, jangankan di pasar, disekitar lingkungan tempat tinggal kita pun sayuran ini begitu banyak ditemukan sebut saja daun singkong, daun kelor, bayam dan banyak lagi lainnya. Intinya nggak ada alasan untuk nggak mengkonsumsi sayur.

Nah untuk Sobat yang sampai saat ini masih belum bisa mengkonsumsi sayuran bisa mencoba beberapa tips berikut, oh iya tulisan ini berdasarkan pengalamanku dulu saat masih dipondok, semoga  bisa diterapkan di Sobat, cekibrot :

  1. Lingkungan yang mendukung. Percaya deh jika lingkungan sekitar Sobat dipenuhi dengan mereka yang gemar sayuran nggak akan butuh waktu lama untuk sobat bisa menjadi bagian dari mereka.
  2. Sugesti. Semakin sering Sobat mendengar orang yang berkata “sayur hari ini enak banget” atau “saya benar-benar suka dengan sayuran tadi” akan membuatmu tertarik dengan sayuran.
  3. Mulai dengan sayuran yang tidak terlalu pahit dulu, karena takutnya jika Sobat langsung mencoba sayur yang rasanya pahit akan langsung kapok.
  4. Kenali dan ketahui manfaat dari sayuran yang Sobat konsumsi, agar nanti saat sobat merasa sayur ini rasanya agak pahit bisa tetap memaksakan diri demi mendapatkan manfaatnya.

Hehehe… nggak sesulit yang dibayangkan kan…? Percaya deh sobat mengkonsumsi sayur itu akan membuat kamu lebih segar dan sehat untuk menghadapi hari baru. Nggak percaya? Buktikan sendiri deh kalau begitu ^_^

Advertisements

10 thoughts on “(AADS) Ada Apa Dengan Sayur?

  1. sepertinya bisa dicoba tuh yang poin ke 4 di alasan kenapa nggak suka sayur. seandainya saja sekarang dibuat tren “makan sayur itu gaul” saya yakin pasti bakalan banyak anak muda yang tertarik dengan sayur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

rodame's

Thought & Story

Maya e-Diary

Be a strong wall in the hard times and be a smiling sun in the good times.

Koki Kata

travelling - social - urban

M O R E T A

LAKSANAKAN KATA HATIMU

Arip Yeuh!

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

eparamata

a blog by a man from outer planet

ramdhinidwita

Please Correct Me If I am Wrong

PITA8 Outdoor Provider & Equipment (CV. Pita Delapan Abadi)

Kami selalu mengutamakan kerjasama yang baik tidak hanya untuk kepentingan sesaat.

ruang gelap aromamora_

Just another WordPress.com weblog

arthaamalia

A great WordPress.com site

Saur Manuk

Pie...isih penak jamanku to ?

Yukisub

Dorama, PV & MV Indonesian Sub

Sarana Berbagi

Berbagi untuk menang

%d bloggers like this: