Jangan Menabung! Ntar Rugi..!!


Lahir, tumbuh dan hidup di zaman yang serba cepat seperti saat ini memang memiliki tantangan tersendiri. Terlebih lagi bagi kita generasi yang berada dalam negara berkategori ‘berkembang’, dimana segala sesuatunya (entah sistem, tren dan gaya hidup) seringkali dipengaruhi oleh budaya mancanegara (yang sebenarnya belum tentu cocok dengan masyarakat lokal).

Atas nama mode (begitulah mereka menyebutnya) berbagai macam barang yang datang dari luar kemudian menjadi buruan masyarakat, entah memang ‘butuh karena fungsi’ ataukah ‘butuh karena latah’ yang jelas setiap ada ‘item’ berkategori ‘viral’ pasti akan laris bak kacang goreng.

Kebiasaan konsumtif masyarakat Indonesia memang sangat bagus dari segi bisnis, karena membantu meningkatkan perekonomian. Namun perlu juga disadari, kalau kebiasaan ‘Konsumtif’ ini ibarat pedang bermata dua. Jika disatu sisi memberikan nilai positif,  maka tidak demikian dengan sisi sebaliknya.

Emang dampaknya apa Sob…?

Entah disadari atau nggak, Gara-gara mengikuti yang namanya ‘tren’ masyarakat kita terkadang menjadi sulit membedakan mana yang menjadi kebutuhan pokok dan mana yang menjadi kebutuhan sekunder.

Ah masa sih…?

Serius, Saat ini ada loh orang yang lebih mengutamakan membeli kuota (agar bisa eksis di dunia maya) daripada dipergunakan untuk membeli beras.

Wah… gila! Nah.. kalau sudah seperti ini Solusinya apa dong..?

Jawabannya tentu saja adalah dengan berlatih menahan diri dengan ‘menabung’

 

“Menabung adalah suatu kegiatan mengumpulkan (merujuk kepada) uang (dalam jumlah tertentu) di suatu wadah/tempat (tertentu) agar dapat dimanfaatkan dikemudian hari.”

-Alfian Hoki –

Menabung….?

Yups.. Menurut Ane Menabung adalah cara terbaik untuk menangkal dan membatasi kebiasaan konsumtif masyarakat yang semakin menggila.

Sebentar… sebentar.., perasaan tadi Ane baca  judul artikel ini “Jangan Menabung” deh..?

Iya, Sobat emang bener.

Trus.. kok sekarang isinya malah suruh menabung…? #PusingKepalaBarbie

Hahaha… gini nih akibatnya kalau Sobat langsung menyimpulkan tanpa membaca artikelnya sampai selesai. Maksud sebenarnya yang ingin Ane sampaikan lewat tulisan ini adalah “Jangan Menabung dengan cara yang salah, karena akan membuat rugi”

Ooh…..begitu, Eh.. tapi emang ada ya menabung dengan cara yang salah…?

Ada, dan sebagian besar masyarakat kita masih sering melakukannya.

Hah..?

Coba deh perhatikan komik di atas, menurut Sobat apakah ada hal yang kurang tepat?

Hmm… apa ya..? kelihatannya nggak ada yang salah

Hehehe begitu ya menurut Sobat ^_^

Sadar nggak sih Sob, kalau sebenarnya selama ini kita masih sering menyepelekan yang namanya menabung. lihat saja dari kalimat yang digunakan yaitu “menyisihkan” dan “menyisakan”

Loh emang kenapa Sob…?

Mungkin terlihat sepele, tapi percaya deh Sobat, ketika kita punya pemikiran “Menyisakan uang untuk ditabung” maka pada akhirnya  yang  akan benar-benar kita tabung itu adalah “uang sisa”.

Oh.. iya ya, berarti secara nggak langsung niat kita untuk menabung setengah hati aja.

Karena itulah, kalau kita mau aktivitas menabung yang dilakukan menjadi menguntungkan maka

Jangan pernah “Sisihkan Uang” atau “Sisakan Uang” untuk ditabung, tetapi sebaliknya “Prioritaskanlah Uang” untuk ditabung. Dengan begitu hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa berfokus menabung?

Oke deh Ane bakal jelasin caranya, cekibrot:

2 Tips Agar Fokus Menabung

-*Kenali dan Cintai Aktivitas Menabung*-

Ibaratnya “tak kenal, maka tak sayang”. Gimana mau fokus menabung coba kalau sampai ini aja Sobat masih belum familiar dengan berbagai keseruan dan keasyikan dalam menabung. nah.. untuk itu, hal pertama yang harus Sobat ketahui adalah berbagai hal yang mengasyikkan dalam menabung.

-*Punya Target dalam Menabung *-

Fungsi target dalam proses menabung itu sangat besar, dengan adanya target yang ingin dicapai proses menabung Sobat jadi bisa lebih terarah. Sehingga nggak ada lagi cerita uang tabungan habis sia-sia.

 hahaha.. baru tau kalau ada istilah tabungan habis sia-sia.

Eh.. Ane pernah mengalami loh….

Jadi dulu Ane pernah menabung tanpa punya target apa-apa, intinya yang penting nabung. Bukannya bertambah, saldonya malah terus berkurang. Berbeda banget ketika menabung dengan target ingin memperbaiki rumah. Entah mengapa Pengeluaran itu menjadi dikit banget dan pemasukan semakin lancar. Alhamdulillah, kini apa yang Ane targetkan telah selesai.

Ooh.. maksudnya begitu, kalo dipikir-pikir Apa yang Ente bilang ada benernya juga. Ane juga sering  ngerasa bingung kemana Saldo uang Ane pergi padahal selama ini Ane nggak pernah melakukan aktivitas diluar kebiasaan sehari-hari deh…? 

Apa mungkin ada hantu yang menarik Saldo Ane ya..?

Hahaha… itu sih bukan gara-gara hantu, melainkan karena gaya hidup kita aja. Tau nggak Sob kalau selama ini ternyata ada beberapa aktivitas sehari-hari yang ternyata bisa menguras uang. Ini nih beberapa diantaranya:

Woaah akhirnya terungkap kenapa uang di saldo cepet abis. jujur aja kuota internet adalah yang paling ‘saru’ (nggak kelihatan) ngabisin uang.

Tuh… kan Apa Ane bilang, makanya mulai sekarang kita harus mulai menggunakan uang secara secara efisien dan Efektif.

Caranya…?

Gampang kok, ada banyak cara sebenarnya. Apa yang sebutkan ini adalah beberapa yang sukses Ane jalankan, cekibrot:

-Tips Memaksimalkan Duit-

  • Tentukan Jatah Belanja untuk (Kuota, Snack dan Hobi lainnya)
  • Keluar Belanja dalam kondisi perut kenyang
  • Bawa uang keluar secukupnya, biar belanjanya nggak brutal
  • The power of uang Receh (jadi jangan sekali-kali menyepelekan kekuatan uang receh, jangan malas untuk mengumpulkan uang receh).
  • Terapkan prinsip “Nabung dulu, baru habiskan sisanya”

Sip deh, nanti Akan Coba terapkan

Untuk Sobat yang benar-benar ingin serius menabung secara maksimal, maka Sobat harus menaikkan level tabungan Sobat menjadi “investasi”. Kenapa…? Karena investasi menawarkan keuntungan (disertai pengorbanan juga tentunya) yang lebih besar dibandingkan menabung biasa.

Untuk Sobat ketahui Investasi ada berbagai macam bentuknya, Ane bakal jelaskan beberapa diantaranya:

-Investasi (mainstream) Deposito-

Sebenarnya Ketika Sobat menabung di bank itu sudah bisa disebut dengan investasi, namun jika ingin merasakan sensasi maksimal dari investasi maka Sobat harus mencoba yang namanya “Deposito” atau tabungan berjangka. Bunga dan keuntungan yang didapat akan lebih banyak daripada tabungan biasa, hanya saja ketika memilih mode ini Sobat harus mematuhi aturan khusus yang telah ditetapkan (misalnya tidak boleh mengambil uang dalam jangka beberapa bulan dll.)

Satu hal penting yang harus Sobat perhatikan jika ingin melakukan Deposito adalah memilih bank yang tepat,

Kenapa harus di bank?

Dengan memilih bank yang tepat, terutama yang menjadi peserta Penjaminan LPS keamanan dana nasabah akan lebih terjaga. Makanya nggak heran kalau Deposito ini adalah bentuk investasi yang paling aman.

Kok bisa sih..? memang ada apa dengan LPS…?

LPS sebagai Lembaga Penjamin Simpanan akan menjamin setiap dana nasabah yang tersimpan di setiap bank anggota. Nggak tanggung-tanggung loh, nilai simpanan yang dijamin oleh LPS itu besarannya mencapai hingga Rp. 2 Milyar per nasabah

-Investasi Usaha-

Jika Sobat nggak ingin terjun langsung dalam kegiatan usahanya, maka Syarat utama agar investasi ini bisa sukses adalah menemukan partner terpercaya. Kenapa…? karena Dalam investasi ini yang Sobat lakukan adalah mempercayakan uang Sobat untuk dikelola partner usaha.

Apakah Sudah pernah praktek di model investasi ini?

Ane sudah dua kali mencoba investasi jenis ini, dan jujur saja hasilnya memuaskan dan mengesalkan.

Loh kok bisa..?

Hasil memuaskaan di dapatkan saat investasi pertama, saat itu partner Ane benar-benar bekerja dengan maksimal, sehingga keuntungan yang diperoleh pun sukses maksimal. Nah..  berbeda dengan sebelumnya dalam investasi keuda orang yang menjadi partner sekaligus karyawan Ane ternyata nggak profesional dia pergi ditengah jalan.

Kenapa nggak cari yang lain saja…?

Karena investasi yang kedua itu dalam usaha jasa, cukup sulit untuk menemukan tenaga dengan kualitas yang setara dengan secara cepat.

Owh.. berarti peranan partner sangat besar ya.

Pastinya.!

-Investasi 1000% Bunga-

Kalau ada yang bertanya investasi apa yang paling ‘Super’ maka Investasi 1000% Bunga ini adalah jawabannya. Menurut Ane ini adalah investasi terbaik dari yang terbaik, karena bisa memberikan kita keuntungan sampai dengan 1000%

Ah.. Lebay, mana mungkin ada yang seperti itu.

Ada kok, dan sudah banyak sekali orang yang membuktikannya

Cara bagaimana…? Jadi penasaran

Begini caranya :

Waw… super sekali, kalau yang ini nggak perlu dijelaskan lagi Ane udah paham.

Benar kan…?

Memang sih masih ada sebagian yang belum percaya, tapi banyak orang yang menganjurkannya. Tapi jangan salah, Sobat nggak perlu menginvestasikan semuanya, cukup seikhlasnya saja, dan buktikan sendiri cepat atau lambat “bunga 1000%” akan benar-benar datang.

Sepakat!

Setelah sampai di penghujung artikel, Sekarang Sobat tentunya udah paham dong dengan maksud sebenarnya dari judul artikel diatas?

Yups… pastinya

Apa itu..?

Jangan Menabung dengan Cara yang Salah, karena Akan merugikan.

Top deh, karena itu yuk mari sejak dini biasakan diri menabung agar semakin banyak hal positif yang bisa kita lakukan di masa depan. Sebagaimana pesan yang disampaikan oleh Rahmat Yuliardi salah satu juara Quote motivasi yang diadakan di instagram lps_idic

Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Menabung, Salam Investasi, Salam blogger dan

Salam HOKI

 

 

Sumber Artikel dan Gambar
instagram LPS_idic
lps.go.id
finansialku.com
Dok. Pribadi
@act_ntb (Aksi Cepat Tanggap)
@Bukuini.akupinjam (BAP)
@netmediatama

26 thoughts on “Jangan Menabung! Ntar Rugi..!!

    1. untuk awal, ente bisa kok pilih deposito yang jangka waktuny nggak terlalu lama, misal yang 1 bulan. ntar kalo udah terbiasa baru deh tingkatin ke yang maksimal

  1. Ane juga makin semangat menabung habis baca blognya. Apalagi ada komiknya. Hehe rekening bank ada animasi kartunnya boleh juga tuh. Hehe

  2. Kartunnya dan artikelnya bagus banget sob.

    Hehe.. cuma ada satu referensi yg kurang tuh.. Infografis 4 manfaat menabung di bank itu saya yang buat untuk artikel saya yg berjudul ‘Ketahui 5 Rahasia Menabung yang Bisa Mengubah Hidupmu’

    Nih linknya :
    kompasiana*com/nodiharahap/5b5498e25a676f6fa53a2586/ketahui-5-rahasia-menabung-yang-bisa-mengubah-hidupmu?page=1#

    dan

    sempurnadengansederhana*blogspot.com/2018/07/ketahui-5-rahasia-menabung-yang-bisa*html?m=1

    #bloggersantun #salingmenghargai

    1. Astaga….! Jujur Sob Ane kira itu infografis milik LPS, ternyata buatan Ente Toh. Maaf ya Sob, Ane Salah.
      Oke sekarang udah Ane Hapus dan eksekusi gambarnya. Terimakasih udah mengingatkan ya.

      salam blogger dan salam HOKI

  3. niat awal mau komplain dengan judul artikel ini, eh pas dibaca akhirnya gw jadi ikutan setuju.
    pokoknya “Jangan Mau Nabung!” (syarat dan ketentuan berlaku) ^_^

  4. “sedikit demi sedikit menjadi bukit” itu asyiknya menabung dirumah, makanya sampai sekarang saya masih menggunakan celengan hehe

Leave a comment