Melihat “Keajaiban Evolusi” ASUS ROG Phone 8: Inovasi keren yang menawarkan segudang manfaat bagi gamer dan konten kreator


Siapa sih yang tidak kenal dengan ASUS ROG Phone?

Ponsel yang lahir sebagai entitas gaming berkat banyaknya fitur menarik untuk memudahkan sekaligus memaksimalkan pengalaman bermain game menjadi  luar biasa, sehingga mampu memberikan sensasi berbeda Dimana pun dan kapan pun kamu bermain.

Adalah value dari brand ROG ini yang nyata bukan sekedar gimmick membuatnya tak tertandingi dan menjadi pilihan terbaik sebagai smartphone gaming no 1  di dunia

Namun apa jadinya jika Smartphone gaming tersebut kini telah berevolusi menjadi lebih dari sekedar untuk bermain game saja, melainkan menjadi ponsel yang mampu menghadirkan pengalaman premium terbaik bagi audiens yang lebih luas tak hanya untuk para gamers saja.

Perkenalkan Inilah sang maestro terbaru, ASUS ROG Phone 8.

Tanggal 9 Januari 2024 akan diingat sebagai hari dimulainya perjalanan revolusioner dalam Sejarah teknologi mobile gaming. Pasalnya pada saat itu ASUS Republic of Gamers (ROG) telah mengumumkan seri terbaru ROG Phone 8, Sebuah mahakarya yang merupakan penyempurnaan dari seri-seri sebelumnya.

Jika awalnya ROG Phone hanya terfokus pada satu sisi saja seperti gaming, maka di seri terbaru ini semuanya telah berubah, ROG Phone 8 telah berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer. 

Dengan jargon “Beyond Gaming” ASUS seolah ingin menunjukkan kalau seri ROG Phone 8 telah sepenuhnya ditata ulang. Sembari mempertahankan reputasi gamingnya yang sempurna, kemampuan ponsel terbaru ini di berbagai sisi di tingkatkan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan daya Tarik bagi siapa pun yang mencari lebih dari sekedar ponsel harian. Sederhananya ROG Phone 8 kini hadir sebagai solusi all-in-one yang Tangguh.


Dari Kekurangan Menjadi Kelebihan

ASUS adalah salah satu brand yang berkembang berkat mendengarkan masukan dan saran dari pelanggannya, buktinya beberapa poin berikut pernah menjadi  kekurangan yang dikeluhkan pada seri ROG sebelumnya, namun akhirnya berubah menjadi kelebihan pada ROG Phone 8, apa saja?

1.Kualitas kamera

Ini adalah poin yang selalu dibahas dalam setiap review. Oke, orang-orang memang sadar kalau ROG Phone hadir sebagai ponsel gaming sehingga tidak perlu fokus pada kamera, namun yang sering dikeluhkan adalah adalah konfigurasi kamera yang diberikan terlalu standar sehingga tidak menunjukkan kelasnya sebagai HP Flagship.  

Evolusi pada ROG Phone 8: AI Kamera Tingkat Pro

Lain dahulu, lain sekarang.

Ada banyak inovasi keren yang disematkan pada kamera ROG Phone 8 untuk memberikan sensasi premium tidak hanya untuk gamers saja, tetapi untuk menunjang gaya hidup semua kalangan.

Salah satu yang paling dasar misalnya peningkatan kualitas Kamera, untuk kamera utama menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru serta peningkatan kamera depan sebesar 32 MP. Berkat inovasi ini aktivitas selfie, video call, maupun mendapatkan gambar yang super jernih dan dinamis jadi lebih mudah.

Menariknya lagi upgrade pada kameranya tak hanya sampai disitu saja, berikut adalah berbagai perubahan keren pada kamera ROG Phone 8:

-6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0

Ucapkan “Selamat Tinggal” pada foto dan video blur akibat guncangan saat pengambilannya. Teknologi anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS dapat memastikan video yang lebih mulus serta bebas guncangan. Dengan koreksi gerakan sekitar 3 derajat membuat hasil video/foto yang diambil sangat stabil walaupun saat dalam kondisi bepergian.

Kualitas video yang didapatkan akan semakin maksimal berkat teknologi OZO Audio yang mampu menghilangkan suara angin di luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.


-Kamera ultrawide 13 MP yang memiliki lensa bebas

Gambar yang memukau namun tetap natural dapat dihasilkan berkat adanya lensa free-form dan algoritme canggih yang mampu mengurangi distorsi lensa. Seri ROG Phone 8 ini memberikan jaminan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman.

-32 MP telephoto dengan 3X optical zoom dan OIS

Teknologi ini sangat spesial, karena untuk pertama kalinya seri ROG Phone 8 menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Bahkan untuk mendapatkan foto yang bagus dalam kondisi minim Cahaya pun tidak menjadi masalah berkat Night Photography serta Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.


2.Berat

Sebagai ponsel gaming memiliki desain yang kokoh dan tebal diperlukan agar dapat bertahan lama, akan tetapi hal tersebut membuat ROG Phone terasa lebih berat dibandingkan ponsel lain di pasaran.

Evolusi pada ROG Phone 8: Lebih dari sekedar permainan

Demi memenuhi harapan konsumen ASUS telah mendesain ROG Phone 8 sedemikian rupa agar lebih ramping dari versi sebelumnya. Hasilnya, ponsel premium ini berhasil menjadi lebih tipis 15%, lebih kecil 17%, dan lebih ringan 9% dari pendahulunya. Perubahan itu pula membuat pengguna menjadi semakin mudah mengakses berbagai fitur yang ada, sehingga membuat  ponsel ini sekarang sangat cocok digunakan untuk para gamer, streamer, content creator dan masih banyak lagi.

==========

Tunggu…! Jika berhasil dibuat lebih ringan bukankah itu berarti ada komponen di bagian dalam yang dikurangi? Lalu bagaimana dengan kualitasnya untuk bermain gamingnya? Jangan-jangan bagian itu yang dikurangi demi mewujudkan evolusi ROG Phone 8 diberbagai sisi berhasil?

Jawabnya “TIDAK!”

ROG Phone adalah series yang lahir, dikenal dan besar karena spesialisasinya pada gaming. Oleh karena itu alih-alih dikurangi, kemampuan itu justru dinaikkan levelnya. Berikut adalah buktinya:

Evolusi pada ROG Phone 8: Performa yang tak terkendali:

Memori Gahar

Menggunakan Platform Seluler Snapdragon® 8 Gen 3 3,3 GHz, CPU menjadi 30% lebih cepat7 dan GPU 25% lebih cepat7 dibandingkan sebelumnya. ROG Phone 8 Pro juga dibekali RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan ROM UFS 4.0 yang menghasilkan performa benchmark yang melampaui pesaing di kelasnya.

Kombinasi ini memungkinkan kamu untuk bermain gaming dengan settingan rata kanan alias settingan maksimum. Greget banget kan?!

Penyimpanan  Besar

Storage di ROG Phone 8 menggunakan UFS 4.0, Dimana kecepatan transmisi datanya bisa mencapai 4.200MB/dtk untuk membaca dan 2.800MB/dtk saat menulis data ke drive, yang berarti 2x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Nyaman Digunakan

Memperhatikan kebutuhan untuk melakukan sesi gaming maraton ROG Phone 8 telah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

Pendingin external clip-on AeroActive Cooler X terbaru dapat ditambahkan untuk kenyamanan bermain semakin meningkat. Hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.

Tahan air

Tak hanya menawarkan performa terbaik, kenyamanan pengguna pun turut menjadi perhatian ASUS. oleh karena itu ROG Phone 8 merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68, yang artinya ponsel ini memiliki ketahanan terhadap debu dan air lebih baik dari generasi sebelumnya. Anda dapat bermain gaming dimanapun tanpa harus merasa khawatir.

==========

Sebagai ponsel premium tentunya kenyamanan bermain game dan kemudahan membuat konten tidak hanya ditentukan oleh dapur pacu atau bentuk fiturnya saja, kualitas display yang mumpuni juga sangat mempengaruhi kenyamanan pengguna, oleh karena itu Display ROG Phone 8 juga didesain ramah terhadap mata sehingga pengguna bisa berlama-lama dalam melakukan berbagai aktivitas bersama ponsel ini.

Evolusi pada ROG Phone 8: Ultra-bright display

ROG Phone 8 Pro dilengkapi dengan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO yang mampu mengurangi konsumsi daya. Pengguna juga dapat memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk mendapatkan respons instan yang luar biasa.

Hebatnya lagi  bermain game atau menonton film di bawah sinar matahari langsung dapat dilakukan tanpa masalah, berkat Kecerahan puncak yang ditingkatkan hingga 2500 nits.

Evolusi pada ROG Phone 8: Audio yang jernih

Kualitas audio yang ditanamkan pada ponsel ini membuat suara yang dihasilkan sangat jernih, Pengguna ROG Phone 8 bahkan dapat merasakan Sensasi seperti teater saat bermain game, streaming film, atau mendengarkan music saat menggunakan Headphone.

Keberadaan fitur AI Noise Cancellation10 terbaru juga membantu mengatasi kebisingan latar belakang yang tidak diinginkan agar suara yang ingin direkam tetap terdengar jernih.

==========

Seiring perubahannya yang ingin menjangkau lebih banyak pengguna baru, di ROG Phone 8 kini dilengkapi oleh banyak fitur kecerdasan buatan (AI) yang komplit, untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital.

Evolusi pada ROG Phone 8: Fitur yang disempurnakan AI

AI X-Sense:

Saat bermain game, dengan menerapkan AI pengenalan pola AI ini tidak hanya mampu mendeteksi kejadian penting tetapi juga secara otomatis mengumpulkan item dll, semuanya ditampilkan pada notifikasi pop up.

X Capture:

Fitur AI ini dapat membantu merekam berbagai momen keren pengguna, hanya dengan menerapkan AI pengenalan pola maka X Capture secara otomatis akan mengabadikan aktivitas pemain dalam layar.

AI Grabber:

Fitur AI Grabber berfungsi mendeteksi tulisan dalam game, setelah terdeteksi, fitur ini dapat mencarikan kata tersebut pada kolom pencarian, sehingga memudahkan pengguna mencari guide untuk mendapatkan item tertentu.

AI Noise Cancellation:

AI ini cocok digunakan untuk konten kreator yang ingin merekam suaranya menjadi lebih jernih. Dengan fitur ini suara bising yang tidak diinginkan dapat dihilangkan dan hanya berfokus pada suara pengguna saja.

AI Wallpaper:

AI dapat mengubah prompt tulisan menjadi gambar berbasiskan AI untuk dijadikan wallpaper.

Semantic Search:

fitur AI ini memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi dan sistem pengaturan. Hanya dengan memasukkan kata-kata yang terkait, fitur akan memunculkan hal yang dicari dengan akurat.

Rekomendasi terbaik

Setelah mengetahui fitur serta kemampuan yang ada di dalam ponsel ini rasanya sudah tak ada lagi keraguan untuk memilih ROG Phone 8 sebagai senjata utama mereka yang ingin menjadi konten kreator.

Alasannya sederhana karena ROG Phone 8 punya segalanya yang dibutuhkan. Lihat saja gadget ini mampu menjalankan game-game berat dengan lancar, bukankah dengan fakta tersebut Anda akan mendapatkan bahan konten dengan mudah?

Atau jika tidak tertarik pada konten gaming maka Anda dapat memanfaatkan kualitas kamera ROG Phone 8 yang 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer untuk membuat konten jalan-jalan, petualangan, atau bahkan suasana dalam air (mengingat ponsel ini memiliki  sertifikasi IP68 pertama di dunia).

Ah iya, satu poin menarik lagi kenapa ROG Phone 8 ini menarik yaitu adanya fitur AniMe Vision, elemen unik berupa logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition). Fitur ini memungkinkan pengguna menunjukkan kreativitasnya dalam layar 341 elemen yang dapat menampilkan mini animasi.

Bagaimana? Menarik bukan?!

Agar Sobat tidak ketinggalan Promo menariknya silahkan cek info lengkapnya dibawah ini ya:

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp.10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp.10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp.14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom black – Rp.19.999.000

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo:
Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store.
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Stroe dan Asus Authorized Partners

Consumer Lauch Sales Promo:
Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo hanya berlaku di Offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024

Nah… Bagaimana Sobat? Yuk buruan Action Biar nggak ketinggalan Promo kerennya…!

Selamat berburu ROG Phone 8 dan semoga artikel ini bermanfaat ya.

—-[]—-

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

—-[]—-

Sumber gambar dan artikel:

https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-8-pro

https://www.,kabarinspirasi.com/lifestyle/18911705221/topik-khusus.html

https://carisinyal.,com/review-asus-rog-phone/

Leave a comment