3 Alasan Kenapa Anda Butuh Zenbook DUO (UX8406MA), Laptop Dua Layar Terbaik di tahun 2024


-Salah kaprah

Saya mau tanya nih Sobat,

“Sobat pernah merasa aneh nggak, ketika melihat orang yang memakai dua layar komputer?”

Kalau saya “Iya!”

Jujur saja sampai dengan beberapa waktu lalu saya  masih heran dengan orang-orang yang bekerja memakai komputer dua layar.

“Biar dikira hebat kali ya…” begitu pikir saya.

Maksud saya “memangnya serumit apa sih pekerjaannya? sampai harus memakai layar tambahan begitu?”

Oke mungkin mereka menggunakan beberapa aplikasi  berbeda sekaligus, tapi kalaupun benar bukankah di setiap komputer itu sudah terdapat fitur yang memungkinkan kita untuk berpindah pindah layar dan aplikasi dengan mudah? seperti kombinasi tombol “alt + Tab” di windows misalnya.

Setidaknya itulah pemikiran saya sebelum mengetahui fakta rahasia dibaliknya.

-“Tak tahu, maka tak ingin”

Entah ini disebut “jodoh” atau “karma”, Setelah sebelumnya menganggap mereka yang menggunakan 2 layar sebagai “orang yang cuma mau pamer saja” beranda sosmed saya tiba-tiba dipenuhi oleh konten dari pengguna komputer dua layar. Memang sih kontennya itu random sepert review game, gadget menarik, hingga reaction, tapi yang membuat heran adalah kebanyakan usernya menggunakan komputer 2 layar.

Makin penasaran, saya akhirnya googling dan bertanya sana sini mengenai manfaat komputer dengan 2 layar, hingga akhirnya menemukan jawabannya dari teman yang bekerja sebagai programmer. Menurutnya di dunia pemrograman hal tersebut lumrah dilakukan untuk meningkatkan kinerja.

“loh kok bisa?!”

Dalam prosesnya, pemprograman itu biasanya membutuhkan waktu lama, oleh karena itu jika menggunakan satu monitor saja tangan dan mata kadangkala akan lelah akibat bolak balik ngeklik atau berpindah dari satu window ke window lainnya. Apalagi jika aktivitas itu dilakukan sambil mendengarkan musik atau mencari referensi.

Selain itu multi monitor juga sangat membantu untuk menampilkan/mencoba hasil program yang kita tulis. Apalagi kalau program tersebut punya unsur User Interface, baik dalam bentuk Windows atau di Browser.

“Wow… berarti komputer 2 layar itu diperuntukkan khusus untuk programmer ya.” Pikir saya.


-Zenbook DUO UX8406MA Laptop Dua Layar Terbaik

Alih-alih puas, justru sebaliknya semenjak tahu fungsi dari komputer 2 layar saya malah jadi semakin penasaran dibuatnya. 

Apalagi di medsos, orang-orang yang menggunakan komputer multi layar itu makin banyak bermunculan. Menariknya para pengguna-nya tak terbatas pada programmer saja, para gamers dan konten kreator pun banyak yang menggunakan computer dua layar. Fakta itu kemudian membuat saya semakin bersemangat untuk mencari informasi mengenai jenis perangkat computer/laptop yang support 2 layar. Kalau ada yang cocok saya ingin mencobanya.

Dan pencarian itu pun berakhir pada Zenbook DUO UX8406MA.

Zenbook DUO (UX8406) Adalah produk Laptop premium terbaru ASUS yang resmi diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 7 Maret 2024. ASUS Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED ini di klaim sebagai yang terbaik di dunia berkat desain inovatifnya dan kemampuannya yang revolusioner.

Menurut saya tidak ada ungkapan yang paling cocok selain “Luar Biasa!” Ketika pertama kali melihat laptop ini.

Ini beneran fakta,  karena semua aspek penting seperti kecanggihan teknologi, baterai berdaya tahan lama, spesifikasi mumpuni, hingga kenyamanan penggunaan semuanya sudah terkumpul dalam satu laptop. Semua ini jelas akan memudahkan untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Percaya atau tidak percaya itu terserah Anda. Tapi saya harap Sobat membaca tulisan ini sampai akhir, agar dapat mengetahui alasan mengapa ASUD  Zenbook DUO (UX8406) dianggap sebagai Laptop dua layar terbaik di dunia dan kenapa Anda membutuhkannya.

Cekibrot….

Percaya diri adalah kemampuan dalam menyakinkan diri pada kemampuan yang dimiliki, sehingga merasa bebas dalam melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan, dan tentunya memiliki rasa tanggung jawab terhadap keputusan dan tindakan yang dilakukannya.

Kemampuan ini jelas merupakan modal yang sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terlebih di era yang persaingannya semakin ketat seperti saat ini.

Rasa percaya diri menuntun seseorang untuk memiliki visi dan misi jelas, serta pandangan maju yang berani. ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir dengan Desain Inovatif dan berbeda dengan lain, sekaligus menunjukkan kesiapan Anda untuk menghadapi tekanan dan tantangan.

Laptop Revolusioner:

Asus Zenbook Duo (UX8406) mengusung  dua layar berteknologi ASUS Lumina OLED berukuran 14 inci dengan resolusi yang tinggi. Tidak main-main Sobat, panel yang disematkan di kedua layar tersebut adalah OLED dengan resolusi 3K dan sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Selain memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat dengan tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3. Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen, hal ini memungkinkan Sobat untuk dapat menggunakan stylus ASUS Pen 2.0 secara bebas diatasnya dengan hasil input yang presisi.

Fleksibel, Mudah, dan Nyaman Digunakan:

Dengan bobot hanya 1,35 kg dan ringkas dengan ketebalan hanya 14,6 mm memudahkan laptop ini untuk dibawa bepergian. Keyboardnya pun di desain tipis dan mudah dilepas, berkat sistem cerdas yang memungkinkan laptop untuk menggunakan koneksi langsung ke laptop saat digunakan di Laptop Mode, serta beralih menggunakan koneksi Bluetooth secara otomatis saat dilepas dari bodinya. Sedangkan untuk pengisian dayanya dapat dilakukan secara otomatis saat Zenbook DUO (UX8406) digunakan pada Laptop Mode, yaitu ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop.

Hadir sebagai perangkat revolusioner yang menjadi standar laptop dua layar, ASUS Zenbook DUO (UX8406) mengubah cara interaksi pengguna dengan desain laptopnya. Berkonsep “Fleksibel” Laptop ini memiliki  port dan konektivitas yang sangat lengkap, selain itu ada lima mode penggunaan yang dapat menjadi ciri khas sekaligus memenuhi segala macam kebutuhan Anda.

Laptop Mode:

Zenbook DUO (UX8406) tampil Layaknya laptop clamshell pada umumnya, tidak ada perberbedaan yang mencolok dalam mode ini. Dengan tampilan standar satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya, Mode ini sangat cocok digunakan ketika berada dalam pesawat, kereta api, mobil atau di ruang terbatas.

Laptop Mode with Virtual Keyboard:

Sekilas mode ini tidak jauh berbeda dengan mode sebelumnya, yaitu sama-sama menggunakan konsep laptop standar, pembedanya adalah tidak adanya keyboard fisik yang digunakan. Jadi Melalui ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual.

Dual-Screen Mode:

Mode utama sekaligus anti-mainstream yang paling membedakan Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lainnya. Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua secara penuh, diaktifkan dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi di belakang bodi, dapat dikontrol langsung dengan touchscreen atau menggunakan keyboard fisik yang otomatis tersambung via Bluetooth.

Desktop Mode:

Jika mode sebelumnya diwujudkan dalam posisi horizontal maka pada Desktop mode sebaliknya, Menawarkan layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan yang setara dengan monitor 19,8 inci. Mode ini cocok digunakan untuk menulis artikel, browsing, bermain sosmed, maupun coding.

Sharing Mode:

Mode ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain,

eh kok bisa?

Yups… ini adalah mode yang cukup unik yang dapat ditemukan pada laptop Zenbook DUO (UX8406). Diaktifkan dengan membuka layar laptop ini hingga 180° kemudian aktifkan mode ini lewat ScreenXpert, kedua layar akan saling menampilkan objek yang sama namun bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung melalui laptop. Menarik bukan?!

2., Meningkatkan Performa

Secara sederhana performa berarti Tingkat pencapaian atau hasil yang dihasilkan oleh seseorang dalam menjalankan tugas atau pekerjaan tertentu.  Lewat performa kita juga dapat melihat sejauh mana seseorang mampu menggunakan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang dimilikinya untuk mencapai hasil yang diharapkan.

Setiap orang tentu punya performa yang berbeda karena pada dasarnya konteks dan jenis pekerjaannya pun berbeda.  Walau begitu  tujuan akhir dari performa tetap sama, yaitu peningkatan dan prestasi. Oleh karena itu Laptop Zenbook DUO (UX8406) datang untuk membantu mendongkrak kinerja Anda.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Performa Terbaik Ditenagai AI

Tak bisa dipungkiri kalau saat ini penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah  mempermudah kehidupan manusia. Berkat penggunaan AI yang tepat kita dapat mengolah informasi, mengekstrak pola, dan membuat keputusan dengan tingkat efisiensi dan akurasi dengan lebih cepat.

Laptop Zenbook DUO (UX8406) Hadir dibekali prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru. Prosesor Intel® Core™ Ultra yang dilengkapi NPU atau Neural Processing Unit yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI.

Selain itu, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H juga dibekali chip grafis Intel® Arc™ yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Hebatnya lagi teknologi ini mampu memaksimalkan semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI tanpa menguras daya secara berlebihan.

Kabar baiknya Zenbook DUO (UX8406) sangat memanjakan para konten kreator, karena  Chip grafis Intel® Arc™ juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Intel® Arc™ yang mampu mengakselerasi pemrosesan grafis serta video encoding dengan baik.

3., Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Mempunyai rasa percaya diri dan memiliki performa kerja yang baik merupakan modal utama untuk sukses, namun faktanya dalam kehidupan bermasyarakat kedua hal itu belum cukup. Sobat harus memiliki kemampuan bersosialisasi untuk melengkapinya.

Alasannya?

Karena bersosialisasi dapat mempererat hubungan dengan dua individu atau lebih, dan kita sebagai mahluk sosial tak bisa mengabaikannya,

Lalu disinilah Zenbook DUO UX8406MA akan membantu Anda.

Caranya…?

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya kalau Zenbook DUO UX8406MA ini memiliki ‘Sharing mode’. Di dunia kerja mode ini cocok digunakan saat meeting dengan klien dan ingin langsung menunjukkan hasil pekerjaan ke klien.

Nah… Yang membuatnya semakin menarik adalah mode ini memungkinkan pengguna untuk saling berkolaborasi pada masing-masing layar di depannya. Dengan demikian kedua pengguna dapat saling menambahkan, mengurangi, bahkan mengubah secara langsung poin-poin pada layar.

Fitur inilah yang bisa dimaksimalkan untuk membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi Sobat. Misalkan saat berada di kampus Anda dapat  berbagi layar untuk mengerjakan laporan, saling melengkapi tugas yang dibuat, serta membuat persentasi Bersama kelompok.

Dalam lingkungan antar tetangga, sharing mode dapat digunakan untuk saling melengkapi informasi, menemani berdiskusi mengenai hal-hal ringan, atau berbagi tentang hal-hal menarik untuk mendapatkan bahan obrolan dan lain sebagainya.

Dalam lingkup keluarga pun Anda tetap dapat menggunakan mode sharing untuk berbagi tampilan layar untuk mengaji atau belajar, mengawasi tontonan anak,  hingga berbagi canvas untuk menemani anak menggambar.

Nah.. bagaimana Sobat? bukankah Ada banyak sekali scenario yang dapat diwujudkan Bersama Zenbook DUO UX8406MA?

Kesimpulannya Zenbook DUO (UX8406) dapat tampil sebagai laptop layar ganda terbaik di dunia tidak terjadi begitu saja, melainkan karena laptop tersebut telah melewati proses pengembangan secara konsisten selama bertahun-tahun. Hasilnya lahirlah berbagai fitur inovatif, revolusioner dan bermanfaat yang menjadikannya sebagai wujud sempurna dari semua laptop layar ganda.

Zenbook DUO (UX8406) Layak Untuk Anda, Sobat.


Berikut adalah spesifikasinya:


sumber gambar dan artikel:

Leave a comment