Beberapa Tips Unik Ini Bisa Membantumu Tertidur Lelap Loh…


komik aplod okeTidur itu memang nggak bisa dianggap sepele Sobat.
Kenapa….?
karena tidur itu merupakan salah satu aktifitas alamiah dari kehidupan mahluk hidup selain makan. Dan hebatnya lagi ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari tidur.
Ah Yang bener….?
Beneran Sob…, nih Ane tunjukin beberapa di antaranya :

•    Meningkatkan daya ingat
Ketika kita tidur tubuh akan memproses dan mengingat kembali beberapa hal yang telah kita lakukan selama terjaga, sehingga ketika kita terbangun ingatan akan hal yang kita pelajari akan lebih segar.

•    Meningkatkan Kreatifitas
Peneliti Harvard dan Boston College menemukan bahwa selama kita Tidur otak akan menata dan merestrukturisasi memori. Hal ini akan memperkuat komponen emosional memori sehingga bisa memacu lebih banyak proses kreatif kita.

•    Mengurangi Stress
Stress biasanya disebabkan akibat banyaknya aktifitas yang dikerjakan oleh otak, karena itu tak jarang proses berfikir yang dilakukan terus menerus dapat memicu stress.  
Tidur adalah salah satu cara terbaik untuk membantu otak lebih rileks dan santai.

Wow……?
Nah dari beberapa penjelasan diatas sekarang Sobat tentu sudah tau dong tentang bagaimana pentingnya manfaat tidur ini untuk kesehatan, jadi mulai sekarang udah nggak ada alasan lagi untuk menyepelekan aktifitas yang satu ini.

Oke pengetahuan Ane tentang manfaat tidur memang bertambah.
Tapi  yang jadi masalah,  Kenapa kok sekarang Ane susah banget bisa tidur lelap ya…?
Hmm….
Ada banyak faktor yang bisa membuat hal seperti itu terjadi, tapi jangan khawatir Sob sebab Ane punya beberapa tips unik yang pasti bisa membantu Ente kembali tidur dengan lelap.
Serius…?
Yups…, makanya nggak usah pake basa basi lagi langsung aja ya simak tipsnya cekibrot……

Tips 1: Jauhkan gadget dari tempat tidur.
Selain sering mengganggu tidur karena aktifitas langsung seperti update status, browsing, main game dll. Secara tidak langsung gadget juga ternyata bisa menganggu aktifitas tidur kita loh.
Tau nggak Sob kalau ternyata sinar yang dipancarkan melalui layar LED smartphone itu dapat menghambat produksi hormon melatonin.

Apa sih hormon melatonin itu…?
Melatonin adalah sebuah hormon pada otak yang berfungsi memberikan informasi bahwa hari sudah gelap (hormon yang kita butuhkan untuk bisa mengantuk). Nah dengan terganggunya produksi melatonin ini otomatis juga akan merusak jam biologis tubuh.
Yuk mulai sekarang jauhkan gadgetmud dari tempat tidur.

Tips 2: Minum Secangkir susu hangat.
Segelas susu hangat memiliki efek yang bisa membuat Sobat mengantuk.
Kenapa?
Karena Susu mengandung tryptophan, asam amino yang mempunyai efek sedatif dan kalsium yang dapat membantu otak untuk menggunakan tryptophan untuk menghasilkan hormon melatonin lebih banyak sehingga bisa membuat Sobat mudah tertidur.

Tips 3: Menghitung mundur.
Menurut para ahli menghitung mundur dapat membantu kita untuk tertidur lelap.
Kenapa..?
Karena melakukan hal yang monoton seperti ini dapat membuat otak lebih santai alias menenangkan pikiran.
Oh iya, mulai menghitung mundurnya dari ribuan atau ratusan ya biar lebih greget 😀

Tips 4: Menulis.
Sobat sering bangun mendadak di tengah malam…?
Kalau iya berarti kita sama 😀 , hal seperti itu biasanya terjadi akibat ada suatu pikiran yang masih mengganjal.
Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Sediakan alat tulis dan kertas di dekat tempat tidur. Lalu ketika sesuatu mulai mengganggu pikiran Sobat, langsung tulis saja. Kemudian lupakan hal tersebut dan pergi tidur.
komik 4 aplod

Tips 5: Menekuk jari kaki.
Tau nggak Sob Menekuk jari-jari kaki dan menahannya hingga beberapa hitungan ternyata bisa membuat seseorang merasa tenang. Caranya tempelkan kaki satu sama lain lalu tekuk jari-jari kaki hingga hangat. Lakukan ini beberapa kali, dan rasakan ketika tubuh dan pikiran Sobat mulai tenang.

Tips 6: Temukan Posisi Tidur Favoritmu.
Mungkin Sobat menganggap ini bercanda, tapi percaya deh Sob Ane serius. Sebab kenyataannya memang benar Ane Cuma bisa tidur dengan satu posisi saja yaitu menghadap samping sambil memeluk guling, kalau selain dari posisi itu Ane nggak bakal bisa tidur.
So buat Sobat yang nggak bisa tidur coba deh temukan posisi tidur yang paling nyaman.

Tips 7: Ubah Mode Otak “Siaga” menjadi Mode “Tenang”.
Sobat sadar nggak kalau kita mencoba tidur setelah menggunakan komputer atau smartphone akan terasa lebih sulit.
kenapa….?
Karena pada saat itu otak Sobat masih dalam mode “Siaga” alias masih panas-panasnya. Jadi cobalah tenangkan diri sejenak dan tak usah berpikir macam-macam agar otak Sobat cepat menjadi dingin atau kembali ke Mode “Tenang”

Tips 8: Bernyanyi.
Otak adalah salah satu bagian tubuh manusia yang selalu aktif bekerja, proses penyampaian pesan dan sinyal ke otak yang tidak tentu waktunya  seringkali menyebabkan otak sibuk dan membuat kita terjaga.
Lalu bagaimana cara mengatasinya…?
Bernyanyilah,
Lho….?
Iya bener Sob, para peneliti menemukan kalau aktifitas bernyanyi dapat mengganggu jalannya pesan dan sinyal ke otak. Jadi ayo segera pilih dan siapkan lagu favorit Sobat.
Eh tapi nyanyikan dengan suara pelan ya, biar nggak ada yang terganggu.

itulah beberapa tipsnya, coba deh Sobat praktekkan tidurnya nanti pasti bakal lelap deh.. 😀

sipp! Nais info Sob. ntar sesampai di kos langsung Ane Coba
okeh…

………………………………………[]………………………………………

komik 2 aplod
selain faktor internal, salah satu penyebab utama yang membuat orang sulit bisa tidur dengan nyenyak adalah karena gangguan mahluk yang bernama nyamuk ini.  Jangan tertipu dengan ukurannya Sob, sebab Walaupun  kecil tapi dampak yang dihasilkan oleh mahluk ini sangat besar. Trust Me!  
#korbannyamuk

Ada banyak cara untuk mengusir nyamuk antara lain menggunakan cara manual maupun dengan auto. Kedua cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Cara manual menurut Ane adalah cara terbaik karena ramah lingkungan namun kelemahannya hasil yang diperoleh kurang maksimal dan lebih membutuhkan waktu serta tenaga ekstra. Nih beberapa contoh aplikasi penggunaan cara manual  yang paling sering dipakai.

Raket  Listrik Hunter :
Cara penggunaan: Sobat hanya perlu menggerakan raket listrik kearah nyamuk-nyamuk yang berterbangan.
Kelebihan: sambil menyelam minum air, maksudnya sambil membasmi nyamuk Sobat juga dapat berolahraga.
Kekurangan : butuh tenaga ekstra apalagi kalau nyamuknya banyak, membuat sulit tidur karena berburu nyamuk sebelum tidur membuat otak berada dalam mode “Siaga”.

The Power of Kelambu”
Cara penggunaan : Sobat hanya perlu menutup sekitar tempat tidur dengan kain.
Kelebihan: tanpa perlu tenaga ekstra, tidur bisa nyenyak tanpa gigitan nyamuk.
Kekurangan: walaupun tidak dapat masuk tapi suara berisik nyamuk yang berterbangan masih dapat terdengar, nyamuk sering berhasil menembus perisai kelambu. Jadi lebih panas karena sekeliling tertutup.

Nah kalau Cara kedua  yang Ane sebut Auto ini  memang terbukti lebih powerfull daripada cara manual karena lebih efektif dalam membasmi nyamuk. Apalagi dengan hadirnya baygon liquid generasi terbaru yang dapat memburu nyamuk hingga ke tempat-tempat tersembunyi. Hal inilah menjadikan cara Auto sangat populer.
Video

Cara Auto yang memanfaatkan baygon liquid ini memang telah di ujicoba dan dinyatakan aman oleh para ahli, namun alangkah baiknya jika sebisa mungkin penggunaan zat kimia apalagi yang langsung berhubungan dengan system pernafasan kita pergunakan dengan lebih bijak dan efektif. Artinya jika nyamuk hanya satu atau beberapa ekor saja cukup gunakan cara manual, cara Auto sebaiknya dipergunakan jika tidak dapat diatasi oleh cara manual.
  komik 3 aplod
Nah sementara itu dulu beberapa tips yang bisa ane share, jika ada kesempatan lagi nanti pasti bakal
Ane update lagi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Sumber artikel:
http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-tidur-cukup-setiap-malam.html
http://www.merdeka.com/5-Cara-unik-agar-bisa-tidur-nyenyak.htm
http://health.kompas.com/newsfeatures/jangan-tidur-dekat-ponsel.htm
http://id.techinasia.com/susah-tidur-coba-jauhkan-diri-dari-handphone-ketika-hendak-tidur-infografik/
http://www.akuinginsukses.com/9-tips-untuk-membuat-tidur-anda-berkualitas-nyenyak.html
http://unik-google.blogspot.com/Tips-Supaya-Tidur-Anda-Lebih-Nyenyak.html

Advertisements

2 thoughts on “Beberapa Tips Unik Ini Bisa Membantumu Tertidur Lelap Loh…

  1. ita itut.

    hemmm lumayaan.. tp ad bbrp hal yg ay kgek setujuu… salah satunya.. minum susunya di tambah kopi, makan ama cemilaan..langsung tdr. mantaap.. yakiin deeh bbrp hr seperti it trss badan jd tmbh fit dan langsing.. #tips dari saaiia.. hahahahahahaa

    1. hahahaha preet!
      kalo sist minum minum susu + kopi + cemilan sebelum tidur sih bukan mau nyari tidur lelapnya tapi “nyari lemak”
      wkwkwkw 😀 😀 😀 😀

      thanks udah mampir yak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s